Coretan Teknik

Prank Spaghetti BCC, Britania Raya Heboh !

Prank Spaghetti BCC, Britania Raya Heboh !

Semarang, Momentum – April Mop sudah tidak asing di telinga kita. Prank sudah menjadi rutinitas para youtuber yang kontennya kerap muncul di beranda youtube anak muda. Dari prank kecil yang mengundang gelak tawa hingga prank berbahaya yang mendapat kecaman dari warganet. Tak terkecuali, BBC pun turut membuat prank yang menghebohkan Britania Raya di kala itu.

Kebohongan media paling terkenal pada abad ke-20 itu disebut spaghetti-tree hoax atau tipuan pohon spaghetti. Suatu segmen berdurasi dua setengah menit ini disisipkan di akhir acara berita yang disiarkan di program acara ‘Panorama’ milik BBC tanggal 1 April 1957. Sang presenter dengan lihai menjelaskan tentang pertanian di Swiss yang menumbuhkan spaghetti di pohonnya. Para petani memanen spaghetti yang lembek itu untuk dijemur di bawah terik matahari pegunungan Alpen hingga mengeras. Pohon itu merupakan pencapaian para petani dari percobaan generasi ke generasi. Spaghetti yang tumbuh memiliki panjang yang sama, dan musim semi tahun ini merupakan panen besar. Mereka juga mengatakan jika hama pohon spaghetti telah menghilang.

Ratusan orang percaya jika pohon spaghetti itu asli, termasuk staff BBC. Salah satunya Direktur Jenderal BBC Sir Ian Jacob, ia dan istrinya sampai mencari di Ensiklopedia Britania hanya untuk memastikan jika hal itu tidak benar adanya. Banyak telepon berdatangan setelah segmen itu berakhir. Beberapa menanyakan tentang kebenaranya, tetapi kebanyakan dari mereka ingin tahu bagaimana cara menumbuhkan pohon spaghetti sendiri. Awalnya BBC tidak mengatakan jika itu kebohongan semata.

“Letakkan spaghetti di kaleng saus tomat dan berharaplah,” ujar pihak BBC. Entah berapa banyak orang yang sudah mencoba hal tidak masuk akal itu.

Pada tahun 1950-an, spaghetti kebanyakan dijual di dalam kaleng beserta saus tomat dan kebanyakan orang tidak tahu banyak tentang asal-usul pembuatan spaghetti. Itulah mengapa masyarakat sangat mudah tertipu, walaupun pada akhirnya BBC mengakui jika itu hanyalah sebuah lelucon di bulan April.

Ide April Mop ini dilontarkan oleh juru kamera, Charles de Jaeger. Ia teringat saat masih sekolah ada seorang guru yang berteriak di kelasnya, “Kalian sangat bodoh, bahkan kalian akan mempercayaiku jika aku memberitahu bahwa spaghetti tumbuh dari pohon.” Kebetulan, April Mop 1957 jatuh pada hari Senin, tepat hari dimana Panorama ditayangkan. Ia berpikir jika ia bisa melakukan beberapa syuting saat mengerjakan tugas lain di Swiss, dan editor Panorama, Michael Peacock pun menyetujuinya.

Jaeger mengambil lokasi syuting di sebuah hotel di pesisir Danau Lugano. Jaeger membeli 20 pound spaghetti dan menggantungnya pada cabang-cabang pohon di sekitar danau untuk membuatnya tampak seperti pohon spaghetti. Jaeger juga mempekerjakan beberapa warga lokal untuk mengenakan pakaian adat Swiss dan berakting sedang memanen spaghetti dari pohonnya.

Peacock tidak memberi tahu atasannya di BBC jika segmen April Mop ini akan mengudara, agar mereka tetap tidak tahu. Terbukti dengan kebingungan dari Sir Ian Jacob dan istrinya. Tipuan ini mengajarkan kita jika kita tidak mudah percaya semua yang kita lihat, sikapilah dengan sikap kritis agar tidak mudah jatuh dalam perangkap. Berhati-hatilah dengan apa yang didengar, dilihat, dan yang diucap.

Penulis : Veve

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

PRIHATIN KARENA KURANGNYA EDUKASI KESELAMATAN, MAHASISWA UNDIP SOSIALISASIKAN PENTINGNYA MENGETAHUI KESELAMATAN SAAT BERADA DI KAPAL DAN TEMPAT KERJA

adminFebruary 15, 2021

Mahasiswa KKN UNDIP Penuh Ide! Sulap Sampah Plastik Jadi Alternatif Batu Bata

adminFebruary 14, 2021

COVID-19 Masih Melonjak, Mahasiswa KKN UNDIP Gencarkan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Touchless Otomatis

adminFebruary 14, 2021

Mahasiswa KKN Undip : Masterplan “Kawasan Tangguh Covid-19” sebagai Arahan Pembangunan Infrastruktur di Tengah Pandemi

adminFebruary 14, 2021

Tanpa Modal, Mahasiswa KKN Undip Buatkan WebGIS Rute Rumah Sakit Rujukan COVID-19 Untuk Kelurahan Kramas

adminFebruary 12, 2021

Taman Permata Tembalang – Rekomendasi Desain Ruang Terbuka Publik untuk Mewadahi Aktivitas Fisik Masyarakat RW 5 Kelurahan Kramas

adminFebruary 11, 2021