Coretan Teknik

Mahasiswa KKN Undip : Masterplan “Kawasan Tangguh Covid-19” sebagai Arahan Pembangunan Infrastruktur di Tengah Pandemi

Mahasiswa KKN Undip : Masterplan “Kawasan Tangguh Covid-19” sebagai Arahan Pembangunan Infrastruktur di Tengah Pandemi

Oleh Crismon Alfajri Agus Pratama, Mahasiswa PWK Undip

Gambar 1 Penyerahan Masterplan Pembangunan Kepada Lurah Kelurahan Kramas
Sumber : Dokumen Penulis

Melihat kondisi geografis dan sosial kemasyarakatan yang terdapat di RW I Kelurahan Kramas, mahasiswa KKN Undip bernama Crismon Al-fajri Agus Pratama, menyusun Masterplan Perencanaan Wilayah Berbasis Mitigasi Bencana Sosial (Covid-19) dengan konsep konsep “Sustainable Resilient Pandemic Residential Area”. Masterplan tersebut disambut baik oleh pihak Kelurahan Kramas dan diterima langsung oleh Lurah Kelurahan Kramas, Ir. Bambang Sularso, M.Si.

Penyusunan Masterplan dimulai dengan survei, observasi dan pengumpulan data sekunder sehingga didapatkan beberapa permasalahan diantaranya permasalahan kesehatan dan pembangunan. Permasalahan fisik di Kelurahan Kramas berupa lokasi TPS, Jaringan Drainase, Jaringan Air Bersih, Ruang Terbuka Hijau dan Penanda Kawasan yang tidak sesuai dengan standar perencanaan. Selain itu, kondisi pandemi juga menjadi masalah umum dalam sistem kawasan di RW I Kelurahan Kramas.

Berdasarkan masalah masalah tersebut, mahasiswa dibawah bimbingan dosen pembimbing lapangan Muhammad Zulfa Alfaruqy, S.Psi., M.A. mengusung konsep “Kawasan Tangguh Covid” dalam menyusun masterplan pembangunan wilayah.

Masterplan atau rencana induk yang dibentuk oleh mahasiswa tersebut berisikan analisis komprehensif mengenai kawasan RW I. Setidaknya terdapat 9 Kajian yang terbagi menjadi 35 yang digunakan oleh peserta KKN. Adapun 9 kajian tersebut terdiri dari analisis kondisi kawasan, analisis karakteristik aktivitas, analisis pengguna, perhitungan kebutuhan ruang, analisis tapak, analisis infrastruktur, analisis perancangan kota, analisis citra kota dan analisis estetika kota.

Hasil dari penyusunan program ini berupa buku “Masterplan Pembangunan Wilayah Berbasisi Mitigasi Bencana Sosial (Covid-19) di RW I Kelurahan Kramas” yang terdiri dari 100 halaman dan menghasilkan 45 arahan pembangunan dalam upaya penerapan konsep “Sustainable Resilient Pandemic Residential Area”.

Dengan adanya pembentukan masterplan tersebut, diharapkan pemangku kebijakan maupun masyarakat RW I Kelurahan Kramas dapat mengimplementasikan arahan pembangunan yang telah disusun tersebut dan memberikan dampak baik untuk keberlanjutan RW I Kelurahan Kramas

Penulis
Crismon Alfajri Agus Pratama

Teknik PWK Universitas Diponegoro

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

PRIHATIN KARENA KURANGNYA EDUKASI KESELAMATAN, MAHASISWA UNDIP SOSIALISASIKAN PENTINGNYA MENGETAHUI KESELAMATAN SAAT BERADA DI KAPAL DAN TEMPAT KERJA

adminFebruary 15, 2021

Mahasiswa KKN UNDIP Penuh Ide! Sulap Sampah Plastik Jadi Alternatif Batu Bata

adminFebruary 14, 2021

COVID-19 Masih Melonjak, Mahasiswa KKN UNDIP Gencarkan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Touchless Otomatis

adminFebruary 14, 2021

Tanpa Modal, Mahasiswa KKN Undip Buatkan WebGIS Rute Rumah Sakit Rujukan COVID-19 Untuk Kelurahan Kramas

adminFebruary 12, 2021

Taman Permata Tembalang – Rekomendasi Desain Ruang Terbuka Publik untuk Mewadahi Aktivitas Fisik Masyarakat RW 5 Kelurahan Kramas

adminFebruary 11, 2021

KKN Mahasiswa Undip : Ubah Sampah Jadi Emas

adminFebruary 11, 2021