rubrik

Kegiatan PKKMB FT Undip 2020 Secara Daring disambut Antusias oleh Mahasiswa Baru

Kegiatan PKKMB FT Undip 2020 Secara Daring disambut Antusias oleh Mahasiswa Baru

(Sumber : Thumbnail Youtube PKKMB FT Undip)

Semarang, Momentum — Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (PKKMB FT Undip) 2020 menjadi PKKMB FT Undip pertama yang dilakukan secara daring via platform Zoom yang kemudian disiarkan secara live streaming melalui platform YouTube pada Selasa, (15/09/2020). Hal ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana biasanya PKKMB FT dilaksanakan di Gedung Prof. Soedarto.

“PKKMB offline maupun online keduanya diisi oleh materi pengenalan kampus dan kuis. Namun bedanya perkenalan dan orasi Organisasi Mahasiswa (Ormawa) tingkat departemen ditiadakan, karena kendala teknis dan sinyal,” ujar Andika Irawan selaku Ketua BEM FT 2020.

Kegiatan PKKMB FT merupakan kegiatan yang penting dan wajib diselenggarakan setiap tahun karena didalamnya terdapat rangkaian kegiatan perkenalan Fakultas Teknik kepada mahasiswa baru (maba) FT dimana akan digambarkan mengenai perkuliahan khususnya di FT Undip. Selain itu maba juga diperkenalkan dengan sistem pembelajaran di kampus, kegiatan mahasiswa dan organisasi mahasiswa sehingga maba memiliki gambaran kegiatan perkuliahan mereka ke depannya.

Mekanisme pelaksanaan PKKMB FT via daring yaitu seluruh pengisi acara dari pihak dekanat FT bergabung dalam satu room meeting Zoom yang akan disiarkan langsung melalui Youtube. Tautan Youtube ini dibagikan kepada maba di situs webFT Undip. Saat acara dimulai seluruh maba FT melakukan presensi dan mengikuti live streaming dari pagi hingga sore hari. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, para panitia dan mahasiswa yang terlibat berkumpul di suatu ruangan di gedung Dekanat FT dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kendala utama dari pelaksanaan PKKMB secara daring ini adalah sulitnya melakukan pendataan terkait jumlah maba FT 2020. Hal itu disebabkan oleh data mengenai jumlah maba tidak dipublikasi untuk umum, terlebih jumlah maba dari jalur mandiri. Kendala lain yang cukup berarti adalah mengenai teknis acara berupa kendala sinyal,

“Saat ini ada beberapa ormawa yang terkendala masalah sinyal saat mengisi acara,” ujar Bella Ryskita selaku Ketua Bidang PSDM FT 2020.

Bella menceritakan pengalaman berkesan yang ia alami dalam membantu proses PKKMB secara online ini. Ia merasakan antusiasme maba dalam mengikuti PKKMB FT ini sangat besar karena terjadi interaksi dua arah yang aktif antara maba, panitia, dan pengisi acara. Ia juga menyampaikan bahwa terlihat banyak maba ingin mengikuti acara ini secara offline, karena mereka sangat menantikan momen kebersamaan se-Fakultas Teknik. Ia berpesan kepada maba untuk dapat menikmati masa masa kuliah, karena perkuliahan adalah hal baru untuk mendewasakan maba, dan akan sangat berbeda dari kehidupan SMA.

 “Silahkan memilih akan menjadi mahasiswa seperti apa, aktif dalam kegiatan akademik, aktif berorganisasi, atau aktif berwirausaha. Sesuaikan bakat minatmu tapi tetaplah bertanggung jawab. Manfaatkan semua hal, jangan takut mencoba hal baru, dan perluas tali pertemanan,” ujar Bella.

Penulis : Tiur dan Tirta

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rubrik

More in rubrik

Sekilas Info Tentang English Day yang Diterapkan di FT

adminAugust 17, 2020

Menepis Isu Penyelewengan Data Semester Akhir di PWK Undip

adminJune 11, 2020

Subsidi Kuota Tak Kunjung Cair, Ini Kata Rektor Undip

adminJune 11, 2020

[MAGANG MOMENTUM]

adminMarch 6, 2020

Ada Apa dengan Juknis Pemira Ke-2?

adminOctober 29, 2019

PERJALANAN MENCARI MAKNA TUBUH

adminMay 7, 2019