KKN

Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa KKN UNDIP Kembangkan Komoditas Lampu Emergency Murah di Desa Nogosaren

Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa KKN UNDIP Kembangkan Komoditas Lampu Emergency Murah di Desa Nogosaren

Getasan (18/1) – Dosen FSM Universitas Diponegoro Dr. Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si beserta Tim Dr. Ir. Suryanti, M.Pi., dan Agus Naryoso, S.Sos., M.Si., berkolaborasi dengan Mahasiswa KKN Periode 1 Undip 2020 (Rivaldi, Tamir, Dio, Lutfi, Laras, Thomas, dan Anggie) melakukan pemberdayaan masyarakat di Desa Nogosaren. Pelatihan perakitan lampu emergency kepada masyarakat Dusun Karangbawang, khususnya pemuda Karang Taruna. Pelatihan ini dilakukan sebagai salah satu upaya pemecahan permasalahan listrik di Dusun Karangbawang. Dusun yang merupakan dusun tertinggi ketiga di Kabupaten Semarang ini sering mengalami pemadaman listrik yang diakibatkan oleh cuaca yang buruk dan gangguan listrik lainnya.


Pelatihan ini disampaikan oleh salah satu mahasiswa TIM I KKN Undip Tahun 2020 Desa Nogosaren yang berasal dari jurusan Teknik Elektro, yaitu Rivaldi Juswan. Kegiatan pelatihan ini diawali dengan pemberian materi secara singkat mengenai kelistrikan yang kemudian dilanjutkan dengan pelatihan atau praktik perakitan lampu emergency yang bahan-bahannya dapat diperoleh dari limbah elektronik, seperti dari charger hp bekas dan limbah elektronik yang ada di sekitar warga dusun. Acara diakhiri dengan dengan pemberian secara simbolis lampu emergency yang telah dirakit kepada Ketua Karang Taruna.


Pemuda karang taruna sangat antusias dengan adanya pelatihan ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat karena bisa menambah keterampilan pemuda dan juga membantu warga saat terjadi mati listrik.” Ungkap Wahyono, Ketua Karang Taruna Dusun Karangbawang. Peserta kegiatan juga berharap hasil dari praktik pada kegiatan ini dapat direalisasikan langsung di rumah masing-masing serta diajarkan kepada warga lainnya sehingga memudahkan penerangan warga jika terjadi mati listrik. (Laporan oleh Rivaldi Juswan dari mahasiswa KKN Undip Tim I Desa Nogosaren)

 

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KKN

More in KKN

Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Petani Produksi Siwang dan Edukasi Menghafal Al-qur’an, Belajar Bersama dimasa Pandemik Covid-19

adminAugust 20, 2020

Mahasiswa KKN UNDIP Membantu Warga RT 10/RW 04 Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Mengurangi Penyebaran Virus COVID-19 Dan Menghadapi New Normal

adminAugust 17, 2020

Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Masyarakat Bayalangu Lor Berbisnis Dan Membuat Ecobrick Di Era New Normal

adminAugust 10, 2020

Sosialisasi Protokol Kesehatan dan Edukasi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Solusi Dampak Pandemi Covid-19 bagi UKM

adminAugust 8, 2020

“Mbangun Deso”ala Mahasiswa KKN UNDIP

adminAugust 6, 2020

Terobosan Teknologi Kreatif Dan Strategi Pemasaran Baru Ala Mahasiswi UNDIP Pasca Pandemi Covid-19

adminAugust 6, 2020