Teknik

SURVEY KEBUTUHAN FAKULTAS TEKNIK

SURVEY KEBUTUHAN FAKULTAS TEKNIK

Pada Pemira Fakultas Teknik yang dilakukan pada tahun 2017, terpilih Azhar Taufiqurahman sebagai ketua dan MF.Dewantara Almismary sebagai wakil ketua. Setelah berjalan kepemimpinan Azhar di BEM FT, pada bulan Januari (02/01/2018) Azhar dan jajaran anggotanya membuat analisa survey kebutuhan mahasiswa Teknik.

“Sebenarnya survey ini dibuat sebelum saya mencalonkan diri sebagai ketua BEM FT, tetapi tidak dilakukan karena jika tidak sesuai oleh harapan maka tidak bisa dijadikan bahan untuk kampanye,” ujar Azhar

Latar belakang BEM FT melakukan survey ini adalah banyaknya lembaga-lembaga di Fakultas Teknik yang hanya menggunakan intuisi mereka dalam pembuatan program kerja. Sementara pada periode ini, BEM FT ingin membuat program kerja menurut kebutuhan mahasiswa FT, maka Azhar dan jajarannya melakukan pemetaan pendapat dari survey yang dilakukan untuk mengetahui kebutuhan mahasiswa FT.

“Analisis teknik ini diharapkan bisa tahu apa sih yang dibutuhkan oleh masyarakat teknik,” ujar Azhar

“Langkah yang dilakukan oleh BEM FT untuk membuat suatu proker dalam alur pikirnya melalui dari tiga analisis yang pertama adalah analisis kondisi internal, kedua analisis kondisi eksternal, dan yang terakhir analisis kondisi ideal”ujar Azhar

Survey yang dilakukan oleh BEM FT ini termasuk dalam analisis eksternal  yang dilakukan dengan cara metode slovin yang hanya membutuhkan proporsional sampling dalam pengambilan pendapat dan dilakukan secara acak dengan cara menyebarkan form survey di official account BEM FT. Dari survey ini sudah mempunyai hasil dan masih dianalisis lebih lanjut oleh pihak BEM FT. Rencananya hasil survey ini akan di sosialisaikan pada bulan Maret.

Menurut Azhar, BEM FT adalah satu-satunya lembaga eksekutif mahasiswa di Undip yang mempunyai profil layanan untuk mahasiswa di fakultasnya, bukan sekadar profil layanan yang diadakan oleh masing-masing bidang.

“Staff muda di BEM FT belum diberitahu dengan hasil dari survey ini dikarenakan belum bisa menjadi acuan untuk mereka bergerak, karena analisis kualitatif di indonesia itu susah,”ujar Azhar

Harapan Azhar sebagai ketua dalam BEM FT adalah bisa lebih membantu atau meberi dukungan untuk mahasiswa Teknik dalam bidang akademik apabila di dalam himpunan belum bisa terpenuhi. Seperti halnya WCU (World Class University) yang memberikan dana lima milyar dan sudah diberikan kepada Fakultas Teknik untuk mahasiswa yang ingin belajar di luar Indonesia. Dalam sistem mahasiswa, Azhar berpendapat bahwa proses kaderisasi harus diperbarui karena proses kaderisa lama sudah tidak bisa diterapakan.

“Nanti bakal ada buku biru yang baru yang sudah di ajukan,” ujar Azhar.

Dalam wawancara, Azhar juga meberikan informasi apa saja yang sudah dan sedang dilakukan oleh masing-masing bidang di BEM FT. Seperti Bidang Pengabdian Masyarakat yang sudah melakukan proses ke desa-desa untuk dijadikan desa binaan, dan akan bekerjasama dengan himpunan-himpunan di FT dalam pembersihan waduk Undip. Bidang Mikat meberitahukan bahwa POR Teknik akan dilaksanakan, Bidang Humas sudah bekerjasama dengan tiga perusahaan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa teknik dan membangun ikatan alumni yang dibentuk di setiap angkatan yang sebelumnya hanya ada ikatan alumni aktivis, dan Bidang Kesma yang akan mengangkat isu kaderisasi dan UKT semester 9 yang akan dibantu oleh BEM fakultas-fakultas lain serta  BEM Undip. (Momentum/Genta dan Valian)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

SETELAH VAKUM 4 TAHUN, POR TEKNIK KEMBALI LAGI

adminApril 13, 2018

Laboratorium Terpadu, Pabrik yang Unggul untuk Produk yang Unggul

adminMarch 26, 2018

Desa Binaan Sebagai Wujud Pengabdian Mahasiswa

adminMarch 26, 2018

Aplikasi “FT Undip Mobile” Siap Diluncurkan

adminMarch 16, 2018

BEM FT dan SM FT 2018 akan Menyelesaikan UKT Semester 9

adminFebruary 15, 2018