Coretan Teknik

“Mbangun Deso”ala Mahasiswa KKN UNDIP

“Mbangun Deso”ala Mahasiswa KKN UNDIP

Klaten (05/08) – Ribuan mahasiswa UNDIP diterjunkan kembali ke masyarakat dalam Kegiatan Kuliah Nyata Periode II Tahun 2020. Tahun ini Universitas Diponegoro (UNDIP) mengusung tema “Bali Deso Mbangun Desa”. Salah satu desa yang dijadikan lokasi KKN yaitu Desa Jimus yang menyambut dengan ramah kembalinya mahasiswa dari Undip untuk mengabdi di desa. Kegiatan KKN dilaksanakan selama 45 hari dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan selama pandemi.

“Saya senang dan cukup bangga dengan pilihan adik -adik untuk melaksanakan KKN dirumah sendiri. Aku saktenane yo melu seneng meruhi bocah soko Jimus gelem biyantu mbangun deso men luwih apik meneh, bukan begitu?”, ujar Pak Hardjono kala ditemui di Kantor Desa. Meski mengijinkan, beliau berpesan untuk tetap menjaga keselamatan warga dengan terus mematuhi anjuran pemerintah dan tidak mengadakan acara yang bersifat mengumpulkan massa. “Pokoke aku weling kudu tetap nganggo masker lan ojo nganti gawe acara kumpul-kumpul”, tambahnya.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) UNDIP kali ini memang berbeda dari sebelumnya karena setiap mahasiswa diwajibkan membuat dua program kegiatan. Keduanya harus relevan dengan pandemi Covid-19 ini dan basis keilmuannya. Selain itu, bimbingan dan diskusi tim dilakukan via daring mengingat keadaan masih belum memungkinkan diadakannya bimbingan tatap muka.

Mahasiswa UNDIP di Desa Jimus awalnya kesulitan memilih program kegiatan karena jurusan yang diambil tidak selaras dengan kondisi geografis desa. Namun berkat bantuan dan saran dari Kepala Desa, Pak Hardjono program kegiatan selesai dipilih dan dilaksanakan mahasiswa UNDIP. Kegiatan KKN banyak dihabiskan untuk mendesain poster dan modul sebagai keluaran dari proker yang dijalankan. Modul berisi tentang Kesehatan & Keselamatan Kerja pada Pengelasan yang akan diberikan kepada Pak Mulyanto, pemilik bengkel las Desa Jimus. Pembuatan modul ini juga atas saran Bapak Kepala Desa ketika melihat kurangnya pemahaman para pekerja las terhadap keselamatan kerja.

Penulis : Defina Prawoto

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

PRIHATIN KARENA KURANGNYA EDUKASI KESELAMATAN, MAHASISWA UNDIP SOSIALISASIKAN PENTINGNYA MENGETAHUI KESELAMATAN SAAT BERADA DI KAPAL DAN TEMPAT KERJA

adminFebruary 15, 2021

Mahasiswa KKN UNDIP Penuh Ide! Sulap Sampah Plastik Jadi Alternatif Batu Bata

adminFebruary 14, 2021

COVID-19 Masih Melonjak, Mahasiswa KKN UNDIP Gencarkan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Touchless Otomatis

adminFebruary 14, 2021

Mahasiswa KKN Undip : Masterplan “Kawasan Tangguh Covid-19” sebagai Arahan Pembangunan Infrastruktur di Tengah Pandemi

adminFebruary 14, 2021

Tanpa Modal, Mahasiswa KKN Undip Buatkan WebGIS Rute Rumah Sakit Rujukan COVID-19 Untuk Kelurahan Kramas

adminFebruary 12, 2021

Taman Permata Tembalang – Rekomendasi Desain Ruang Terbuka Publik untuk Mewadahi Aktivitas Fisik Masyarakat RW 5 Kelurahan Kramas

adminFebruary 11, 2021