Coretan Teknik

COVID-19 Masih Melonjak, Mahasiswa KKN UNDIP Gencarkan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Touchless Otomatis

COVID-19 Masih Melonjak, Mahasiswa KKN UNDIP Gencarkan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Touchless Otomatis

Semarang, Momentum—Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP) yang dipimpin oleh dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro Dr. Ir. Suryanti, MPi menggencarkan praktik protokol kesehatan secara mandiri khususnya praktik cuci tangan melalui pelatihan pembuatan alat cuci tangan tanpa sentuhan (Automatic Touchless Handsanitizer) berbasis arduino dan sabun cair antiseptik sebagai upaya pencegahan Covid-19. Pelatihan tersebut ditujukan kepada warga RW 01 Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang.

KKN yang berbasis pelatihan pengembangan keterampilan dan peningkatan pengetahuan warga melalui kegiatan demonstrasi dan sosialisasi edukasi ini dilakukan oleh Hikma Sisintito dari Program Studi S1 Teknik Elektro dan Intan Sahara dari Program Studi S1 Teknik Kimia. Suryanti selaku dosen pembimbing lapangan mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai wujud nyata bentuk pengabdian masyarakat oleh mahasiswa secara langsung dalam mengaplikasikan ilmunya dengan tujuan untuk memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat dalam menghadapi masalah yang ada saat ini khususnya di masa pandemi COVID-19. 

“Saya dan tim melakukan kegiatan ini karena melihat angka COVID-19 yang terus melonjak disertai banyaknya upaya pemerintah dalam penanganan dan pencegahannya. Juga sebagai media transfer ilmu dari mahasiswa ke masyarakat umum.” ujar Suryanti dalam pernyataannya saat membuka kegiatan pelaksanaan program tersebut.

Kegiatan yang telah dilaksanakan pada Senin (8/2) tersebut mendapat dukungan langsung dari Kepala Rukun Warga 01 Kelurahan Sumurboto. Selain itu, warga yang hadir juga antusias dalam menerima berbagai informasi yang disampaikan selama kegiatan tersebut berlangsung dengan tak lupa menerapkan protokol kesehatan seperti membatasi masa yang hadir, menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Kegiatan pelatihan pembuatan handsanitizer otomatis disampaikan secara langsung disertai alat peraga berupa Automatic Touchless Handsanitizer berbasis arduino yang siap digunakan oleh warga sehingga warga dapat mencobanya secara langsung.

“Kegiatan pelatihan pembuatan alat handsanitizer otomatis tanpa sentuh ini menurut saya tepat sasaran. Di masa pandemi ini kita selalu dituntut menjaga kebersihan dengan mencuci tangan. Dengan adanya ini mempermudah kita sehingga lebih higienis,” tutur Ibu Dian selaku ketua RT 08.

saat menjelaskan pelatihan pembuatan handsanitizer

Setelah diawali oleh kegiatan pelatihan pembuatan handsanitizer otomatis, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan sabun cair antiseptik berbahan dasar campuran beberapa bahan kimia. Selain berisi penjelasan prosedur pembuatan sabun cair antiseptik dan manfaat masing-masing bahan, kegiatan ini juga diiringi pencerdasan bagi warga terkait pentingnya terus menerapkan protokol kesehatan khususnya mencuci tangan dengan sabun.

“Bahan pebuatan sabun antiseptik alami sangat mudah dan murah, mungkin nanti Ibu- Ibu PKK bisa mencoba menerapkannya di RT-nya masing-masing bersama Ibu-Ibu PKK lain,”ujar Ibu Endang selaku anggota pengurus PKK RW 01.

saat menjelaskan pelatihan pembuatan sabun cair antiseptik

Kegiatan pelatihan pembuatan handsanitizer otomatis dan sabun cair antiseptik dapat terlaksana karena adanya kerjasama yang baik antara mahasiswa Tim I di bawah bimbingan Dr. Ir. Suryanti, MPi dengan warga yang mengizinkan pelaksanaan kegiatan dilakukan secara langsung di gedung pertemuan RW setempat. Harapannya, kegiatan pelatihan dan pemberdayaan masyarakat yang serupa dapat terus berlanjut sehingga ilmu yang disampaikan akan lebih luas dan lebih bermanfaat bagi masyarakat umum secara luas.

Laporan: Tim 1 KKN UNDIP 2021

Penulis: Charysa Zaimatussoleha, Rayhan Alkhalfani, Shania Fairuz

Editor: Gunawan

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

PRIHATIN KARENA KURANGNYA EDUKASI KESELAMATAN, MAHASISWA UNDIP SOSIALISASIKAN PENTINGNYA MENGETAHUI KESELAMATAN SAAT BERADA DI KAPAL DAN TEMPAT KERJA

adminFebruary 15, 2021

Mahasiswa KKN UNDIP Penuh Ide! Sulap Sampah Plastik Jadi Alternatif Batu Bata

adminFebruary 14, 2021

Mahasiswa KKN Undip : Masterplan “Kawasan Tangguh Covid-19” sebagai Arahan Pembangunan Infrastruktur di Tengah Pandemi

adminFebruary 14, 2021

Tanpa Modal, Mahasiswa KKN Undip Buatkan WebGIS Rute Rumah Sakit Rujukan COVID-19 Untuk Kelurahan Kramas

adminFebruary 12, 2021

Taman Permata Tembalang – Rekomendasi Desain Ruang Terbuka Publik untuk Mewadahi Aktivitas Fisik Masyarakat RW 5 Kelurahan Kramas

adminFebruary 11, 2021

KKN Mahasiswa Undip : Ubah Sampah Jadi Emas

adminFebruary 11, 2021