pemiraft

KAMPANYE DI TEKNIK ELEKTRO: NUANSA IKLIM RISET YANG DIBAWA OLEH PARA PASLON

KAMPANYE DI TEKNIK ELEKTRO: NUANSA IKLIM RISET YANG DIBAWA OLEH PARA PASLON

Semarang, Momentum – Sabtu (16/12) telah berlangsung kampanye pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua BEM FT di Teknik Elektro melalui Microsoft Teams. Kampanye ini dihadiri oleh Bagas Rama Dhanureski dan Rizki Madani sebagai Paslon nomor urut 1, Muhammad Abdullah Anas Al Masyudi dan Erwinda Yuliyanti sebagai Paslon nomor urut 2, Ketua KPR dan juga Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro, Ivan Kurniawan, serta warga Teknik Elektro.

Kampanye dibuka dengan para Paslon menyanyikan Mars Teknik Elektro yang kemudian dilanjut dengan pemaparan visi misi serta program kerja masing-masing. Selanjutnya sesi tanya jawab dengan para Paslon.

“Mengapa iklim riset tidak berada di program unggulan masing – masing calon?”, ujar Vinsensius Hans Prasetya, selaku peserta kampanye.

Paslon 1 mengatakan bahwa secara program kerja Ristek sudah banyak dan secara masih relevan juga terkait dengan iklim keristekan di Fakultas Teknik (FT). Ranah pengembangan riset sendiri nantinya akan mendorong FST dan terkait keberjalannya di bidang ristek sendiri nantinya lebih banyak di bidang administratif dan bentuk apresiasi.

Sedangkan Paslon 2 mengatakan program-program di bidang ristek ini sudah cukup bagus sehingga yang dilakukan hanya optimalisasi. Seperti mengoptimalisasi E-Ristek sehingga nantinya lebih dikenal mahasiswa FT. Lalu pengoptimalan Elite (Klub Bahasa Inggris Teknik) dengan lebih mengenalkan ke himpunan yang belum memiliki klub bahasa inggris, untuk himpunan yang sudah ada pengoptimalannya berupa kolaborasi di event untuk menunjang skill bahasa inggris, serta nantinya BEM FT akan membantu menginventarisasi kendala pengajuan dana

Selain itu, Fadli Muhammad Fadly Yudhistira Taufik menanyakan mengenai arah fokus SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) kedua Paslon. Paslon 1 menerangkan terkait SKPI ranah fokus Paslon yaitu mengawal dan mengadvokasikan terkait SKPI ke dekanat serta menyelaraskan SKPI yang dibuat BEM FT dengan pihak dekanat. Akan dilakukan pencerdasan dan pengawalan secara menyeluruh terkait SKPI. Sedangkan Paslon 2 menjelaskan nantinya SKPI dapat diakses melalui website dan pihak BEM FT akan mempercepat advokasi kepada Dekanat FT supaya di tahun 2021 sudah matang sistemnya. Harapannya kegiatan mahasiswa seperti kepanitiaan, ikut organisasi atau seminar dapat bernilai dan dapat tercantum di SKPI. Nanti setelah adanya advokasi dari BEM FT dengan pihak dekanat, kemudian akan ada sosialiasi ke departemen di FT.

Menurut Ivan Kurniawan, ide gagasan yang dituturkan oleh kedua Paslon sudah cukup membawa mimpi FT. Namun mereka belum melakukan pengkajian data lebih dalam sehingga banyak celah yang bisa diserang dan mereka belum mengetahui kondisi lapangan yang ada. Mereka belum berpacu pada Renstra LMFT (Rencana Strategis Lembaga Mahasiswa Fakultas Teknik) sepenuhnya tetapi hanya mengambil beberapa poin-poin yang seharusnya hal itu merupakan masa keberjalanannya.

Ivan mengatakan jika Paslon 2 lebih mengerti permasalahan di FT secara luas, walaupun begitu Paslon 2 kurang mengkaji mengenai solusi untuk permasalahan tersebut sehingga kurang dalam memahami permasalahan itu. Sedangkan, Paslon 1 kurang paham apa saja permasalahan yang ada layaknya Paslon 2, namun Paslon 1 lebih mengerti apa saja solusi yang solutif untuk permasalahan yang telah mereka ketahui sehingga mereka lebih memiliki pengertian mendalam mengenai permasalahan yang mereka ketahui.

“Kedua Paslon memiliki masalah sama perihal pengangkatan isu riset yang kurang dalam yang itu sendiri menjadi konsen dari mahasiswa elektro,” tambah Ivan.

Penulis : Lia dan Veve

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pemiraft

More in pemiraft

Hasil Survei Popularitas dan Elektabilitas Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM FT Periode 2021

adminDecember 21, 2020

KAMPANYE DI TEKNIK KOMPUTER: WARGA TEKNIK KOMPUTER KHAWATIR PROGRAM TERLALU BANYAK

adminDecember 21, 2020

Dua Paslon Kembali Beradu Gagasan dalam Debat Terbuka 2

adminDecember 21, 2020

KAMPANYE DI TEKNIK GEODESI: KEDUA PASLON DIBERONDONG BERMACAM PERTANYAAN

adminDecember 19, 2020

Kampanye Pemira FT di Teknik Perkapalan

adminDecember 19, 2020

Kampanye di Arsitektur: Jawaban Kompak Kedua Paslon untuk Arsitektur

adminDecember 15, 2020