Coretan Teknik

GEMES (Gerakan Masyarakat Peduli Sanitasi) di Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa

GEMES (Gerakan Masyarakat Peduli Sanitasi) di Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa

GEMES merupakan program yang diusung oleh Fajar Tulus Purwanto mahasiswa S1-Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro. Program dari mahasiswa TIM II KKN Undip 2018 ini bertujuan untuk memberantas tindakan Buang Air Besar Sembarangan (BABS) yang masih terdapat di Kelurahan Panjang. Selain itu program ini memberikan edukasi kepada warga baik anak-anak maupun orang dewasa mengenai pentingnya sanitasi yang baik dan sehat dalam lingkungan sehari-hari. Dengan sanitasi yang bersih dan sehat tentunya lingkungan sekitar akan terbebas dari pencemaran dan warganya akan terhindar dari penyakit.

Kelurahan Panjang merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Ambarawa dengan tingkat Buang Air Besar Sembarang yang tinggi. Karena kelurahan panjang memiliki 2 sungai yang melintas maka warga membuang kotoran tinjanya dari rumah langsung ke sungai, hal ini tentunya akan mencemari sungai setempat.

Program GEMES ini dilakukan dengan cara memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga Kelurahan Panjang terutama pada ibu-ibu PKK dan juga anak-anak sekolah mengenai pentingnya sanitasi dan bahayanya perilaku BABS (Buang Air Besar Sembarangan) baik di sungai, disawah/kebun maupun di saluran drainase. Selain itu, program ini juga dilakukan dengan cara pengecekan sanitasi di lingkungan masyarakat seperti pengecekan kondisi jamban warga, sumur, drainase, tempat pembuangan sampah dan juga sungai yang berada di Kelurahan Panjang. Apabila terdapat sanitasi yang buruk maka akan didata untuk dijadikan acuan pembaharuan sanitasi masyarakat di Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa.

Program GEMES ini tentunya sangat didukung dan diapresiasi oleh warga dan perangkat Kelurahan Panjang, karena program ini selaras dengan program pemerintah Kecamatan Ambarawa dan Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang dalam rangka pemberantasan BABS di Kabupaten Semarang.

Dengan begitu, program ini diharapkan akan terus berlanjut agar Kelurahan Panjang menjadi kelurahan yang memiliki sanitasi lingkungan yang baik dan sehat.(Fajar)

 

Biodata Penulis

Nama : Fajar Tulus Purwanto

NIM    : 21080115120015

Jurusan : S1. Teknik Lingkungan

TTL     : Purworejo, 03 Desember 1996

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

PRIHATIN KARENA KURANGNYA EDUKASI KESELAMATAN, MAHASISWA UNDIP SOSIALISASIKAN PENTINGNYA MENGETAHUI KESELAMATAN SAAT BERADA DI KAPAL DAN TEMPAT KERJA

adminFebruary 15, 2021

Mahasiswa KKN UNDIP Penuh Ide! Sulap Sampah Plastik Jadi Alternatif Batu Bata

adminFebruary 14, 2021

COVID-19 Masih Melonjak, Mahasiswa KKN UNDIP Gencarkan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Touchless Otomatis

adminFebruary 14, 2021

Mahasiswa KKN Undip : Masterplan “Kawasan Tangguh Covid-19” sebagai Arahan Pembangunan Infrastruktur di Tengah Pandemi

adminFebruary 14, 2021

Tanpa Modal, Mahasiswa KKN Undip Buatkan WebGIS Rute Rumah Sakit Rujukan COVID-19 Untuk Kelurahan Kramas

adminFebruary 12, 2021

Taman Permata Tembalang – Rekomendasi Desain Ruang Terbuka Publik untuk Mewadahi Aktivitas Fisik Masyarakat RW 5 Kelurahan Kramas

adminFebruary 11, 2021