Prestasi

MENGUKIR PRESTASI MELALUI KOMPETISI ESSAY

MENGUKIR PRESTASI MELALUI KOMPETISI ESSAY
http://id.techinasia.com/

Semarang, Momentum – Baru-baru ini dua srikandi jurusan Teknik Lingkungan dan Teknik Industri angkatan 2018 berhasil mengharumkan nama Universitas Diponegoro pada Kompetisi Essay Nasional Universitas Muria Kudus, Yayuk dan Rizqi.

Yayuk mengungkapkan potensi diri yang perlu digali untuk menulis essay yaitu kemampuan untuk lebih peka terhadap permasalahan yang ada di lingkungan sekitar maupun global terutama dengan permasalahan terkait Sustainable Development Goals 2030, yaitu kemampuan berpikir kritis, analitis dan sistematis, kemampuan untuk menulis essay dan yang tidak kalah penting adalah kerja sama dalam tim.

Tidak hanya itu, Yayuk dan Rizqi juga mengungkapkan tips dan trik dalam menjuarai kompetisi essay adalah terus melatih kemampuan menulis karya ilmiah, dengan membaca banyak karya tulis ilmiah dan meminta pendapat dari orang-orang yang berpengalaman di bidang karya tulis itu sendiri, mengikuti semua ketentuan perlombaan yang sudah ditetapkan oleh panitia lomba, tidak lupa juga banyak melatih public speaking yang bermanfaat untuk presentasi essay.

Yayuk dan Rizqi menyebutkan ketika memiliki kendala dalam menulis seperti tugas kuliah, ujian-ujian dan kegiatan organisasi, maka dapat diatasi dengan menyusun skala prioritas, dengan melihat skala prioritas yang sudah dibuat kita dapat menyeleksi tugas apa saja yang dapat terlebih dahulu dikerjakan. Dengan ini, pekerjaan akan semakin efektif dengan manajemen waktu yang baik.

Dalam kesempatan ini pula, kedua srikandi tersebut berharap agar teman- teman sebagai generasi muda dapat berkontribusi untuk menggali potensinya dan menuangkannya dalam sebuah karya tulis essay karena menulis essay mengingat banyak manfaat yang didapat. Terlebih kalau meraih kejuaraan bisa menambah prestasi dan membanggakan kedua orang tua.

Penulis : Fadillah dan Rara

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prestasi

More in Prestasi

“Kampung Sejari (Sehat, Hijau, Mandiri)”, Solusi Perkampungan Kumuh dari Undip untuk Jakarta

adminSeptember 4, 2021

Harumkan Fakultas Teknik, Mahasiswa Teknik Kimia Mempersembahkan Gold Medal dalam Ajang IEI2C 2021

adminAugust 24, 2021

Empat Mahasiswa Undip Raih Penghargaan di KNMIPA-PT 2021

adminAugust 19, 2021

Meraih Gold Medal di Ajang Internasional

adminAugust 17, 2021

Kontribusi Tim PKM FT Lolos Pendanaan 2021 Terbanyak se-Undip!

adminMay 23, 2021

Mengulik Tips menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Undip

adminApril 28, 2021