Coretan Teknik

E-RUPCHI membawa silver medal di Ajang Japan Design and Invention Expo 2018

E-RUPCHI membawa silver medal di Ajang Japan Design and Invention Expo 2018

Universitas Diponegoro kembali menorehkan prestasi, kali ini dalam ajang kompetisi Japan Design and Invention Expo (JDIE) International yang diadakan pada tanggal 3-5 Agustus 2018 di Tokyo International Exhibition Center, Big Sight, Jepang. Tim E-RUPCHi berhasil membawa pulang silver medal dengan inovasinya, E-RUPCHI ( Effecient Reactor of Ag- TiO2 Photocatalyst and PVA Chitosan Membrane for Wastewater Treatment).

 

Terciptanya karya tersebut dilatar belakangi oleh pencemaran air yang disebabkan oleh tumpahan minyak di laut yang masih menjadi masalah serius di dunia karena dapat menyebabkan kerusakan pada ekosistem laut. Luaran dari penelitian ini adalah terciptanya suatu reaktor membran fotokatalis berbasis mikrokontroler ATmega 16 dalam pengolahan air limbah yang disebabkan oleh tumpahan minyak. Air laut yang telah terkontaminasi oleh tumpahan minyak di simpan di dalam suatu tank penyimpanan kemudian di alirkan menuju reaktor membran fotokatalis dengan bantuan pompa sehingga aliran airnya konstan. Didalam  reaktor tersebutlah reaksi degradasi limbah terjadi menggunakan prinsip filtrasi dan fotokatalisis yang diaktifkan oleh Lampu UV (366 nm). Hasil Akhir dari pengolahan limbah disimpan di tangki pemisahan berupa Air bersih dan hasil sampingnya yakni tumpahan minyak yang kemudian dapat dimanfaatkan kembali. Selama menjalankan penelitian Tim E-RUPCHI  UNDIP yang terdiri dari Diana Pratiwi Rusendi (FSM-Kimia), Rifki Solihatun (FSM- Kimia), Rianita Pambukowati (FSM-Kimia), Halim Indrayanto (FT-Teknik Elektro) dan Taufik Rahmadani (FT- Teknik Elektro) yang dibimbing oleh Drs. Gunawan P.hD. dosen Kimia, Fakultas Sains dan Matematika.

 

Acara ini digelar di Tokyo Big Sight di Jepang, dengan tujuan utama JDIE adalah menampung ide-ide kreatif dari para pelajar atau mahasiswa dari berbagai kalangan dan negara. Kategorinya tidak hanya desain atau penemuan, tetapi juga seni, teknologi, ataupun pertunjukan. Dengan adanya acara ini para peserta dapat mempresentasikan karyanya dengan berbagai cara, se-kreatif dan se-inovatif mungkin untuk mendapatkan perhatian dari para pengunjung dam juri. Dalam acara ini tim E-RUPCHI juga disponsori oleh Pertamina Lubricants dan Pertamina Fastron  sebagai sponsor utama.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Coretan Teknik

Being alive

adminMay 22, 2020

Apa Kau Baik – Baik Saja?

adminMay 12, 2020

Ziarah: Sentilan Terhadap Hidup Manusia yang Begitu-begitu Saja

adminMay 11, 2020

Impian Yang Tertunda

adminApril 30, 2020

Tak Pernah Utuh

adminApril 30, 2020

Kejora dan Apa-Apa Yang Kau Tinggalkan

adminApril 5, 2020