Coretan Teknik

Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Petani Produksi Siwang dan Edukasi Menghafal Al-qur’an, Belajar Bersama dimasa Pandemik Covid-19

Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Petani Produksi Siwang dan Edukasi Menghafal Al-qur’an, Belajar Bersama dimasa Pandemik Covid-19

Losari, Cirebon – Pandemi covid-19 telah menerpa bumi pertiwi sejak maret 2020 lalu, hal ini menimbulkan dampak diberbagai aspek kehidupan masyarakat. Dampak yang ditimbulkan tentunya tidak sedikit, kebijkan pemerintah dalam upaya meminilalisir proses penyebaran virus menerapkan mematuhi protokol kesehatan dan social distancing.

Siti Aisyah salah satu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Undip tim II tahun 2020 dari jurusan Administrasi publik di Desa Kalisari, Kecamatan Losari, Kab. Cirebon merencanakan

Dua program pengabdian masyarakat yaitu melalui pemberdayaan masyarakat memproduksi olahan Siwang (Terasi Bawang) dan edukasi menghafal al-qur’an serta belajar bersama di masa pandemik Covid-19. Kegiatan KKN ini dilakukan pada 5 Juli hingga 15 Agustus 2020.

“Edukasi menghafal al-qur’an dan belajar bersama ini agar memberikan edukasi dan pendampingan belajar pada anak-anak SD-SMP karena saat ini pembelajaran dialihkan via daring sehingga beberapa dari mereka mengalami kesulitan,” ujar Siti.

Program menghafal al-qur’an diterapkan guna menanamkan kecintaan sejak dini untuk belajar al-quran sehingga dalam proses karantina dan new normal mereka memiliki variasi dalam kegiatan belajar. Desa Kalisari RT 01 RW 02 merupakan wilayah yang didominasi oleh anak-anak sehingga memerlukan pemantauan khusus dalam proses belajar secara online agar tidak menyalahgunakan teknologi smartphone. Pada akhir kegiatan KKN diadakan lomba tahfidzul quran dan adzan untuk tingat SD-SMP.

“Di Desa Kalisari ini, kebetulan sebagian besar petani menanam bawang sehingga program edukasi untuk produksi olahan Siwang (Terasi Bawang) ini menjadi langkah solutif untuk para petani kedepannya,” imbuh Siti.

Pogram ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat tani di Desa Kalisari dalam berinovasi pengolahan bawang merah agar memiliki nilai ekonomi tinggi dan daya simpan yang lebih tahan lama. Ditengah kondisi pandemic, harga bawang merah cenderung tidak stabil yang berakibat pada kesejahteraan petani menjadi menurun. Kegiatan tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu dengan tidak mengumpulkan massa secara besar tetapi dilakukan melalui sosialisasi door to door.

Dari kedua program tersebut diharapkan masyarakat Desa Kalisari RT 02 RW 01 dapat lebih produktif melalui pemberdayaan olahan siwang karena dapat dilakukan dengan bahan yang mudah didapat dan mudah dibuat, serta melalui program menghafal al-quran dan belajar bersama minat belajar anak-anak tidak menurun karena pembelajaran dilakukan di rumah.

Penulis             : Siti Aisyah 14030117120011 Administrasi Publik-FISIP UNDIP

Dosen KKN     : Drs. Dul Muid, M,Si, Akt

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, Tim PKM Undip Ciptakan Peta Jangkauan Tsunami

adminAugust 28, 2021

Pembuatan Superhidrophilik Membran sebagai Alternatif Pengolahan Limbah Berminyak

adminAugust 20, 2021

Case Smartphone Antibakteri (Casturi): Solusi Praktis Lindungi Diri dan Handphone dari Bakteri

adminAugust 15, 2021

AirKita.id: Program Pemberdayaan Karang Taruna dalam Pengimplementasian Pemurni Air Sederhana Berbasis Sistem Aplikasi Digital di Kelurahan Bandarharjo

adminAugust 13, 2021

5 Tips Membuat Keluarga Nyaman di Rumah ala Mahasiswa KKN Undip

adminAugust 11, 2021

Kreatif! Mahasiswi KKN Undip Ciptakan Komposter Praktis Dan Ergonomis Di Lahan Sempit

adminAugust 10, 2021