KKN

Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa KKN UNDIP Kembangkan Komoditas Lampu Emergency Murah di Desa Nogosaren

Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa KKN UNDIP Kembangkan Komoditas Lampu Emergency Murah di Desa Nogosaren

Getasan (18/1) – Dosen FSM Universitas Diponegoro Dr. Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si beserta Tim Dr. Ir. Suryanti, M.Pi., dan Agus Naryoso, S.Sos., M.Si., berkolaborasi dengan Mahasiswa KKN Periode 1 Undip 2020 (Rivaldi, Tamir, Dio, Lutfi, Laras, Thomas, dan Anggie) melakukan pemberdayaan masyarakat di Desa Nogosaren. Pelatihan perakitan lampu emergency kepada masyarakat Dusun Karangbawang, khususnya pemuda Karang Taruna. Pelatihan ini dilakukan sebagai salah satu upaya pemecahan permasalahan listrik di Dusun Karangbawang. Dusun yang merupakan dusun tertinggi ketiga di Kabupaten Semarang ini sering mengalami pemadaman listrik yang diakibatkan oleh cuaca yang buruk dan gangguan listrik lainnya.


Pelatihan ini disampaikan oleh salah satu mahasiswa TIM I KKN Undip Tahun 2020 Desa Nogosaren yang berasal dari jurusan Teknik Elektro, yaitu Rivaldi Juswan. Kegiatan pelatihan ini diawali dengan pemberian materi secara singkat mengenai kelistrikan yang kemudian dilanjutkan dengan pelatihan atau praktik perakitan lampu emergency yang bahan-bahannya dapat diperoleh dari limbah elektronik, seperti dari charger hp bekas dan limbah elektronik yang ada di sekitar warga dusun. Acara diakhiri dengan dengan pemberian secara simbolis lampu emergency yang telah dirakit kepada Ketua Karang Taruna.


Pemuda karang taruna sangat antusias dengan adanya pelatihan ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat karena bisa menambah keterampilan pemuda dan juga membantu warga saat terjadi mati listrik.” Ungkap Wahyono, Ketua Karang Taruna Dusun Karangbawang. Peserta kegiatan juga berharap hasil dari praktik pada kegiatan ini dapat direalisasikan langsung di rumah masing-masing serta diajarkan kepada warga lainnya sehingga memudahkan penerangan warga jika terjadi mati listrik. (Laporan oleh Rivaldi Juswan dari mahasiswa KKN Undip Tim I Desa Nogosaren)

 

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KKN

More in KKN

5 Tips Membuat Keluarga Nyaman di Rumah ala Mahasiswa KKN Undip

adminAugust 11, 2021

Kreatif! Mahasiswi KKN Undip Ciptakan Komposter Praktis Dan Ergonomis Di Lahan Sempit

adminAugust 10, 2021

Banyak Limbah di Sungai: Mahasiswa KKN Undip Membuat Creative Design TPS Sementara

adminAugust 9, 2021

Inovatif !!! Mahasiswa Undip Membuat Desain Gapura Ramah Lingkungan “Kawasan Geopark Tarusan Kamang”

adminAugust 8, 2021

Edukasi Mahasiswa KKN UNDIP: Peningkatan Kualitas Lingkungan Melalui Penerapan 3 Sustainability Pillars dengan Mendaur Ulang Sisa Nasi Menjadi Pupuk Cair Organik

adminAugust 7, 2021

Cegah Penularan COVID-19, Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Inovasi Alat Sederhana untuk Handsanitizer dengan Sistem Injak

adminAugust 6, 2021