Coretan Teknik

Mahasiswa KKN UNDIP Penuh Ide! Sulap Sampah Plastik Jadi Alternatif Batu Bata

Mahasiswa KKN UNDIP Penuh Ide! Sulap Sampah Plastik Jadi Alternatif Batu Bata

Meteseh, Semarang – Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro, Zulfa Laili Widya Nastiti, mencanangkan Program Sosialisasi Pembuatan Ecobrick kepada masyarakat RT 04/ RW 01 Kelurahan Mateseh. Program tersebut merupakan salah satu program pengabdian Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan Sosialisasi dilaksanakan pada Selasa (26/1) lalu kepada ibu ibu RT 04.

Penggunaan plastik adalah sesuatu yang lumrah terutama bagi masyarakat perkotaan. Penggunaan plastik yang kemudian menjadi sampah sangat berimbas pada kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) maupun sementara. Teknologi pengolahan sampah sendiri belum berkembang lebih lanjut di negara Bhinneka Tunggal Ika ini. Dalam rangka mengurangi beban pengolahan sampah, selain dengan upaya pengurangan plastic, terdapat beberapa cara untuk mengolah sampah secara mandiri salah satunya adalah ecobrick.

Sosialisasi pembuatan ecobrick dilaksanakan di RT 4/RW 1 Kelurahan Meteseh. Program kerja dengan judul Sosialisasi Pembuatan Ecobrick bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pengolahan sampah plastik yang dapat berguna sebagai alternatif batu bata. Bahan-bahan yang diperlukan seperti botol bekas, tas plastik bekas, tongkat dan gunting untuk memotong sampah-sampah plastik.

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada 26 Januari 2021 di rumah RT 04 dihadiri oleh 9 ibu-ibu dengan pelaksanaan kegiatan mematuhi protokol kesehatan seperti wajib memakai masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, serta menjaga jarak. Peserta sosialisasi sangat tertarik terhadap sosialisasi pembuatan ecobrick karena beberapa peserta telah melihat di berbagai daerah lainnya sudah melaksanakan dan menerapkan penggunaan ecobrick.

Edukasi mengenai pembuatan ecobrick disampaikan dengan pemutaran video mengenai pentingnya pengolahan sampah plastik dan leaflet yang berisi tata cara, alat bahan dan manfaat ecobrick. Peserta maupun fasilitator yaitu Ibu Nova selaku Ketua RT 4 sangat menyambut dengan hangat akan kegiatan ini.

Penulis : Zulfa Laili Widya Nastiti

Pembimbing : Dr. Ir. Dwi Haryo Ismunarti, M.Si

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

PRIHATIN KARENA KURANGNYA EDUKASI KESELAMATAN, MAHASISWA UNDIP SOSIALISASIKAN PENTINGNYA MENGETAHUI KESELAMATAN SAAT BERADA DI KAPAL DAN TEMPAT KERJA

adminFebruary 15, 2021

COVID-19 Masih Melonjak, Mahasiswa KKN UNDIP Gencarkan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Touchless Otomatis

adminFebruary 14, 2021

Mahasiswa KKN Undip : Masterplan “Kawasan Tangguh Covid-19” sebagai Arahan Pembangunan Infrastruktur di Tengah Pandemi

adminFebruary 14, 2021

Tanpa Modal, Mahasiswa KKN Undip Buatkan WebGIS Rute Rumah Sakit Rujukan COVID-19 Untuk Kelurahan Kramas

adminFebruary 12, 2021

Taman Permata Tembalang – Rekomendasi Desain Ruang Terbuka Publik untuk Mewadahi Aktivitas Fisik Masyarakat RW 5 Kelurahan Kramas

adminFebruary 11, 2021

KKN Mahasiswa Undip : Ubah Sampah Jadi Emas

adminFebruary 11, 2021