Coretan Teknik

Gerakan Nasional Revolusi Mental Untuk Indonesia yang Lebih Maju

Gerakan Nasional Revolusi Mental Untuk Indonesia yang Lebih Maju

Revolusi Mental merupakan salah satu program Presiden Joko Widodo dalam memperbaiki dan membangun karakter bangsa Indonesia. Kegiatan tersebut mengacu pada nilai-nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong untuk membangun budaya banga yang bermartabat, makmur, maju, modern, dan sejahtera berdasarkan pancasila. Mewujudkan program Revolusi Mental ini tidak semudah membalikan telapak tangan, sehingga pada 6 Desember 2016 Presiden Joko Widodo telah menandatangani Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental.
Berdasarkan Instruksi Presiden, ada lima program Gerakan Nasional Revolusi Mental yang meliputi: Program Gerakan Indonesia Melayani, Program Gerakan Indonesia Bersih, Program Gerakan Indonesia Tertib, Program Gerakan Indonesia Mandiri, Program Gerakan Indonesia Bersatu.
Desa Prangkokan, Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung merupakan salah satu desa yang dirasa masih membutuhkan perhatian dari pemerintah. Sehingga mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro, mendapatkan program dari pemerintah berupa program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang dikategorikan sebagai program multidisiplin dalam kegiatan KKN tersebut. Adanya kegiatan tersebut masyarakat diharapkan mampu menjadi masyarakat yang cerdas dalam semua hal.
GRNM tersebut berupa sosialisasi pelayanan 3S (senyum, sapa, salam) pada 28 Juli 2018 serta pendampingan pengurusan akte kelahiran, pendampingan pemanfaatan dana desa dan perancangan sistem informasi desa, yang dilakukan pada 2 Agustus 2018. Antusiasme perangkat maupun masyarakat desa Prangkokan dalam kegiatan tersebut sangatlah mengagumkan. Kegiatan ini diharapkan akan memberi manfaat bagi masyarakat luas. (Ivan Zega)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

PRIHATIN KARENA KURANGNYA EDUKASI KESELAMATAN, MAHASISWA UNDIP SOSIALISASIKAN PENTINGNYA MENGETAHUI KESELAMATAN SAAT BERADA DI KAPAL DAN TEMPAT KERJA

adminFebruary 15, 2021

Mahasiswa KKN UNDIP Penuh Ide! Sulap Sampah Plastik Jadi Alternatif Batu Bata

adminFebruary 14, 2021

COVID-19 Masih Melonjak, Mahasiswa KKN UNDIP Gencarkan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Touchless Otomatis

adminFebruary 14, 2021

Mahasiswa KKN Undip : Masterplan “Kawasan Tangguh Covid-19” sebagai Arahan Pembangunan Infrastruktur di Tengah Pandemi

adminFebruary 14, 2021

Tanpa Modal, Mahasiswa KKN Undip Buatkan WebGIS Rute Rumah Sakit Rujukan COVID-19 Untuk Kelurahan Kramas

adminFebruary 12, 2021

Taman Permata Tembalang – Rekomendasi Desain Ruang Terbuka Publik untuk Mewadahi Aktivitas Fisik Masyarakat RW 5 Kelurahan Kramas

adminFebruary 11, 2021