Prestasi

Kesibukan Bukan Penghalang Untuk Berprestasi

Kesibukan Bukan Penghalang Untuk Berprestasi

Semarang, Momentum – Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat Universitas telah digelar pada 14-16 Maret 2018 silam di Hotel Grand Wahid, Salatiga. Seluruh fakultas di Universitas Diponegoro mengirimkan mahasiswa terbaiknya untuk mengikuti kegiatan tersebut dan berkompetisi untuk memperebutkan gelar Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) 1 Undip. Tak terkecuali Fakultas Teknik yang mengirimkan Annisa Amalia Utami sebagai perwakilannya. Mahasiswi kelahiran 1997 ini mewakili Fakultas Teknik pada Pilmapres 2018 Tingkat Universitas setelah melalui serangkaian seleksi ketat pada tingkat Fakultas. Ia mengikuti Pilmapres Fakultas Teknik (FT) setelah didelegasikan oleh Departemen Teknik Industri.

Awalnya, Annisa tidak pernah menargetkan untuk menjadi Mawapres, namun setelah beberapa kali diminta oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) dan didorong oleh teman-temannya, ia pun memantapkan diri untuk mendaftar sebagai peserta Pilmapres FT. Kendala yang dihadapi kala itu adalah alur Pilmapres FT yang bersamaan dengan Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Beruntungnya, ia dibantu oleh HMTI untuk memenuhi persyaratan administrasi Pilmapres FT, ia pun hanya perlu menyiapkan persyaratan pelengkap seperti Karya Tulis Ilmiah (KTI). Setelah mengirimkan berkas, Annisa terpilih masuk dalam sepuluh besar peserta Pilmapres FT yang lolos pada seleksi tahap satu (seleksi on desk) dan berhak mengikuti seleksi tahap dua. Pada seleksi tahap dua, ia menyampaikan presentasi menggunakan bahasa Inggris dan mendapat kesempatan untuk merevisi KTI-nya. Akhirnya, ia pun terpilih menjadi Mawapres 1 FT dan berhak mewakili Fakultas Teknik untuk mengikuti Pilmapres 2018 Tingkat Universitas.

Pada Pilmapres tingkat Universitas, rangkaian sama seperti sebelumnya yaitu mengumpulkan berbagai berkas, diikuti dengan wawancara mengenai sertifikat-sertifikat yang telah ia kumpulkan, wawancara kepribadian, psikotes, dan presentasi KTI dalam bahasa Inggris. Tahap yang paling menantang bagi Annisa adalah saat ia mengumpulkan portofolio prestasi, dimana ia melihat portofolio dari peserta-peserta lain dan merasa bahwa mereka memiliki prestasi yang lebih beragam daripada dirinya.

“Aku tahu teman-teman yang ikut Pilmapres (Tingkat Universitas) itu prestasinya sudah luar biasa, pengalamannya sudah banyak, sudah menang sana-sini, sedangkan prestasi aku kemarin dalam setahun paling tinggi tingkat nasional,” ungkap Annisa saat ditemui di Gedung Teknik Industri Undip pada Selasa (20/03/2018).

Annisa berhasil mencapai peringkat kelima dalam Pilmapres tingkat Universitas. Meskipun tidak masuk menjadi tiga besar Mawapres Undip, ia merasa tetap mendapat manfaat dari rangkaian Pilmapres seperti bertambahnya relasi dan juga kesempatan untuk bertukar informasi mengenai fakultas masing-masing dengan sesama peserta Pilmapres.

Untuk menjadi seorang Mawapres 1 FT tentu tidak mudah dan membutuhkan banyak persiapan. Oleh karena itu, Annisa memiliki pesan untuk mahasiswa Fakultas Teknik yang ingin mengikuti jejaknya untuk menjadi individu yang berprestasi. Ia menyampaikan bahwa mahasiswa Fakultas Teknik perlu menghapus mindset bahwa mereka tidak memiliki waktu untuk mengikuti kejuaraan dikarenakan kesibukan perkuliahan. Karena baginya, mahasiswa FT memiliki kecerdasan dan potensi yang cukup untuk meraih prestasi, dibuktikan dengan status mereka sebagai mahasiswa FT yang tidak diperoleh dengan mudah dan diharapkan, mahasiswa FT dapat mengasah kecerdasannya agar dapat digunakan untuk meraih prestasi dan tidak termakan anggapan bahwa kegiatan perkuliahan di Fakultas Teknik yang padat tidak akan memberi mereka ruang untuk berprestasi (Momentum /Natasha).

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Prestasi

Mahasiswa Undip Lakukan Diagnosis Performa Hitung melalui Test of Second Mathematic (ToSM)

adminJune 5, 2018

Mahasiswa FT Undip peraih 1st Runner Up Debate Competition dalam ajang PELTAC: Membuka Relasi, Mengukir Prestasi

adminFebruary 3, 2018

Delegasi Undip Raih Juara III Dalam Call For Paper Week of Writing 2017

adminDecember 4, 2017

Keren: Peneliti Undip Berhasil Membuat Robot Lengan Seperti Dr.Octopus dalam Film Spiderman

adminSeptember 18, 2017

TESTIMONI PIMNAS 2017 ALA TEKNIK

adminSeptember 17, 2017

PSMT Undip Raih Silver Medal di 4th Singapore International Choral Festival

adminJuly 20, 2017