Coretan Teknik

Tanpa Modal, Mahasiswa KKN Undip Buatkan WebGIS Rute Rumah Sakit Rujukan COVID-19 Untuk Kelurahan Kramas

Tanpa Modal, Mahasiswa KKN Undip Buatkan WebGIS Rute Rumah Sakit Rujukan COVID-19 Untuk Kelurahan Kramas
Sumber: Dokumen Penulis

Kramas, Kota Semarang (11/02/2021) – Kondisi pandemi saat ini membuat Valian Aulia Pradana, salah satu peserta KKN Tim I Universitas Diponegoro, berinisiatif membuat peta rute terbaik menuju RS rujukan COVID-19 berbasis WebGIS untuk masyarakat Kelurahan Kramas yang dapat diakses melalui tautan bit.ly/PetaRuteKramasCOVID.

Adanya pandemi COVID-19 yang terjadi selama hampir setahun telah memunculkan berbagai macam kebutuhan baru. Salah satu kebutuhan tersebut yaitu Rumah Sakit yang dijadikan rujukan bagi pasien COVID-19. Pasien COVID-19 tentunya membutuhkan penanganan berbeda dengan pasien lain sehingga keberadaan Rumah Sakit (RS) rujukan COVID-19 idealnya dapat menjangkau seluruh wilayah.

RS rujukan COVID-19 adalah kebutuhan utama bagi orang sakit yang terdampak COVID-19. Namun, lokasinya kebanyakan hanya berada di pusat kota tertentu saja. Hal ini tentunya akan menyulitkan masyarakat yang berada di lokasi pinggiran atau jauh dari pusat kota seperti Kelurahan Kramas yang terletak di ujung tenggara Kota Semarang.

Valian menjelaskan bahwa WebGIS Rute Menuju RS Rujukan COVID-19 dapat bermanfaat untuk memberikan informasi kepada warga Kelurahan Kramas dan pemangku kebijakan terkait di wilayah tersebut mengenai rute tercepat menuju RS rujukan COVID-19. Menurutnya, penggunaan rute tercepat dapat berdampak pada pengurangan potensi penularan virus akibat lama waktu perjalanan.

Proses pembuatan WebGIS yang ia buat sepenuhnya menggunakan data bersifat open source yang bersumber dari Google Earth, OpenStreetMap, serta situs resmi Pemerintah Kota Semarang. Kemudian, data – data tersebut dianalisis dengan menggunakan software pemetaan untuk selanjutnya diunggah di jaringan internet dengan hosting dan domain terbuka. Hal ini menjadikan peta berbasis WebGIS buatannya tidak membutuhkan modal sepeserpun.

Sumber: Dokumen Penulis

Menurut Valian, pemilihan WebGIS sebagai media informasi bertujuan agar peta rute dapat diakses dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja warga Kelurahan Kramas yang membutuhkan melalui gadget yang tersambung dengan koneksi internet. Selain memuat rute terbaik menuju RS rujukan COVID-19 di Kota Semarang, WebGIS tersebut juga memuat beragam informasi lain yang berkaitan. Informasi – informasi tersebut diantaranya alamat lengkap RS rujukan, jumlah tempat tidur yang tersedia, nomor telepon rumah sakit, jarak tempuh, dan perkiraan waktu tempuh dengan asumsi menggunakan kendaraan pribadi.

            Valian berharap WebGIS yang ia buat selama KKN dapat bermanfaat bagi warga Kelurahan Kramas dan sekitarnya, khususnya dalam usaha menekan angka penyebaran COVID-19 di Kota Semarang. Dia sadar bahwa produk buatannya masih belum sempurna dan perlu terus diperbarui datanya selama jangka waktu tertentu agar tetap dapat digunakan secara terus menerus. Selanjutnya, Valian berencana terus mengembangkan WebGIS agar dapat digunakan oleh warga di wilayah lain.

            WebGIS Rute Menuju Rumah Sakit Rujukan COVID-19 telah diserahkan ke pihak Kelurahan Kramas untuk selanjutnya akan disebarkan kepada seluruh warga Kelurahan Kramas. Lurah Kramas, Bambang Sularso menyatakan senang jika mahasiswa KKN mampu mengidentifikasi masalah yang tidak terlalu kentara di wilayahnya terkait dengan pandemi COVID-19. Ia juga berterima kasih atas hasil produk KKN tersebut dan berharap masyarakat dapat mempergunakannya dengan baik.

“Ini merupakan produk yang menarik dan baru pertama kali saya tahu. Terima kasih kepada mas Valian yang sudah membuatkan dan semoga ini dapat bermanfaat terus bagi warga Kramas”, pungkas Lurah Kramas. (Momentum/ Valian)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, Tim PKM Undip Ciptakan Peta Jangkauan Tsunami

adminAugust 28, 2021

Pembuatan Superhidrophilik Membran sebagai Alternatif Pengolahan Limbah Berminyak

adminAugust 20, 2021

Case Smartphone Antibakteri (Casturi): Solusi Praktis Lindungi Diri dan Handphone dari Bakteri

adminAugust 15, 2021

AirKita.id: Program Pemberdayaan Karang Taruna dalam Pengimplementasian Pemurni Air Sederhana Berbasis Sistem Aplikasi Digital di Kelurahan Bandarharjo

adminAugust 13, 2021

5 Tips Membuat Keluarga Nyaman di Rumah ala Mahasiswa KKN Undip

adminAugust 11, 2021

Kreatif! Mahasiswi KKN Undip Ciptakan Komposter Praktis Dan Ergonomis Di Lahan Sempit

adminAugust 10, 2021