Coretan Teknik

Pelaksanaan UKM Expo Undip Ditengah Pandemi

Pelaksanaan UKM Expo Undip Ditengah Pandemi
sumber: instagram/ukmexpo2020

Semarang, Momentum – Pandemi COVID 19 tidak menjadi kendala bagi mahasiswa baru Universitas Diponegoro (Undip) untuk mengenal kegiatan mahasiswa tingkat universitas yang ada di Undip. Walaupun saat ini mahasiswa belajar dari rumah, UKM Expo 2020 tetap dilaksanakan. UKM Expo 2020 dilaksanakan pada tanggal 5 sampai 6 September dan pada tanggal 12 sampai 13 September.

Target peserta UKM Expo 2020 sendiri sama seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu mahasiswa Universitas Diponegoro terutama angkatan 2020. Selain itu, tahun ini UKM Expo 2020 dilaksanakan dengan target peserta sebanyak 1.000 orang. UKM Expo kali ini dilaksanakan dengan mengusung tema Galaxy serta memakai taglineA Vision from The Youth”. Tema Galaxy dipilih karena diharapkan mahasiswa baru mempunyai pemikiran yang luas seperti galaksi dan memiliki bakat dan minat yang bisa disalurkan melalui UKM yang ada di Undip.

Lalu bagaimana pelaksanaan kegiatan ini di tengah pandemi seperti sekarang?. UKM Expo 2020 dilaksanakan secara online melalui media sosial instragram. Akan ada dua sesi yaitu sesi pengunggahan video singkat dari setiap UKM di akun instagram UKM Expo 2020 (@ukmexpo2020) dan sesi pelaksanaan live melalui akun instagram BEM Undip (@bemundip). Masing-masing UKM diberi waktu 45 menit dimana 30 menit untuk sesi talkshow dan 15 menit untuk sesi QnA.

Karena dilaksanakan ditengah pandemi, terdapat beberapa perbedaan pelaksanaan UKM Expo tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Perbedaan yang sangat mencolok adalah pelaksanaan yang biasanya dilaksanakan secara offline dengan tatap muka, kini terpaksa harus dilaksanakan secara online. Dari segi teknis pelaksanaan pun berbeda, yang mana biasanya UKM Expo dilaksanakan dengan pendirian stand UKM dan bazaar makanan di Student Center, kini hanya bisa dilakukan melalui platform instagram.

Namun terlepas dari berbagai kendala dan keterbatasan yang ada, kesuksesan rangkaian kegiatan UKM Expo 2020 harus tetap didapat, yang mana hal tersebut tidak terlepas dari peran serta panitia UKM Expo 2020, Harmonisasi Kampus BEM Undip 2020, Senat Undip Komisi 1 dan 5, dan tentunya UKM tingkat universitas itu sendiri.

Penulis : Tiur dan Tita

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

PRIHATIN KARENA KURANGNYA EDUKASI KESELAMATAN, MAHASISWA UNDIP SOSIALISASIKAN PENTINGNYA MENGETAHUI KESELAMATAN SAAT BERADA DI KAPAL DAN TEMPAT KERJA

adminFebruary 15, 2021

Mahasiswa KKN UNDIP Penuh Ide! Sulap Sampah Plastik Jadi Alternatif Batu Bata

adminFebruary 14, 2021

COVID-19 Masih Melonjak, Mahasiswa KKN UNDIP Gencarkan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Touchless Otomatis

adminFebruary 14, 2021

Mahasiswa KKN Undip : Masterplan “Kawasan Tangguh Covid-19” sebagai Arahan Pembangunan Infrastruktur di Tengah Pandemi

adminFebruary 14, 2021

Tanpa Modal, Mahasiswa KKN Undip Buatkan WebGIS Rute Rumah Sakit Rujukan COVID-19 Untuk Kelurahan Kramas

adminFebruary 12, 2021

Taman Permata Tembalang – Rekomendasi Desain Ruang Terbuka Publik untuk Mewadahi Aktivitas Fisik Masyarakat RW 5 Kelurahan Kramas

adminFebruary 11, 2021