Isu

Dilema Subsidi Kuota yang Belum Merata

Dilema Subsidi Kuota yang Belum Merata
Sumber : Freepik.com

Semarang, Momentum — Sesuai dengan hasil audiensi antara pihak Undip dengan BEM, Undip akhirnya memberikan bantuan kuota internet sebesar 10 GB kepada seluruh mahasiswanya. Kuota tersebut dikirimkan secara bertahap dari bulan Juni lalu. Namun, pembagian kuota tersebut nampaknya belum merata.

Pasalnya, beberapa mahasiswa mengeluhkan tidak mendapat bantuan kuota.

“Kalau menurut saya ada dua kemungkinan, pertama dari pihak mahasiswanya. Ketika mahasiswa menginput salah memasukkan nomor, atau bisa saja karena mahasiswa tersebut kurang mengetahui adanya peng-input-an data di SSO. Kedua, di provider-nya, entah karena nomor mahasiswanya sudah hangus atau bagaimana. Setelah meng-input data di SSO, data tersebut diserahkan ke provider masing-masing,” tutur Endah Tri, selaku Kabid Kesma BEM Undip.

BEM Undip telah melakukan audiensi dengan Prof. Heru selaku Wakil Rektor Sumberdaya Undip kembali mengenai polemik kuota ini. Setelah mendapat kabar bahwa hanya provider Telkomsel yang mendapat kuota bulan Juli kemarin, Prof. Heru kemudian meminta Kesma untuk melakukan pendataan ulang.

Setelah dilakukan pendataan ulang, tercatat lebih dari 4.000 mahasiswa yang belum mendapat kuota internet bulan Juli. Data tersebut kemudian dikolektifkan dan diserahkan ke pihak Undip untuk ditindaklanjuti lebih lanjut.

Di lain audiensi, Endah juga mempertanyakan perihal mahasiswa yang tidak mendapat kuota bulan Juli kemarin meskipun sudah dilakukan pendataan. Namun, pihak Undip tidak menyampaikan secara rinci apakah akan ada kompensasi bagi mahasiswa tersebut atau tidak. Setelah audiensi, pihak universitas memberikan nota dinas yang menyatakan untuk S1 akan mendapatkan kuota internet sebesar 20 GB.

“Asumsi saya secara pribadi, 20 GB itu adalah kompensasi di bulan juli tidak dapat dan kemudian diberikan di bulan agustus. Namun untuk kejelasannya seperti apa, belum ada tindak lanjutnya dari universitas, tapi semoga saja untuk ke depannya satu bulannya itu bisa mendapatkan paket sebesar 20 GB dan tentunya bisa merata,” ujar Endah.

Informasi terakhir yang Endah dapat adalah paket internet tersebut akan dikirimkan di akhir bulan, untuk itu Endah mengimbau pada seluruh mahasiswa untuk mengawal bantuan kuota ini bersama-sama supaya kegiatan perkuliahan bisa lancar dan tidak terkendala kuota internet.

Penulis : Rara dan Gunawan

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isu

More in Isu

Rentetan Polemik Pemegang Mandat Ketua BEM UNDIP 2021

adminFebruary 15, 2021

Babak Baru Panggung Pemira FT 2020

adminDecember 20, 2020

Keberjalanan Program Merdeka Belajar di Undip

adminDecember 4, 2020

Akses SSO diblokir?

adminNovember 25, 2020

Sebuah Kritik Orde (Paling) Baru dari BEM FH Undip

adminNovember 25, 2020

Konsorsium Merdeka Belajar, Implementasi Kampus Merdeka

adminNovember 16, 2020