pemiraft

Dua Paslon Kembali Beradu Gagasan dalam Debat Terbuka 2

Dua Paslon Kembali Beradu Gagasan dalam Debat Terbuka 2

Semarang,Momentum – KPR FT Undip kembali mengadakan debat terbuka  untuk paslon Ketua dan Wakil Ketua BEM FT periode 2021. Debat Tebuka ke-dua ini diadakan pada Sabtu (19/12) melalui platfrom Zoom yang dimulai pukul [19.30] WIB dan berakhir pada pukul [21.30] WIB. Dalam debat terbuka kali ini, tema yang diusung adalah “Kesejahteraan dalam Satu Tekad Teknik Jaya” dengan dua orang panelis, yaitu Wahyu Fajar Gemilang selaku Koordinator Bidang Komunikasi dan Relasi Sosial BEM FT Undip 2020 dan Rais Ali Istiqobul selaku Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro. Acara dimulai dengan sambutan Wakil  Ketua KPR FT 2020, Muhammad Farid dan dilanjutkan dengan perkenalan singkat masing-masing paslon. Kemudian panelis 1 dan 2 memberi pertanyaan yang akan ditanggapi oleh kedua paslon selama 50 menit.

Sesi pertanyaan oleh panelis 1 yaitu spesifik untuk masing-masing paslon. Pertanyaan untuk paslon satu yaitu dari visi paslon satu, seberapa urgent roda pergerakan adaktif dan aspiratif yang dibawa. Paslon satu memberikan jawaban bahwa dalam keberjalanan BEM FT 2020 yang dirasakan yaitu belum sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan dari mahasiswa Fakultas Teknik. Contohnya adalah situasi pandemi ini yang membuat keberjalanan organisasi terkendala. Harapannya, BEM FT tahun 2021 yang dibawa oleh paslon satu adalah BEM FT yang berlandaskan kebutuhan-kebutuhan dari mahasiswa teknik serta dapat mengambil langkah-langkah preventif terkait bencana-bencana apa yang dihadapi dalam keberjalanan BEM FT kedepannya. 

Sementara itu pertanyaan untuk paslon dua dari panelis satu adalah dari visi yang dibawa paslon dua, seberapa yakin paslon bahwa himpunan-himpunan ini mau diintegrasikan ataupun bisa atau siap untuk diintegrasikan. Paslon dua menjawab mereka yakin 100% bahwa himpunan-himpunan ini bisa diintegrasikan. Mengenai teknis untuk intregasi web, paslon dua akan mendampingi dan membantu himpunan-himpunan dalam penggunaan webnya. Mereka akan bekerja sama dengan sumber daya yang ada di Fakultas Teknik dalam rangka pengembangan web di himpunan-himpunan.

Pertanyaan lain dari panelis satu yaitu mengenai langkah pencegahan pembekuan himpunan mahasiswa departemen di Fakultas Teknik. Pada intinya kedua paslon menjawab agar pembekuan ini tidak terjadi lagi yaitu dengan mengimplementasikan, mensosialisasikan, dan pencerdasan akan Grand Desain Kaderisasi (GDK) yang sudah dibentuk pada tahun 2019 lalu.

Sementara itu, panelis 2, Rais Ali bertanya seputar fungsi humas yang dinilai mulai hilang. Paslon 1 menanggapi hal tersebut dengan berencana mengubah Bidang Humas menjadi Unit Humas, dimana humas menjadi perpanjangan tangan tiap bidang terkait dengan relasi. Untuk Paslon 2, mereka berencana untuk memaksimalkan fungsi humas yang terkait dengan relasi, dengan mengadakan database relasi dan mempublikasikannya. Rais kemudian menanggapinya dengan mengingatkan apakah database yang diberikan nantinya benar-benar dibutuhkan tiap departemen atau tidak.

Selanjutnya, Rais menyinggung tentang api teknik dan bagaimana cara meningkatkan keresahan bersama diwarga teknik karena, selama ini propaganda, infografis, dan sebagainya dirasa belum mampu meningkatkan keresahan bersama. Paslon 1 akan meningkatkan keresahan bersama dengan memberdayakan teknik rumah kita, sementara paslon 2 akan mengadakan door to door ke jurusan apabila diperlukan. Rais kemudian berharap bahwa ucapan dari tiap-tiap paslon benar-benar akan dilaksanakan, jangan sampai nantinya ucapan tersebut hanya menjadi omong kosong.

Penulis : Tiur dan Gunawan

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pemiraft

More in pemiraft

Hasil Survei Popularitas dan Elektabilitas Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM FT Periode 2021

adminDecember 21, 2020

KAMPANYE DI TEKNIK KOMPUTER: WARGA TEKNIK KOMPUTER KHAWATIR PROGRAM TERLALU BANYAK

adminDecember 21, 2020

KAMPANYE DI TEKNIK GEODESI: KEDUA PASLON DIBERONDONG BERMACAM PERTANYAAN

adminDecember 19, 2020

KAMPANYE DI TEKNIK ELEKTRO: NUANSA IKLIM RISET YANG DIBAWA OLEH PARA PASLON

adminDecember 19, 2020

Kampanye Pemira FT di Teknik Perkapalan

adminDecember 19, 2020

Kampanye di Arsitektur: Jawaban Kompak Kedua Paslon untuk Arsitektur

adminDecember 15, 2020