Undip

Menilik Verifikasi Mahasiswa Baru

Menilik Verifikasi Mahasiswa Baru

Semarang, Momentum – Rabu (19/06/19) ratusan mahasiswa baru Fakultas Teknik (FT), Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) yang diterima melalui jalur SNMPTN memenuhi Gedung Prof. Soedarto Universitas Diponegoro  untuk melakukan verifikasi akademik dan registrasi ulang.

Verifikasi akademik dan registrasi ulang merupakan proses yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru Undip dengan membawa berkas sesuai dengan persyaratan, seperti kartu peserta SNMPTN, rapor asli,  dan  fotokopi rapor yang sudah dilegalisir pejabat yang berwenang, dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Namun,  sejak pukul 06.30 WIB, Gedung Prof. Soedarto telah dipadati oleh para mahasiswa baru demi menghindari antrian yang panjang. “Aku datang jam 6, niatnya sih pengen cepet selesai, kak. Sampai sini ternyata sudah cukup banyak yang mengantri, aku aja dapat barisan nomer 2,” ungkap Ifa, salah satu mahasiswa baru Teknik Arsitektur.  Pada tahun ini, verifikasi dan registrasi dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai sejak tanggal 18 Juni hingga tanggal 20 Juni.

Setiap jurusan dan organisasi yang ada di Undip memanfaatkan acara ini untuk melakukan pendataan mahasiswa baru. Mereka ikut meramaikan acara ini dengan menyambut adik – adik tingkat barunya melalui cara yang unik, seperti berlomba – lomba untuk berteriak sekencang – kencangnya sembari membawa papan nama jurusan yang didesain sekreatif mungkin, hingga menggunakan topeng untuk menarik perhatian. Penyambutan ini bertujuan memudahkan para mahasiswa baru untuk menemukan jurusannya masing – masing setelah melakukan proses verifikasi dan registrasi di dalam gedung. Para mahasiswa baru lalu diantar untuk menuju stand-stand­ jurusan atau organisasi lainnya untuk dilakukan pendataan dan perkenalan awal mengenai lingkungan jurusan dan kampus.

Lokasi penyambutan mahasiswa baru berada di sisi selatan dan standstand pendataan di sisi utara Gedung Prof. Soedarto. Standstand tersebut dihias semenarik mungkin dengan memasang masing – masing bendera dan memamerkan karya – karya atau projek jurusan dan organisasi yang ada di Undip untuk menarik perhatian mahasiswa baru agar berkunjung ke stand yang sudah ada. Selain itu, untuk mempermudah proses pendataan, di setiap stand memfasilitasi laptop untuk menginput data mahasiswa baru.

Proses verifikasi dan registrasi ulang pada tahun ini dinilai relatif lancar dan lebih cepat dibandingkan dengan tahun – tahun sebelumnya. Ini terbukti dari waktu selesai acara yang lebih cepat.  Pada tahun – tahun sebelumnya, acara verifikasi dan registrasi ulang selesai pada pukul 17.00 WIB atau bahkan hingga pukul 17.30 WIB, sedangkan pada tahun ini acara telah selesai pada pukul 16.00 WIB. Hal ini dikarenakan proses verifikasi dan registrasi setiap fakultas tidak dilakukan serentak, namun sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan sehingga tidak mengakibatkan penumpukan yang berlebihan.(Muttia)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Undip

More in Undip

Mitos Pajak 10% Logo Undip

adminMarch 15, 2019

Sosialisasi Pentingnya Imunisasi pada Bayi 0-24 Bulan dan Imunisasi Berkala di Desa Kuanyar, Kecamatan Mayong

adminFebruary 21, 2019

Mahasiswi FT Undip Juarai Kompetisi Debat di Malaysia

adminFebruary 5, 2019

Kejutan dari Walikota Semarang di Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru Undip 2018

adminAugust 6, 2018

Drama Penentuan Golongan UKT Mahasiswa Baru

adminMay 13, 2018

Kajian PSDKU Undip di Batang

adminMay 6, 2018