Isu

Konsorsium Merdeka Belajar, Implementasi Kampus Merdeka

Konsorsium Merdeka Belajar, Implementasi Kampus Merdeka
Sumber : Freepik

            Semarang, Momentum – Program Konsorsium Merdeka Belajar (KMB) tiga Perguruan Tinggi yang dijalin oleh Unpad, Undip, dan Unhas akan segera berlangsung masa perkuliahannya. Kegiatan ini sendiri diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan, jaringan, softskill, dan hardskill mahasiswa. Program ini merupakan salah satu bentuk implementasi kebijakan Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

Dalam program ini, mahasiswa diperkenankan untuk belajar mata kuliah di luar program studinya. Sistem pembelajaran KMB ini diagendakan akan berjalan selama kurang lebih dua bulan tanpa ada penilaian, tetapi peserta akan mendapatkan sertifikat partisipasi program.

            Banyak mahasiswa yang antusias menyambut adanya Program KMB. Salah satunya adalah Salsabila Mustopa, mahasiswi jurusan Teknik Geodesi angkatan 2020. Di program ini, Salsa mengambil mata kuliah Sedimentasi di Unpad, dan Hukum di Unhas.  

            “Kebetulan materi itu ada di Teknik Geodesi, jadi lumayan ada referensi lain buat belajar. Terus saya ambil prodi hukum di Unhas, mata kuliah Hukum dan HAM, kalo yang ini memang saya tertarik aja buat nambah ilmu,” tutur Salsa.

Salsa pun mengetahui adanya Program KMB ini mulanya dari akun Instagram @teknikundip. Lalu secara tidak sengaja pula, banyak teman-temannya yang membicarakan hal tersebut sehingga membuat ia mantap untuk mengikuti kegiatan tersebut. Menurutnya, dengan mengikuti Program KMB ini ia mampu mendapatkan apa yang tidak ia dapatkan di bangku perkuliahannya saat ini.

“Menurut saya KMB lumayan banyak manfaatnya. Seperti nambah softskill ataupun hardskill dari mahasiswanya sendiri. Lumayan nambah ilmu dari prodi lain juga, kan bebas tuh ya ngambil matkul apapun,” imbuhnya.

Salsa berharap bahwa Program KMB ini diperluas jaringannya sehingga tidak hanya di lingkup tiga perguruan tinggi saja, sehingga kesempatan mahasiswa untuk belajar hal baru juga semakin luas.

Penulis : Gunawan dan Siska

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isu

More in Isu

Rentetan Polemik Pemegang Mandat Ketua BEM UNDIP 2021

adminFebruary 15, 2021

Babak Baru Panggung Pemira FT 2020

adminDecember 20, 2020

Keberjalanan Program Merdeka Belajar di Undip

adminDecember 4, 2020

Akses SSO diblokir?

adminNovember 25, 2020

Sebuah Kritik Orde (Paling) Baru dari BEM FH Undip

adminNovember 25, 2020

Penangguhan Penahanan Mahasiswa Undip Pasca Demo Omnibus Law

adminNovember 16, 2020