Opini

Polemik Kata “Anjay”

Polemik Kata “Anjay”
katapopuler.com

Momentum, Semarang – Baru-baru ini jagat maya dihebohkan dengan postingan video instagram oleh seorang content creator yaitu Luthfi Agizal. Luthfi mengecam dan meminta Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) untuk menindaklanjuti secara hukum content creator yang menggunakan kata “Anjay” dalam video ataupun konten yang dibuat. Kata “Anjay” disinyalir sebagai bentuk perendahan martabat  seseorang dan termasuk dalam kekerasan verbal serta dapat dipidanakan.

Polemik ini turut membuat Asrorur Rahim mahasiswa Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, angkat bicara. Menurut Asrorur, kata “Anjay” merupakan derivasi dari kata anjing. Kata tersebut diperhalus maknanya dengan diplesetkan oleh pengguna bahasa. Jadi, ragam bahasa yang digunakan dalam kata tersebut digunakan oleh sekelompok orang atau kelompok tertentu dan pemakaiannya bersifat musiman. Kata “Anjay” merupakan slang yang merupakan bahasa rahasia yang hanya diketahui oleh beberapa penutur agar penutur lainnya tidak mengetahui.

Asrorur juga mengatakan bahwa kata “Anjay” tidak bisa diputuskan sebagai kata negatif atau positif karena bahasa sendiri bersifat dinamis dan juga relatif. Arti kata juga tergantung dengan konteks yang dipengaruhi oleh sistem struktur sosial dan sebagainya. Kata tersebut bisa berarti positif jika digunakan pada konteks yang menunjukkan kekaguman atau apresiasi. Menurut Asrorur, terlalu berlebihan jika KPAI mengeluarkan keputusan pidana terhadap individu yang menggunakan kata “Anjay”.

Penulis : Fadilla dan Rara

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Opini

More in Opini

Ternyata Begini Kalau Menjadi Mahasiswa Baru di Masa Pandemi

adminSeptember 1, 2021

Akses All Network Permudah Kegiatan Belajar Mengajar

adminMay 4, 2021

Hybrid Learning Setelah Kulon Tiga Semester

adminApril 30, 2021

AKSI TERORISME DI INDONESIA BELUM SELESAI

adminApril 28, 2021

Universitas Diponegoro Menggagas Hybrid Learning Semester Genap 2020/2021

adminApril 4, 2021

Kerugian Masyarakat Papua demi Perluasan Lahan Sawit

adminDecember 20, 2020