Coretan Teknik

Salpotis Solusi Tepat untuk Masalah Irigasi Karya Mahasiswa Undip

Salpotis Solusi Tepat untuk Masalah Irigasi Karya Mahasiswa Undip

 

Apa sih Salpotis itu?

Salpotis (Sistem Alat Pengairan Pertanian Otomatis) adalah sistem automasi pengairan dengan sensor kelembaman yang digarap oleh tiga mahasiswa Universitas Diponegoro. Daniel Dwi Putra (S1 Teknik Mesin), Felicia Melinda S. (S1 Teknik Lingkungan) dan Valentina Samaya S (S1 Teknik Elektro) menciptakan inovasi ini dengan tujuan mengoptimalisasi pengairan pertanian Indonesia.

Berangkat dari keprihatinan pada irigasi pertanian di Indonesia, Daniel, Melin dan Samaya menciptakan alat Salpotis. Kurang lebih 65% lahan pertanian di Indonesia masih menggunakan sistem irigasi konvensional yang tergantung oleh musim. Pemanasan global mengakibatkan musim yang tidak menentu serta suhu ekstrem yang sangat merugikan irigasi konvensional. Suhu tinggi yang ekstrem memicu kecepatan evaporasi air pada tanah, sedangkan kecepatan penyerapan air oleh tumbuhan tidak meningkat. Keadaan ini mengakibatkan tumbuhan tidak mendapatkan cakupan air yang cukup guna fotosintesis.

Rangkaian Sistem Salpotis

Adanya Salpotis dengan sensor kelembaban tanah dapat diharapkan sebagai solusi dari permasalahan diatas. Salpotis dapat menjaga kadar air dalam tanah dengan cara mendeteksi tingkat kelembaban dari lahan pertanian. Apabila level kelembaban telah menyentuh titik terendah yang ditetapkan maka sistem ini akan secara otomatis melakukan penyiraman pada daerah yang kering tersebut.

Tim yang dibimbing langsung oleh Arya Rezagama, S.T., M.T. telah melakukan beberapa tahap, seperti simulasi CFD guna menguji aliran air, penciptaan prototype, dan penyusunan artikel ilmiah. Setelah ini tim akan melaksanakan pengujian lahan pada beberapa lahan pertanian yang telah disurvei. Pemerintah juga mendukung kegiatan tim ini, melalui pendananaan Program Kreativitias Mahasiswa – Karsa Cipta (PKM-KC) oleh Kemenristekdikti.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

PRIHATIN KARENA KURANGNYA EDUKASI KESELAMATAN, MAHASISWA UNDIP SOSIALISASIKAN PENTINGNYA MENGETAHUI KESELAMATAN SAAT BERADA DI KAPAL DAN TEMPAT KERJA

adminFebruary 15, 2021

Mahasiswa KKN UNDIP Penuh Ide! Sulap Sampah Plastik Jadi Alternatif Batu Bata

adminFebruary 14, 2021

COVID-19 Masih Melonjak, Mahasiswa KKN UNDIP Gencarkan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Touchless Otomatis

adminFebruary 14, 2021

Mahasiswa KKN Undip : Masterplan “Kawasan Tangguh Covid-19” sebagai Arahan Pembangunan Infrastruktur di Tengah Pandemi

adminFebruary 14, 2021

Tanpa Modal, Mahasiswa KKN Undip Buatkan WebGIS Rute Rumah Sakit Rujukan COVID-19 Untuk Kelurahan Kramas

adminFebruary 12, 2021

Taman Permata Tembalang – Rekomendasi Desain Ruang Terbuka Publik untuk Mewadahi Aktivitas Fisik Masyarakat RW 5 Kelurahan Kramas

adminFebruary 11, 2021