Opini

Mahasiswa Baru: Keresahan Kaderisasi, Teman, dan Dosen Online

Mahasiswa Baru: Keresahan Kaderisasi, Teman, dan Dosen Online

sumber : sevima.com

Semarang, Momentum – Tahun ajaran baru 2020/ 2021 akan segera dimulai. Pihak rektorat Undip pun telah memutuskan bahwa semester ini pembelajaran akan dilaksanakan secara daring. Mahasiswa lama dan mahasiswa baru (maba) juga mulaimempersiapkan diri menghadapi proses belajar mengajar yang akan datang dengan antusias.

Namun, ada yang menarik dari tahun ajaran baru kali ini, karena dilaksanakan dalam masa pandemi, maba dituntut untuk menyesuaikan diri dengan cepat pada kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan secara daring, berbeda dengan mahasiswa lama yang sudah memiliki pengalaman selama sekitar 4 bulan. Tak hanya proses belajar mengajar yang harus dilakukan secara daring, maba juga harus mengikuti rangkaian PMB lewat layar gawai.

Banyak keresahan yang dirasakan oleh maba karena semua hal dilaksanakan ‘serba online‘ dalam waktu bersamaan, tentang bagaimana lingkungan nyata kampus, bagaimana akan saling mengenal dengan teman- teman, bagaimana berinteraksi dengan dosen, bagaimana sistem kaderisasi online, serta begitu banyak keresahan lainnya.

“Saya bingung dengan pelaksanaan kuliah secara daring, karena belum pernah sebelumnya,” ujar Zahra Azif, maba jurusan Ilmu Komunikasi. Ia pun menduga sepertinya kuliah online akan membosankan dan menyita banyak waktu sebab berlama- lama menatap gawai.

“Saya khawatir kalo tidak bisa memahami materi perkuliahan yang diberikan oleh dosen,” imbuhnya.

Tak mengherankan sebenarnya bila sebagian besar maba dirundung kegelisahan, sebab ini adalah pengalaman baru bagi mereka. Wajar bila mereka tampak kaget dan bingung. Pihak terkait sebaiknya memberi pemahaman dan edukasi lebih pada maba dalam menghadapi perkuliahan dan kaderisasi daring ini, agar mereka tak merasa kebingungan.

Penulis : Siska dan Tirta

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Opini

More in Opini

Polemik Kata “Anjay”

adminSeptember 21, 2020

New Normal, Herd Immunity dan Segala Ketidakabsahannya

adminMay 31, 2020

Kebijakan Tutup Pintu Saat Lebaran

adminMay 27, 2020

Suara BEM-U Atas Surat Edaran Penyesuaian UKT

adminMay 13, 2020

Hasil Audiensi Bersama Rektorat: Polemik Subsidi Kuota

adminMay 6, 2020

Penerapan Kebijakan Kuliah Online oleh Universitas Diponegoro

adminMay 6, 2020