Prestasi

Bincang-Bincang Mahasiswa Berprestasi Bersama Hans

Bincang-Bincang Mahasiswa Berprestasi Bersama Hans

Sumber: https://www.instagram.com/vinzhans98/

Semarang, Momentum– Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) menjadi pergelaran akbar yang ditunggu-tunggu oleh sejumlah Mahasiswa/i Universitas Diponegoro (Undip) setiap tahunnya. Mahasiswa/i Undip bersaing untuk meraih predikat prestisius tersebut dengan menampilkan sejumlah prestasi yang telah mereka torehkan dan kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Mereka berlomba-lomba untuk mencapai tahta tertinggi dalam mencapai gelar Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tersebut. Seleksi berlangsung ketat dan berjenjang, dari tingkat jurusan sampai ke universitas. Setiap proses menyisihkan mahasiswa/i satu per satu dan terpilih Mawapres di setiap fakultasnya.

Berbicara Mawapres, tahun 2020 ini datang dari Teknik Elektro Angkatan 2017, Vinsensius Hans Prasetya. Mahasiswa yang kerap disapa Hans ini berhasil menduduki Mawapres 1 Fakultas Teknik 2020. Perjuangan Hans terbilang memuaskan karena di tahun sebelumnya Hans tidak berhasil masuk seleksi pemetaan di tingkat Fakultas, tetapi berhasil meraih posisi pertama sebagai Mawapres 1 Fakultas Teknik. Mahasiswa juara 2 LKTIN Flarity tersebut pun mengungkapkan motivasinya mengikuti Pilmapres 2020.

“Kemarin itu terlanjur basah, jadi sekalian nyebur aja. Toh, juga sama capeknya kan nyiapin segala berkas dan lain-lain. Jadi, sekalian dikasih yang terbaik biar coba-coba berhadiah, bukan coba lagi lain waktu,” ujar Hans.

Hans juga bercerita bahwa tahun ini penyelenggara Pilmapres berubah menjadi PPN (Pusat Prestasi Nasional) dengan beberapa perubahan, seperti Karya Tulis Ilmiah (KTI) menjadi gagasan tertulis ilmiah (mirip PKM-GT) dan terdapat TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) yang menjadi kesulitan tersendiri. Selain perubahan tersebut, Hans menjelaskan bahwa Pilmapres tahun ini belum ada pedoman meski memiliki banyak perubahan sistem. Proses pengerjaan di rumah juga memperlambat dirinya untuk bergerak menyelesaikan tantangan Pilmapres.

Namun, dibalik berbagai kesulitan tersebut, Hans bercerita bahwa Pilmapres tahun ini bisa lebih mempersiapkan catatan tambahan bila diperlukan dalam presentasi. Sebab, presentasi tahun ini digelar via video conference. Suasana presentasinya pun jauh berbeda ketika harus didepan banyak orang.

Saat ini, Hans tengah bersiap menghadapi pesaing Mawapres 1 Fakultas lain untuk memperebutkan gelar sebagai Mawapres 1 Universitas. Hokage Forum Studi Teknik (FST) 2020 tersebut mempersiapkan kemampuan berbicara Bahasa Inggrisnya, sebab di tingkat Universitas sesi tanya jawab harus menjawab full in English. Dia pun menggunakan teknik “Thinking in English” agar bisa melewati sesi tanya jawab dengan lancar. Mari kita doakan Hans untuk bisa meraih predikat Mawapres Universitas mewakili Fakultas Teknik. Semangat, Hans!

Penulis : Tirta Finailah dan Muhammad Fadel

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Prestasi

NGOBROL SEPUTAR MAHASISWA BERPRESTASI BARENG AMANDA MARGARETH

adminSeptember 25, 2020

MENGUKIR PRESTASI MELALUI KOMPETISI ESSAY

adminMay 12, 2020

MAWAPRES BUKAN STANDAR TERTINGGI MELAINKAN HADIAH KERJA KERAS

adminApril 28, 2019

Mahasiswi FT Undip Juarai Kompetisi Debat di Malaysia

adminFebruary 5, 2019

Mahasiswa FT Undip Ciptakan Pengganti Solar dari Minyak Jelantah

adminNovember 16, 2018

Mahasiswa Undip Lakukan Diagnosis Performa Hitung melalui Test of Second Mathematic (ToSM)

adminJune 5, 2018