Prestasi

Prestasi Mahasiswa Teknik Industri dalam Inovasi Produk Ergonomi

Prestasi Mahasiswa Teknik Industri dalam Inovasi Produk Ergonomi

Semarang, Momentum – Tim Industriale yang beranggotakan Mikael Kristian Sinaga, Salsa Bila Dian Islami, dan Aulia Nisanti dari Teknik Industri Universitas Diponegoro, beberapa waktu lalu berhasil menorehkan prestasi sebagai pemenang dalam perlombaan Indtention (Industrial Engineering Event of Innovation) tahun 2020 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Universitas Ageng Tirtayasa. Tema yang diangkat dalam perlombaan ini adalah Ergonomi dan K3: Inovasi K3 dalam Lingkungan Kerja.

Tim Industriale berhasil menang lewat inovasi produk yang diberi nama “Tabler”. Tabler adalah meja kerja ergonomis yang diperuntukkan bagi teller bank hasil desain ulang meja dengan menyesuaikan antropometri tubuh manusia dengan mempertimbangkan konsep 5S serta memiliki banyak ruang penyimpanan. Salsa Bila menjelaskan bahwa tim nya mengangkat produk inovasi tersebut karena mereka sangat tertarik dengan hal tersebut. Selain itu, Salsa sendiri pernah menulis paper terkait teller, sehingga sudah merasa dekat dengan tema inovasi produk untuk teller bank.

Tim ini terbentuk berawal dari keinginan mereka untuk mengikuti perlombaan sebagai bagian dari kegiatan sebagai Asisten Laboratorium RSKE (Rekayasa Sistem Kerja dan Ergonomi) dan OPSI (Optimasi dan Perencanaan Sistem Industri) Undip. Mikael, Salsa, dan Aulia mengetahui informasi perlombaan dari Official Account HMTI Undip.

Dari sekian banyak peserta lomba dari berbagai universitas, juri memilih Tim Industriale sebagai juara pertama mengalahkan Tim Intion dari Universitas Brawijaya dan Tim Kaizen dari Universitas Serang Jaya. Perjuangan mereka dalam mengikuti lomba ini tentu tak main- main, mereka harus mengorbankan waktunya untuk melakukan kegiatan lain dan tetap fokus pada karya yang digarapnya. Namun, hal itu tak menjadi masalah karena dengan itu mereka menjadi lebih paham dengan tema yang dibahas melalui tahapan research.

Mereka menyarankan kepada mahasiswa lain yang mengikuti perlombaan supaya tetap semangat dan fokus mengerjakan karyanya. Menang dapat bonus penghargaan, kalah pun tak masalah, karena setidaknya sudah memiliki pengalaman dan tentunya banyak kenalan baru dalam perlombaan.

Penulis : Tirta dan Fadillah

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prestasi

More in Prestasi

Mengulik Tips menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Undip

adminApril 28, 2021

Mengintip Keseruan Pilmapres Undip 2021

adminApril 25, 2021

Berpertasi dan Mengabdi Kepada Masyarakat:Mitigasi dengan Virtual Reality

adminNovember 25, 2020

Undip Berlaga di PIMNAS 33

adminNovember 13, 2020

Si Emas dari Bali

adminOctober 23, 2020

Mengukir Prestasi Lewat Karya Tulis

adminOctober 9, 2020