Coretan Teknik

Untung Rugi Transportasi Sekali Sentuh

Untung Rugi Transportasi Sekali Sentuh

Transportasi online kini sedang marak–maraknya dimasyarakat. Berbagai transportasi mulai merambah mengikuti perkembangan zaman. Jika kita lihat, sudah banyak aplikasi–aplikasi yang memudahkan kita untuk mencari transportasi, contohnya saja Gojek, Uber, Grab, dan lain sebagainya. Tidak hanya dengan motor sebagai kendaraan utama, mobil dan taksi pun juga kita dapatkan dengan mudahnya. Seperti yang kita ketahui, cara kerja aplikasi ini pun sangat mudah. Kita hanya perlu memiliki akun di aplikasi tersebut lalu memesan kendaraan hanya dengan sekali sentuh.

“Aplikasi online seperti ini sebenarnya sangat berguna sekali, apalagi untuk orang–orang yang tidak punya kendaraan pribadi jadi tidak perlu susah–susah untuk mencari transportasi umum,” jelas Tendi N. Wijaya, mahasiswa S1 Teknik Sistem Komputer. Kemajuan teknologi pun memudahkan orang yang lokasinya jauh dari jalan besar untuk mendapatkan transportasi. Tidak seperti sebelumnya dimana orang-orang harus berjalan jauh menuju jalur trayek transportasi umum, kini setiap orang dapat memesan kendaraan melalui aplikasi yang dapat di download secara gratis.

Meski memudahkan, keamanan transportasi online ini perlu dipertanyakan. Banyak terjadi kasus penipuan membuat penggunaan aplikasi perlu mendapat perhatian lebih. Contohnya saja pada kasus penipuan yang pernah terjadi dengan menggunakan salah satu aplikasi transportasi online, yaitu Gojek. Tidak adanya tatap muka dan hanya melalui suara, membuat penipuan semakin mudah dilakukan.

Selain itu keamanan dijalan juga perlu dipertanyakan. Sering kita jumpai para pengendara yang menaiki motor sambil melihat gps di handphone mereka. Perihal itulah yang membuat naiknya angka kecelakaan yang terjadi di jalan raya. Kesadaran pengendara akan keamanan di jalan pun perlu ditingkatkan. Ini diperlukan guna mengurangi terjadinya kecelakaan di jalanan.

Jika dilihat dari satu sisi, transportasi online ini memang sangat menguntungkan. Tetapi jika dilihat dari sisi lain, transportasi online ini membuat konsumen transportasi lainnya berkurang. Sebagai contoh saat kini sudah ada aplikasi transportasi online, orang–orang sudah tidak perlu berjalan mencari angkutan dan menunggu angkutan – angkutan memenuhi penumpang terlebih dahulu. Ini menyebabkan angkutan – angkutan umum yang ada menjadi kekurangan penumpang. Karena itulah transportasi online seperti ini memiliki dampak positif maupun negatif bagi sekitarnya. Bagaimana menurutmu? (Momentum / Isna dan Rena)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

(Ulasan Film) “Christopher Robin” : Kisah Beruang Pandir dalam Balutan Live Action

adminSeptember 6, 2018

Gerakan Nasional Revolusi Mental Untuk Indonesia yang Lebih Maju

adminAugust 28, 2018

GEMES (Gerakan Masyarakat Peduli Sanitasi) di Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa

adminAugust 27, 2018

Pola Hidup Sehat Tentang Hipertensi

adminAugust 27, 2018

KKN Undip Jelajahi dan Eksplorasi Pesona Alam sebagai Potensi Desa Kalimanggis

adminAugust 26, 2018

Sulap Baju Bekas Jadi Tas Belanja, Kok Bisa?

adminAugust 25, 2018