Teknik

Klarifikasi Kepentingan Politik di Balik Pemira FT

Klarifikasi Kepentingan Politik di Balik Pemira FT

Kampus pada umumnya menjadi tempat mahasiswa untuk berproses baik dalam segi akademik maupun softskill sejak pertama mahasiswa tersebut masuk ke dalam dunia perkuliahan. Tanpa sadar istilah kampus sebagai miniatur negara sering terdengar oleh mahasiswa kampus. Kampus sebagai miniatur negara sendiri mengibaratkan bahwa kampus dianggap seolah-olah seperti sebuah negara dimana sudah adanya politik dan intervensi luar lainnya seperti Elemen Gerakan Mahasiswa (EGM). Masa kampanye Pemira FT pun membuat EGM menjadi sorotan yang ditujukan kepada kedua pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua BEM FT 2018.

Ditemui oleh tim liputan pemira Momentum usai kampanye di Teknik Industri, kedua paslon sempat ditanyakan seputar kesediaan mereka untuk mencalonkan diri atas dasar kepentingan politik atau murni independen. Krishna sebagai paslon nomor urut 1 sempat mengatakan bahwa semasa menjadi mahasiswa baru ia pernah mengikuti forum salah satu EGM karena posisinya tersebut dirinya dirasa masih sangat awam. Setelah mendapat informasi lebih lanjut akhirnya ia menarik diri dari forum tersebut. Hafid sebagai wakil Krishna pun ikut menambahkan bahwa karena latar belakang departemennya yang sangat bersifat akademis, ia secara jujur pribadi tidak pernah mengikuti forum tersebut sehingga hal tersebut melatarbelakangi dirinya untuk tidak mewakili apapun.

“Saya berjanji dan bersumpah bahwa kami tidak membawa kepentingan manapun karena kami maju, murni untuk Fakultas Teknik dan kami yakin tidak akan disetir oleh golongan manapun”, ujar Krisnha. Soal merespon dugaan seperti itu, Krishna juga mengatakan bahwa ia hanya akan menutup telinga dan tidak akan mempermasalahkan komentar tersebut.

Azhar dan Fatha sebagai paslon nomor urut 2 menganggap terkadang media online memberikan dampak negatif terhadap komentar masyarakat yang sempat memfitnah bahwa mereka dilatarbelakangi oleh elemen gerakan mahasiswa. Pada sesi wawancara dengan tim liputan pemira Momentum, mereka pun mencoba mengklarifikasi.

“Kita tidak mewakili kepentingan EGM manapun namun kita mewakili masyarakat teknik karena kami dibentuk dari forum madya berdasarkan Fakultas Teknik. Kebanyakan orang tidak dapat membuktikan, dan menyayangkan bahwa banyak isu media atau dari mulut ke mulut bahwa kami berasal dari EGM tertentu, sehingga kami menegaskan bahwa kami bukan dari EGM manapun dan kami berkepentingan untuk Fakultas Teknik”,          papar Azhar. Fatha sebagai wakilnya pun menggarisbawahi bahwa jika orang lain masih menduga mereka berasal dari EGM, ia mempersilahkan untuk orang lain mencari bukti seperti atribut identitas EGM yang mengatas namakan mereka.

Kedua pasangan calon Kabem dan Wakabem FT 2018 tersebut mengakui bahwa terdapat kabar simpang siur mengenai latar belakang mereka. Organisasi ekstra-pun dirasa semakin haus akan kekuasaannya. Orang awam-pun tak sengaja menjadi sasaran pemanfaatan dalam kepengurusan organisasi internal dunia kampus. Selain itu, ketidaksiapan baik dalam bentuk persiapan strategi mahasiwa yang bersifat permanen anti politik dalam mengisi kursi organisasi internal kampus menjadi salah salah satu faktor mudahnya sebuah kampus menjadi istilah “miniatur negara”. Kini saatnya dunia kampus penting untuk memperkokoh persatuan dari latar belakangnya yang beragam. Mahasiswa dianggap perlu untuk mempertahankan perannya sebagai kontrol sosial dan jembatan antara petinggi dan masyarakat tanpa terganggu oleh intervensi luar. (Momentum)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bahas Poin Penting Juknis

adminSeptember 22, 2018

FORMAT: Indonesia Kekurangan Insinyur

adminSeptember 8, 2018

Kaderisasi Ideal, Menciptakan Kebersamaan

adminJuly 25, 2018

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

SETELAH VAKUM 4 TAHUN, POR TEKNIK KEMBALI LAGI

adminApril 13, 2018

Laboratorium Terpadu, Pabrik yang Unggul untuk Produk yang Unggul

adminMarch 26, 2018