Coretan Teknik

Progresivitas Lembaga Pers dalam Mengontrol Opini Warga Teknik

Progresivitas Lembaga Pers dalam Mengontrol Opini Warga Teknik
Sumber : Foto Pribadi

         Semarang, Momentum – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) sebagai lembaga independen menjadikannya sebuah kewajiban demokrasi dalam kehidupan perpolitikan kampus maupun negara. Keberadaan lembaga pers saat ini menjadi penting dalam fungsi kontrol sosial selaras dengan fungsi dan peran mahasiswa sebagai pencegahan terhadap penyimpangan sosial dan penjaga hak – hak atau ketidakselarasan pada perorangan.

            Momentum sebagai Lembaga Pers Mahasiswa hadir ditengah warga Fakultas Teknik Universitas Diponegoro sebagai wadah untuk mengkritisi setiap kebijakan eksekutif. Bagaimana kehadiran Momentum dalam membimbing opini warga Fakultas Teknik?. Dalam paparan singkat Ferdian, salah satu Anggota Divisi Reportase Momentum Periode 2020, mengungkapkan peranan Momentum dalam kontrol opini melalui program kerja Buletin dan Poster Momentum.

            Dalam survei yang diadakan, Buletin memberikan penilaian sebesar 71% terhadap kesesuaian materi, 47% terhadap penyajian informasi, 62% terhadap manfaat yang diperoleh pembaca, dan 54% terhadap publikasi. Sementara, poster memberikan sumbangsih sebesar 100% terhadap kesesuaian materi, 100% terhadap penyajian informasi, 100% terhadap manfaat yang diperoleh, dan 100% terhadap publikasi.

            Dengan besaran penilaian yang telah dijelaskan sebelumnya, Momentum telah melaksanakan fungsi dan peranannya sebagai lembaga pers, tetapi belum memenuhi yaitu kontrol sosial dimana penilaian menurut responden merasa kurang dalam publikasi menyeluruh terhadap warga Fakultas Teknik. Ada beberapa kendala yang ditemui, seperti ketepatan waktu publikasi molor, belum terpenuhi dan terlaksananya target, dan permasalahan internal dalam kepengurusan Lembaga Pers Momentum.

Kendala-kendala tersebut sebenarnya adalah hal yang biasa ditemui disetiap organisasi maupun kepanitiaan. Kendala tersebut yang membuat beberapa permasalahan timbul dan dapat berpengaruh terhadap pembaca Momentum. Kesadaran disetiap individu dan kontrol dari atasan dibutuhkan demi memperbaiki kesalahan yang terjadi. Jika hal tersebut tidak diatasi dengan bijak, informasi yang akan dipublish akan menjadi basi dan ketinggalan jaman.

“Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.” Pasal 28F UUD 1945 tentang hak kebebasan berpendapat.

Dengan landasan pasal tersebut warga teknik dapat menyalurkan opininya masing-masing terhadap suatu isu yang muncul. Tentunya tidak semua opini memiliki pandangan yang sama, ini termasuk tugas Momentum yang harus menyatukan suara mereka dan menyalurkan aspirasi mereka melalui media jurnalistik dengan maksimal.

Penulis : Veve dan Fadel

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, Tim PKM Undip Ciptakan Peta Jangkauan Tsunami

adminAugust 28, 2021

Pembuatan Superhidrophilik Membran sebagai Alternatif Pengolahan Limbah Berminyak

adminAugust 20, 2021

Case Smartphone Antibakteri (Casturi): Solusi Praktis Lindungi Diri dan Handphone dari Bakteri

adminAugust 15, 2021

AirKita.id: Program Pemberdayaan Karang Taruna dalam Pengimplementasian Pemurni Air Sederhana Berbasis Sistem Aplikasi Digital di Kelurahan Bandarharjo

adminAugust 13, 2021

5 Tips Membuat Keluarga Nyaman di Rumah ala Mahasiswa KKN Undip

adminAugust 11, 2021

Kreatif! Mahasiswi KKN Undip Ciptakan Komposter Praktis Dan Ergonomis Di Lahan Sempit

adminAugust 10, 2021