pemiraft

Kampanye Calon Ketua Dan Calon Wakil Ketua BEM FT 2021 Di Teknik PWK

Kampanye Calon Ketua Dan Calon Wakil Ketua BEM FT 2021 Di Teknik PWK
Sumber: Dokumen Penulis

Semarang, Momentum – Jumat (4/12/2020), telah berlangsung kampanye calon ketua dan calon wakil ketua BEM FT 2021 di Departemen Perencanaan Wilayah & Kota (PWK) melalui Microsoft Teams Team. Kampanye dibuka dengan doa yang dipandu oleh moderator sekitar pukul 19.30 yang dilanjutkan dengan pemaparan Grand Design Organization dari pasangan calon ketua dan wakil ketua BEM FT 2021 paslon nomor urut satu yaitu Bagas Rama Dhanureski (Calon Ketua) dan Rizki Madani (Calon Wakil Ketua), serta paslon nomor urut dua Muhammad Abdullah Anas Al-Masyhudi (Calon Ketua) dan Erwinda Yuliyanti (Calon Wakil Ketua). Acara pun dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta pada malam itu.

Pertanyaan seputar motivasi kedua paslon untuk memimpin BEM FT dilontarkan oleh Mufti Muttaqi sebagai pembuka sesi tanya-jawab kampanye kali ini. Inti jawaban kedua paslon pun hampir sama, mereka menjawab tentang adanya permasalahan yang timbul di ranah FT yang harus dicari solusinya.

Selain itu terdapat pertanyaan menarik dari Naily Syafira, yaitu rencana kedua paslon tentang pemberdayaan perempuan di FT. Paslon 1 mencetuskan untuk mementuk wadah aduan isu agar tidak adanya diskriminasi posisi perempuan di BEM FT. Sedangkan paslon 2 adanya layanan hotmail jika dirasa ada keresahan terkait dengan diskriminasi perempuan.

Salah satu mahasiswa PWK yaitu Crismon Alfajri pun turut mengutarakan pertanyaan dan pendapatnya. Ia memberi nasehat agar kedua paslon menambah literasi materi panduan LMMTM setelah bertanya kepada keduanya tentang hakikat organisasi. Ia tidak ingin kedua paslon tidak paham arti dari organisasi itu sendiri.

Pertanyaan terakhir yang sekaligus menutup sesi tanya-jawab pada kampanye tersebut diajukan oleh Crismon. Ia bertanya kepada kedua paslon apabila mereka mendapatkan jabatan ketua dan wakil ketua BEM FT, mereka ingin bergerak dari empati-intelektualitas atau intelektualitas-empati. Kedua paslon memiliki jawaban yang sama, yaitu dari empati-intelektualitas. Crismon kemudian memberi saran bahwa lebih baik mereka mendahulukan empati karena banyak ketua ormawa krisis empati yang mengakibatkan kebijakan yang diambilnya bukan berdasarkan suara mahasiswa FT. Jika sudah menggunakan empati di dalamnya ia menyarankan untuk bersikap adil, jangan mengutamakan salah satu kepentingan saja.

“Aku ingin kalian banyak membaca jangan banyak ngomong saja, karena banyak ketua ormawa yg minim literasi tapi terpilih. Karena kalo kalian jadi ketua ormawa, kualitas tak terlalu diperhatikan tapi kuantitas yang menjadi nilai utama. Krisis inilah yang aku lihat di FT, dikit baca banyak omong.” tambah Crismon.

Usai kampanye, Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Planologi (HMTP), Mufti Muttaqi memberikan pandangannya terkait kedua paslon. Menurutnya, keduanya punya tujuan yang baik, namun caranya berbeda. Menurut Mufti, paslon 1 lebih ke arah internal untuk menghasilkan sinergitas , dan paslon 2 lebih ke arah eksternal bersamaan dengan internal dengan pergerakan beberapa bidang.

“Kalau dilihat, kan, ini baru GDO yang artinya baru program unggulan. Keduanya masih bisa dikembangkan, apalagi nanti setelah dapat insight dari 12 departemen pasti akan jadi lebih baik,” ujar Mufti.

Mufti berpesan pada kedua paslon agar ‘mengosongkan gelas’ saat sedang berbicara dengan orang lain. Hal ini dikarenakan kritik dan saran sangat diperlukan untuk menghasilkan analisis yang tajam, yang bisa membuat FT jadi lebih baik nantinya. (Momentum/ Veve, Fadel, dan Gunawan)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pemiraft

More in pemiraft

Hasil Survei Popularitas dan Elektabilitas Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM FT Periode 2021

adminDecember 21, 2020

KAMPANYE DI TEKNIK KOMPUTER: WARGA TEKNIK KOMPUTER KHAWATIR PROGRAM TERLALU BANYAK

adminDecember 21, 2020

Dua Paslon Kembali Beradu Gagasan dalam Debat Terbuka 2

adminDecember 21, 2020

KAMPANYE DI TEKNIK GEODESI: KEDUA PASLON DIBERONDONG BERMACAM PERTANYAAN

adminDecember 19, 2020

KAMPANYE DI TEKNIK ELEKTRO: NUANSA IKLIM RISET YANG DIBAWA OLEH PARA PASLON

adminDecember 19, 2020

Kampanye Pemira FT di Teknik Perkapalan

adminDecember 19, 2020