pemiraft

Kampanye di Teknik Lingkungan : Kedua Paslon Gagas Kawal Isu Lingkungan

Kampanye di Teknik Lingkungan : Kedua Paslon Gagas Kawal Isu Lingkungan

Semarang, Momentum – Sabtu (12/12) telah berlangsung kampanye pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua BEM FT di Teknik Lingkungan melalui Microsoft Teams. Kampanye ini dihadiri oleh Bagas Rama Dhanureski dan Rizki Madani sebagai Paslon nomor urut 1, Muhammad Abdullah Anas Al Masyudi dan Erwinda Yuliyanti sebagai Paslon nomor urut 2, anggota KPR dan juga Ketua Himpunan Teknik Lingkungan (HMTL) serta warga Teknik Lingkungan.

Muhammad Asyraf Sidqi Anandityo menanyakan mengenai iklim, keresahan, dan potensi pada Teknik Lingkungan (TL) yang bisa dikembangkan di FT. Paslon 1 mengatakan iklim di TL bersifat cinta lingkungan yang merupakan iklim yang penting di lingkup FT dan potensi yang dapat diberikan kedepannya yaitu dari pemberdayaan terhadap hari-hari besar kebumian yang dapat dimanfaatkan untuk menjalin kolaborasi demi kepentingan FT. Contohnya BEM FT bisa menjalin kerjasama dengan TL terkait pemberdayaan sampah di FT.

Paslon 2 menuturkan TL memiliki potensi atau iklim yang beragam, pada akademis sudah dibuktikan dengan pelatihan proker yang penerapaannya mencakup semua matkul TL. Harapannya mahasiswa TL yang akademisi ini dapat menjadi inisiator gerakan peduli lingkungan yang bisa diterapkan di FT. Harapan lainnya terkait mahasiswa TL yang aktif berorganisasi, mereka mampu mengimplementasikan ilmunya sebagai proses pengembangan organisasi yang ada di BEM FT maupun HMTL. Lalu dari iklim kewirausahaan ada banyak mahasiswa TL yang berwirausaha dapat menjadi public figure yang dapat memicu iklim berwirausaha di FT.

Selain itu, Matthew Darmawan menanyakan mengenai langkah konkrit dalam mendukung faktor lingkungan atau mendukung pelestarian lingkungan. Paslon 2 mencetuskan adanya campaign-campign mengenai isu lingkungan yang memaksimalkan media sosial dan mengurangi penggunaan botol plastik yang diganti dengan menggunakan botol tumbler selama nantinya ada proker offline. Selain itu, juga mencetuskan akan mengawal isu lingkungan yang saat ini sedang ramai diperbincangkan yakni Omnibus Law dengan membuat kajian secara komprehensif mengenai aspek lingkungan. Sedangkan Paslon 1 menjabarkan bahwa upaya mendukung pelestarian lingkungan akan memaksimalkan paperless sejak proses open recruitment BEM nantinya dan menggencarkan campaign mengenai isu lingkungan melalui media seperti di website.

Matthew juga menambahkan bahwa selain memberi pelayanan untuk mahasiswa FT dan menjalankan program yang diajukan, kedua paslon dapat berpartisipasi aktif dalam aspek lingkungan. Walaupun dengan langkah kecil namun nantinya dapat berdampak besar bagi lingkungan.

Menurut R. Nanda Samsuseno, selaku Kahim HMTL, kedua paslon memiliki gagasan dan ide yang sangat visioner, komprehensif dan adaptif untuk diterapkan kedepannya, terlebih dengan berbagai tantangan yang akan dihadapi seperti pandemik maupun kebijakan kampus merdeka belajar. Menurutnya kedua paslon memiliki cara pandang yang berbeda dalam mengatasi berbagai masalah saat ini. Hal tersebut tergambarkan dari program kerja unggulan yang ditawarkan. Paslon 1 mungkin lebih konsen dalam membenahi internalisasinya, dan Paslon 2 mungkin lebih konsen dengan menyajikan inovasi-inovasi yang baru.

“Namun siapapun nantinya yang terpilih menjadi ketua dan wakil ketua BEM FT Undip tahun 2021, saya harap mereka dapat menepati segala gagasan idenya untuk memberikan kebermanfaatan bagi Fakultas Teknik,” tambah Nanda.

Penulis : Veve dan Lia

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pemiraft

More in pemiraft

Hasil Survei Popularitas dan Elektabilitas Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM FT Periode 2021

adminDecember 21, 2020

KAMPANYE DI TEKNIK KOMPUTER: WARGA TEKNIK KOMPUTER KHAWATIR PROGRAM TERLALU BANYAK

adminDecember 21, 2020

Dua Paslon Kembali Beradu Gagasan dalam Debat Terbuka 2

adminDecember 21, 2020

KAMPANYE DI TEKNIK GEODESI: KEDUA PASLON DIBERONDONG BERMACAM PERTANYAAN

adminDecember 19, 2020

KAMPANYE DI TEKNIK ELEKTRO: NUANSA IKLIM RISET YANG DIBAWA OLEH PARA PASLON

adminDecember 19, 2020

Kampanye Pemira FT di Teknik Perkapalan

adminDecember 19, 2020