Coretan Teknik

Kabar Subsidi Kuota Undip setelah Bantuan Kuota Kemdikbud Turun

Kabar Subsidi Kuota Undip setelah Bantuan Kuota Kemdikbud Turun
sumber: kuota-belajar.kemdikbud.go.id

Semarang, Momentum – Bantuan kuota data internet dari Kemdikbud secara berangsur-angsur diterima oleh pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen pada bulan September lalu. Sebagian mahasiswa telah menerima bantuan kuota internet ini, sebagian lainnya masih menunggu kuota tersebut diberikan. Endah Tri W., selaku Ketua Bidang Kesma BEM Undip 2020, menuturkan bahwa masih banyak mahasiswa yang mengeluh belum mendapat bantuan kuota ini. Bidang Kesma BEM Undip berusaha menampung semua aspirasi mahasiswa tersebut dan menjadwalkan pertemuan dengan pihak rektorat untuk membahas hal ini.

Mulai turunnya bantuan kuota data internet dari Kemdikbud, menjadi tanda tanya bagi para mahasiswa. Apakah subsidi kuota dari pihak Undip akan tetap diberikan? Endah memberi jawaban, bahwa distribusi bantuan kuota Kemdikbud sebenarnya mengacu pada Surat Edaran Kemdikbud poin ke-3. Surat edaran tersebut menyatakan bahwa  universitas yang sebelumnya telah memberikan subsidi kuota pada mahasiswa, agar mengalihkan anggaran subsidi kuota pada bantuan lain agar tidak terjadi duplikasi. “Undip sendiri nantinya akan meniadakan bantuan kuota tersebut, namun kami masih belum mengetahui anggarannya akan dialihkan untuk apa, kami juga sedang menunggu klarifikasi dari pihak rektorat mengenai hal tersebut” kata Endah. Maka dapat dipastikan bahwa jika bantuan kuota Kemdikbud turun, maka Undip akan mengalihkan subsidi kuota untuk keperluan lain.

Lantas bagaimana dengan subsidi kuota dari Undip yang seharusnya masih diterima mahasiswa pada bulan Juli dan Agustus? Ketua Bidang Kesma BEM Undip 2020 menyatakan bahwa kuota akan tetap diberikan kepada mahasiswa, namun perlu menunggu pembaharuan surat keterangan terkait pengadaan kuota internet kepada mahasiswa. Endah selaku Ketua Bidang Kesma BEM Undip tahun ini berharap subsidi kuota Undip dialihkan anggarannya untuk mahasiswa yang kesulitan belajar dari rumah secara daring, mahasiswa yang terjebak di Semarang dari awal pandemi hingga saat ini, atau memberi bantuan sembako dan uang pada mahasiswa yang membutuhkan, layaknya gerakan “Undip Peduli”. Jadi mahasiswa bisa merasa nyaman menikmati fasilitas atau bantuan lain yang diberikan oleh pihak universitas.

Adanya kuota Kemdikbud, menjadi harapan baru bagi mahasiswa untuk mendapat subsidi kuota dengan kuantitas yang lebih baik. Mahasiswa berharap dan amat mengapresiasi Kemdikbud bila bantuan kuota internet penyalurannya lebih tepat waktu dan konsisten, agar proses pembelajaran dan perkuliahan berlangsung lancar.

Penulis : Manda dan Tirta

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

PRIHATIN KARENA KURANGNYA EDUKASI KESELAMATAN, MAHASISWA UNDIP SOSIALISASIKAN PENTINGNYA MENGETAHUI KESELAMATAN SAAT BERADA DI KAPAL DAN TEMPAT KERJA

adminFebruary 15, 2021

Mahasiswa KKN UNDIP Penuh Ide! Sulap Sampah Plastik Jadi Alternatif Batu Bata

adminFebruary 14, 2021

COVID-19 Masih Melonjak, Mahasiswa KKN UNDIP Gencarkan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Touchless Otomatis

adminFebruary 14, 2021

Mahasiswa KKN Undip : Masterplan “Kawasan Tangguh Covid-19” sebagai Arahan Pembangunan Infrastruktur di Tengah Pandemi

adminFebruary 14, 2021

Tanpa Modal, Mahasiswa KKN Undip Buatkan WebGIS Rute Rumah Sakit Rujukan COVID-19 Untuk Kelurahan Kramas

adminFebruary 12, 2021

Taman Permata Tembalang – Rekomendasi Desain Ruang Terbuka Publik untuk Mewadahi Aktivitas Fisik Masyarakat RW 5 Kelurahan Kramas

adminFebruary 11, 2021