Coretan Teknik

Harus Siap Ujian Online Lagi

Harus Siap Ujian Online Lagi

Semarang, Momentum – Tak terasa, semester genap ini akan menuju puncaknya. Yaps benar, sebentar lagi akan dilaksanakan Ujian Akhir Semester Genap di lingkungan Universitas Diponegoro. Fakultas Teknik sendiri akan melaksanakan UAS antara tanggal 7 Juni hingga 19 Juni 2021. Dengan metode pembelajaran yang masih daring ini, tentunya pengerjaan UAS akan dilaksanakan secara daring juga. Banyak persiapan yang harus dilakukan guna menghadapi ujian daring ini. Pada kesempatan kali ini, Momentum akan berbagi tips untuk mempersiapkan ujian online yang baik dan teratur. Mengutip dari berbagai sumber, beberapa hal yang mungkin perlu kalian lakukan agar pelaksanaan UAS daring berjalan lancar dan sukses adalah sebagai berikut:

  1. Cek Jadwal Ujian yang ditentukan

Langkah pertama yang harus dipersiapkan yaitu mengecek jadwal ujian agar dapat melakukan persiapan dari hari sebelum dilaksanakannya ujian dengan mengingat jadwal ujian. 

  • Cermati prosedur ujian

Setiap dosen pasti memiliki prosedur yang berbeda-beda dalam melaksanakan UAS Matkulnya masing-masing. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa kita harus cermat dalam memahami prosedur ujian setiap Matkul.

  • Bangun Tepat Waktu.

Siapkan alarm agar bangun lebih awal, karena jika terlambat bangun sangat berisiko dalam pengerjaan uas kalian. Mungkin kalian akan kehilangan waktu absen kalian atau sebagian waktu pengerjaan UAS kalian.

  • Pilih Tempat Ujian yang Nyaman.

Dengan ketepatan waktu bangun kalian, maka persiapan kalian menyiapkan tempat pun tidak akan tergesa-gesa sehingga kalian dapat memaksimalkan kenyamanan kalian.

  • Siapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan.

Meskipun ujian berjalan secara daring, tidak menutup kemungkinan pengerjaan ujian secara tulis tangan. Mengingat peraturan masing-masing dosen setiap Matkul itu berbeda. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut, selain menyiapkan perangkat pembelajaran, kalian sebaiknya menyiapkan juga seluruh peralatan menulis kalian mulai dari buku, kertas, pulpen, pensil dan lainnya.

  • Siapkan koneksi internet yang stabil

Dalam pelaksanaan ujian secara daring ini, tentunya kita juga harus memastikan bahwa koneksi internet yang dimiliki harus stabil karena hal ini menjadi suatu prioritas mengingat pelaksanaan ujian secara daring.

  • Baca Petunjuk Ujian dengan Cermat.

Langkah selanjutnya yaitu membaca petunjuk ujian dengan cermat agar dapat meminimalisir terjadinya kesalahan pengerjaan dan hasil pengerjaannya sesuai dengan kriteria dosen setiap matkul.

  • Kerjakan Soal dengan Teliti.

Nah, tips yang terakhir nih, tentunya kita juga harus mengerjakan soal dengan teliti agar nilai atau hasil yang keluar sesuai dengan harapan kita.

Nah, sekarang sudah tahu kan tips & trik guna menghadapi ujian daring. Semoga tulisan dari Momentum kali ini dapat membantu teman-teman dalam persiapan menghadapi ujian daring. Selamat dan semangat belajar, Dips! Semoga UAS nya berjalan lancar.

Penulis : Vania Aileen dan Anggi Nikmatun

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, Tim PKM Undip Ciptakan Peta Jangkauan Tsunami

adminAugust 28, 2021

Pembuatan Superhidrophilik Membran sebagai Alternatif Pengolahan Limbah Berminyak

adminAugust 20, 2021

Case Smartphone Antibakteri (Casturi): Solusi Praktis Lindungi Diri dan Handphone dari Bakteri

adminAugust 15, 2021

AirKita.id: Program Pemberdayaan Karang Taruna dalam Pengimplementasian Pemurni Air Sederhana Berbasis Sistem Aplikasi Digital di Kelurahan Bandarharjo

adminAugust 13, 2021

5 Tips Membuat Keluarga Nyaman di Rumah ala Mahasiswa KKN Undip

adminAugust 11, 2021

Kreatif! Mahasiswi KKN Undip Ciptakan Komposter Praktis Dan Ergonomis Di Lahan Sempit

adminAugust 10, 2021