Prestasi

Undip Berlaga di PIMNAS 33

Undip Berlaga di PIMNAS 33
(Sumber gambar: kreativitas.ugm.ac.id)

Semarang, Momentum− Pada hari Kamis (29/10) melalui laman resmi Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi mengumumkan daftar judul yang lolos untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33 Tahun 2020. Dengan 31 Tim PKM-nya, Universitas Diponegoro berhasil menduduki peringkat lima besar perguruan tinggi yang lolos PIMNAS 33.

PIMNAS ke-33 yang akan dilaksanakan pada 24-29 November 2020 merupakan ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi berkerjasama dengan Universitas Gajah Mada. Dikarenakan situasi saat ini masih pandemi COVID-19 maka acara PIMNAS ke-33 ini akan dilaksanakan secara daring. Walaupun situasi masih pandemi, berbagai persiapan telah dilaksanakan oleh tim PKM Undip, baik dari mahasiswa maupun dari dosen.

“Aktivitas kegiatan pembinaan kontingen Undip ke PIMNAS 33 dilakukan secara online menggunakan berbagai platform. Kegiatan pembinaan secara online ini telah dilakukan semenjak tim PKM dinyatakan mendapatkan pendanaan, dengan mendapatkan pendampingan dan pemantauan kemajuan pelaksanaan hingga saat ini ketika tim menyiapkan diri berlaga di ajang PIMNAS,” ucap Susatyo selaku koordinator PKM Undip saat diwawancarai melalui WhatApps pada Senin (10/11).

Persiapan yang dilakukan oleh tim PKM UNDIP di PIMNAS mendatang disesuaikan dengan addendum PKM 2020 yang mengatur transformasi kegiatan PKM pada masa pandemi, yang semula luring (physical based product) yaitu pertemuan secara langsung, menjadi sepenuhnya daring (digital based product).

Sejak dinyatakan lolos pendanaan hingga proses Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2), tim PKM UNDIP telah mampu beradaptasi dengan sangat baik terhadap perubahan dan transformasi PKM di era pandemi. Sehingga kontingen UNDIP di PIMNAS 33 ini telah sepenuhnya terbiasa dengan kegiatan dan perlombaan secara online. Susatyo menambahkan bahwa kegiatan kontingen Undip ke PIMNAS 33 tetap fokus pada pembekalan substansi ilmiah, kemampuan presentasi, diskusi, dan tanya jawab.

Berbagai bentuk dukungan pun telah diberikan pihak Undip kepada tim yang menjadi kontingen PIMNAS ke-33 Undip. Seperti halnya yang dikatakan oleh Susatyo, bahwa Undip selalu menyiapkan diri setiap tahunnya pada ajang PIMNAS, memberikan pembinaan dan pendampingan yang intens dalam penyusunan luaran PKM seperti laporan akhir, artikel ilmiah narrative review, video pelaksanaan dan poster serta latihan presentasi yang komprehensif. Bagi mahasiswa yang tim PKM-nya tidak lolos PIMNAS pun mendapatkan rekognisi pembelajaran diluar program studi, sesuai program Merdeka Belajar dalam Kampus Merdeka.

PKM Universitas Diponegoro terus meningkat pada tiga tahun terakhir ini. Seperti peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan, kuantitas dan kualitas tim PKM Undip lolos pendanaan dan lolos PIMNAS yang terus membaik, dan capaian medali PIMNAS yang meraih peringkat 3 nasional.

Susatyo berharap di PIMNAS 33 ini tim PKM Undip dapat menunjukkan kemampuan yang semakin kompetitif, dan berjuang dengan kemampuan terbaik untuk meraih prestasi setinggi-tingginya. (Momentum/Rara dan Tiur)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prestasi

More in Prestasi

Mengulik Tips menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Undip

adminApril 28, 2021

Mengintip Keseruan Pilmapres Undip 2021

adminApril 25, 2021

Berpertasi dan Mengabdi Kepada Masyarakat:Mitigasi dengan Virtual Reality

adminNovember 25, 2020

Prestasi Mahasiswa Teknik Industri dalam Inovasi Produk Ergonomi

adminNovember 25, 2020

Si Emas dari Bali

adminOctober 23, 2020

Mengukir Prestasi Lewat Karya Tulis

adminOctober 9, 2020