Coretan Teknik

Simulasi Aksi jadi Materi Puncak Hari H LKMMD FT 2017

Simulasi Aksi jadi Materi Puncak Hari H LKMMD FT 2017

Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa tingkat Dasar merupakan salah satu event besar berupa pelatihan softskill bagi mahasiswa tingkat II sekaligus menjadi program kerja dari bidang PSDM BEM FT Undip. Tema yang diangkat tahun ini ialah “Membentuk Inisiator Muda Berkarakter, yang Bersatu dalam Karya untuk Almamater dan Indonesia”. Tema tersebut memiliki makna  berupa harapan besar kepada peserta LKMMD FT 2017 agar dapat memiliki pemikiran besar yang murni dari diri sendiri dan juga berkarakter dengan menginisisasi ide dan inovasi baru. Ide dan inovasi baru tersebut nantinya diharapkan akan menjadi sebuah karya berupa aksi nyata yang berdampak tidak hanya untuk almamater, namun bangsa dan negara Indonesia juga ikut merasakannya. Tak hanya itu, output dari kegiatan ini ialah menyiapkan delegasi-delegasi dari lembaga dan himpunan agar dapat berkontribusi kembali pada tempatnya didelegasikan.

Proker yang berkepanitiaan alumni peserta LKMMD tahun sebelumnya tetap berkoordinasi dengan pihak PSDM BEM FT sebagai perancang. Untuk tahun ini penyelenggara acara LKMMD FT 2017 angkatan Aryasatya dan pesertanya mahasiswa angkatan 2016 dengan nama angkatan Arkatama. Pesertanya pun berasal dari delegasi 12 departemen S1 teknik, 7 departemen lembaga vokasi teknik, dan sisanya berasal dari luar Fakultas Teknik.

Rangkaian acara yang dimulai sejak pertengahan Maret 2017 diawali dengan roadshow ke setiap departemen di Fakultas Teknik. Dilanjutkan dengan tahap penyeleksian, belajar pada minggu-minggu kelompok bidang keahlian, rangkaian prephase 1, 2, dan 3 hingga akhirnya acara puncak kemarin pada Jumat (15/9) hingga Ahad (17/9). Bertempat di PP Paudni Ungaran Semarang, acara puncak ini diikuti oleh 133 mahasiswa. Dengan total sebelumnya 141 mahasiswa dengan beberapa alasan, ada yang memutuskan untuk keluar saat pertengahan rangkaian LKMMD FT 2017 karena keputusan pribadi dan berpindah ke institusi pendidikan lain.

Hal tersebut tidak menyurutkan antusiasme dan semangat peserta di hari H dengan materi yang ditunggu-tunggu yakni simulasi aksi di hari Minggu pada hari ketiga acara puncak LKMMD FT 2017. Sebelum simulasi, peserta diberikan materi berupa manajemen aksi dan propaganda dengan pembicaranya yaitu menteri Aksi dan Propaganda BEM KM UGM 2016, Ramdan Bimo Wicaksono. Mahasiswa Vokasi Teknik Sipil UGM kelahiran 1995 ini menanamkan pentingnya dilakukan aksi pada mahasiswa hingga teknis tata cara pelaksanaan aksi berdasarkan pengalaman yang ia dapat. Menurutnya, aksi tidak selalu diidentikkan dengan berdemo, namun aksi adalah suatu hal dari keahlian yang harus diberdayakan seseorang agar dapat dirasakan kebermanfaatannya untuk lingkungan sekitar.

Pelaksanaan LKMMD FT tahun 2017 juga tak luput berhubungan dengan pelaksanaan LKMMD FT tahun sebelumnya mengingat Bimo merupakan pembicara dalam dua tahun terakhir berturut-turut. “Persamaan LKMMD FT tahun sekarang dan tahun kemarin ialah peserta memiliki semangat yang besar, tekad belajar kuat dan critical thinking yang cukup baik”, tutur Bimo. Ia juga bercerita bahwa ada dalam beberapa sesi ketika simulasi dimana peserta berhasil menuangkan hasil kreatifitasnya dan melayangkan kritik secara langsung kepadanya. Wajar saja bahwa LKMMD di Undip menurut Bimo merupakan salah satu rangkaian pengkaderan yang paling terstruktur, sistematis dan memiliki pola yang jelas.

Ketua pelaksana rangkaian acara LKMMD FT, Naufal Humam juga mengatakan bahwa tidak hanya materi-materi sebelumnya yang tidak kalah penting dalam melatih softskills, simulasi aksi merupakan bentuk materi yang membuat peserta dapat aktif secara langsung di lapangan dalam cara berdemo yang menyerupai seperti aslinya. “Mereka harus lebih baik dari angkatan LKMMD sebelumnya dan mengerti kemana akan berjalan setelah ini. Tetap jadi angkatan yang satu meskipun dari background yang berbeda-beda. Kepada komting dan wakomtingnya semoga dapat menyatukan angkatan, dan untuk kepanitiaan LKMMD tahun depan, harus bener-bener memilih ketua dasar yang berkeinginan untuk banyak belajar dan berkompeten”, harap Humam.

(Momentum/Ardania)

Source Foto : Panitia PDD LKMMD FT 2017

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Pendidikan Berbasis Kebun Cerdas dan Ceria

adminMay 16, 2018

Hening

adminMarch 16, 2018

WHAT HOME SUPPOSED TO BE

adminMarch 8, 2018

LUNAR ECLIPSE

adminFebruary 10, 2018

Diponegoro : Simbol yang Menandai Zaman

adminJanuary 27, 2018

Indonesia Darurat Membaca

adminJanuary 18, 2018