Coretan Teknik

HIDE MY POO SOLUSI MENGHILANKAN BAU SETELAH BAB

HIDE MY POO SOLUSI MENGHILANKAN BAU SETELAH BAB

Manusia sebagai makhluk hidup pasti membutuhkan energi untuk melakukan aktivitasnya. Untuk memperoleh energi, manusia akan mengolah makanan melalui proses metabolisme, namun dalam proses metabolisme akan dihasilkan zat sisa. Salah satu zat sisa yang dihasilkan adalah feses. Dalam feses, terdapat berbagai kandungan diantaranya adalah air, mikroba, dan materi organik lainnya. Mikroba inilah yang menyebabkan bau tidak sedap feses.


Bau yang timbul dari feses seringkali menyebabkan orang enggan untuk BAB di tempat umum karena merasa bau dari feses akan mengganggu orang di sekitarnya. Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) Universitas Diponegoro yang terdiri dari 5 mahasiswa Teknik Industri, yaitu Niari Prittu M., Ade Aisyah A.P., Ayu Leuditya F., Mega Sri G., dan Winda Widya P. menciptakan sebuah produk, yaitu Hide My Poo untuk mengatasi masalah ini. Hide My Poo adalah cairan pelapis permukaan air pada kloset sebagai penahan bau feses. Cairan ini mengandung esential oil yang berperan penting untuk mendukung fungsi produk. Esential oil akan menjadi permukaan tipis di atas permukaan air di kloset karena masa jenis minyak lebih kecil daripada masa jenis air. Permukaan tipis ini akan menghalangi bau dari feses sehingga aroma tidak sedap tersebut tidak keluar dari permukaan air. Cara menggunakannya pun cukup mudah dan praktis, yaitu dengan mengocok botol terlebih dahulu lalu disemprotkan 3-4 kali ke dalam kloset sebelum BAB.


Hide My Poo tampil dalam kemasan botol spray berukuran 60 ml yang tersedia dalam berbagai varian aroma, yaitu green tea, lavender, rose, dan jasmine. Kemasan yang praktis, mudah dalam penggunaan, dan tersedia dalam berbagai varian diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi konsumen.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

PRIHATIN KARENA KURANGNYA EDUKASI KESELAMATAN, MAHASISWA UNDIP SOSIALISASIKAN PENTINGNYA MENGETAHUI KESELAMATAN SAAT BERADA DI KAPAL DAN TEMPAT KERJA

adminFebruary 15, 2021

Mahasiswa KKN UNDIP Penuh Ide! Sulap Sampah Plastik Jadi Alternatif Batu Bata

adminFebruary 14, 2021

COVID-19 Masih Melonjak, Mahasiswa KKN UNDIP Gencarkan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Touchless Otomatis

adminFebruary 14, 2021

Mahasiswa KKN Undip : Masterplan “Kawasan Tangguh Covid-19” sebagai Arahan Pembangunan Infrastruktur di Tengah Pandemi

adminFebruary 14, 2021

Tanpa Modal, Mahasiswa KKN Undip Buatkan WebGIS Rute Rumah Sakit Rujukan COVID-19 Untuk Kelurahan Kramas

adminFebruary 12, 2021

Taman Permata Tembalang – Rekomendasi Desain Ruang Terbuka Publik untuk Mewadahi Aktivitas Fisik Masyarakat RW 5 Kelurahan Kramas

adminFebruary 11, 2021