Teknik

Aplikasi “FT Undip Mobile” Siap Diluncurkan

Aplikasi “FT Undip Mobile” Siap Diluncurkan

Semarang, Momentum – Pada era modern ini, tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi telah memberikan manfaat yang signifikan bagi manusia dalam beragam bidang kehidupan. Oleh karena itu, berbagai instansi berlomba-lomba memanfaatkan teknologi untuk memudahkan segala urusan, tidak terkecuali instansi-instansi pendidikan. Salah satunya Fakultas Teknik Universitas Dipoegoro, dibuktikan dengan diciptakannya aplikasi FT Undip Mobile yang akan rilis dalam waktu dekat.

Aplikasi FT Undip Mobile merupakan sebuah aplikasi hasil kerjasama Fakultas Teknik Undip dengan Telkomsel. Aplikasi ini diperuntukkan bagi mahasiswa FT Undip, orang tua, dan dosen FT Undip. Aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah proses perkuliahan.

Menurut Kepala Sub Bagian Umum dan Perlengkapan, Bayu Prasetyo, S.Kom ide awal pembuatan aplikasi ini sudah tercetus sekitar satu tahun yang lalu. Hal ini dilatar belakangi oleh  kasus seorang mahasiswa yang sebenarnya telah di-drop out, namun tetap datang ke acara wisuda karena malu untuk mengakui keadaannya saat itu kepada orang tuanya. Sesampainya di lokasi wisuda, mahasiswa tersebut tak diizinkan masuk karena namanya tak terdaftar sebagai wisudawan. “Saya tidak mau kasus seperti ini terulang lagi. Makanya, dibuatlah aplikasi ini agar mahasiswa bisa mengontrol, orang tua (juga) bisa mengontrol,” tambah Bayu Prasetyo, S.Kom saat ditemui di kantornya pada Senin (12/03/2018).

Aplikasi ini memuat beberapa konten khusus untuk masing-masing pengguna. Konten mahasiswa yaitu konten untuk melihat IPK dan mata kuliah yang ia ikuti, forum, hingga konten untuk mengunduh materi kuliah dari dosen. Sedangkan konten untuk orang tua mahasiswa, yaitu konten untuk melihat IPK anaknya dan untuk mengetahui waktu pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT), dan untuk dosen aplikasi ini menyediakan konten untuk membagikan materi kuliah. Untuk dapat menggunakannya, mahasiswa cukup mengunduhnya dari Play Store atau app store lalu masuk dengan username dan password yang sesuai dengan akun SIA Undip.

Kepala Sub Bagian Umum dan Perlengkapan, Bayu Prasetyo, S.Kom menambahkan konten-konten yang ada di FT Undip Mobile saat ini masih berupa konten-konten standar karena masih dalam tahap pengembangan, namun kedepannya aplikasi ini akan terus dikembangkan sehingga akan muncul konten-konten yang lebih bervariasi. “Membuat aplikasi itu seperti menanam pohon, kita harus siap mengembangkannya sampai berbuah, sampai bermanfaat,” Salah satu konten yang ditargetkan akan siap diluncurkan pada PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) 2018 nanti adalah sistem absensi dengan menggunakan barcode, yang selain dapat menghemat waktu juga dapat mengurangi kecurangan mahasiswa dalam melakukan absensi.

Walaupun masih dalam tahap pengembangan, aplikasi FT Undip Mobile siap diluncurkan versi awalnya pada akhir bulan Maret ini. Acara peluncuran yang direncanakan akan bertempat di Gedung Prof. Soedarto ini akan dihadiri oleh mahasiswa, orang tua, dosen, dan tenaga teknik bersamaan dengan pemberian penghargaan kepada departemen dan mahasiswa yang berprestasi. (Momentum/Zakiya dan Natasha)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

FORMAT: Indonesia Kekurangan Insinyur

adminSeptember 8, 2018

Kaderisasi Ideal, Menciptakan Kebersamaan

adminJuly 25, 2018

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

SETELAH VAKUM 4 TAHUN, POR TEKNIK KEMBALI LAGI

adminApril 13, 2018

Laboratorium Terpadu, Pabrik yang Unggul untuk Produk yang Unggul

adminMarch 26, 2018

Desa Binaan Sebagai Wujud Pengabdian Mahasiswa

adminMarch 26, 2018