Uncategorized

Hanya dari Ampas Tebu Bisa digunakan Sebagai Penjernih Minyak dan Mandi?

Hanya dari Ampas Tebu Bisa digunakan Sebagai Penjernih Minyak dan Mandi?

Selasa, 28 Januari 2020 diselenggarakan  kegiatan sosialisasi Program Kerja oleh salah satu Mahasiswa KKN Undip Tim 1 yang bertempat di Desa Sendangagung Kecamatan Pamotan Rembang. Program ini dicetuskan oleh Miftaqul Huda Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Universitas Diponegoro. Bentuk program yang diselenggarakan adalah pembuatan sabun dari minyak jelantah. “Hah? Minyak jelantah digunakan sebagai sabun?”. Hal itulah yang samar-samar terdengar dari sebagian ibu-ibu yang menghadiri kegiatan sosialisasi. Bukan hanya itu dalam kegiatan pembuatan sabun ini mahasiswa juga mengajarkan bagaimana mengolah minyak jelantah menjadi minyak goreng yang lebih jernih dan higienis hanya dengan ampas tebu.

Kegiatan sosialisasi ini bertempat di Pendopo Balai Desa Sendangagung, Pamotan. Kegiatan mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat terutama dari ibu-ibu rumah tangga. Dinilai kegiatan ini akan bermanfaat untuk kehidupan berumah tangga. Mengingat akhir-akhir ini masih banyak ruah tangga yang masih menggunakan minyak berkali-kali dan itu tidak sehat.

Kegiatan sosialsisasi ini dihadiri oleh ibu-ibu PKK karena sasaran utamanya memang ditujukan untuk ibu-ibu yang sudah berumah tangga. Selain dari ibu-ibu PKK juga dihadiri oleh sebagian perangkat desa dan dosen Universitas Diponegoro. Tujuan utama diadakan pelatihan pembuatan media penyerap dari ampas tebu ini adalah karena banyaknya limbah ampas tebu yang masih belum termanfaatkan secara baik, didukung dengan masih banyaknya rumah tangga yang menggunakan minyak jelantah kotor terus menerus sebagai media menggoreng. Sehingga dicetuskan ide membuat penyerap kotoran untuk minyak jelantah agar bisa digunakan lagi untuk media menggoreng maupun bahan baku pembuatan sabun batang. Dalam hal ini masyarakat dapat mengurangi limbah ampas tebu dan menurunkan resiko penyakit jika menggunakan jelantah kotor.

Pada kegiatan ini tidak hanya dilakukan sosialisasi namun juga pencerdasan terhadap masyarakat akibat bahaya yang ditimbulkan jika menggunakan minyak jelantah. Juga dilakukan pelatihan pembuatan sabun mandi dari minyak hasil regenerasi tersebut.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Uncategorized

More in Uncategorized

Tidak Ada Pengembalian Untuk UKT Mahasiswa Semester Lanjut

adminFebruary 2, 2020

Hikmah Pro Kontra RUU KPK

adminSeptember 19, 2019

Registrasi Momentum Journalistic Fair 2018

adminOctober 16, 2018

Laboratorium Terpadu, Pabrik yang Unggul untuk Produk yang Unggul

adminMarch 26, 2018

BEM FT dan SM FT 2018 akan Menyelesaikan UKT Semester 9

adminFebruary 15, 2018

Kampanye di Teknik Perkapalan, Kaderisasi Tetap Menjadi Isu Utama

adminNovember 10, 2017