Coretan Teknik

Menuju Kampung Wisata Minapadi

Menuju Kampung Wisata Minapadi

Sebagai sebuah kelurahan yang memiliki potensi alam, budaya, dan buatan, Kelurahan Wonolopo memiliki daya tarik yang tinggi untuk dikunjungi oleh wisatawan. Maka, berdasarkan Surat Keputusan WaliKota Semarang nomor 556/407 yang menetapkan Kelurahan Wonolopo menjadi sebuah Desa Wisata. Untuk mengoptimalkan potensi-potensi yang dimiliki, maka diperlukan perencanaan, pengembangan, dan pengelolaan terhadap potensi tersebut baik dari masyarakat maupun pemerintah.

Pengembangan Kelurahan Wonolopo menjadi desa wisata, diharapkan dapat memberikan dampak yang baik bagi pengunjung maupun masyarakat yang berada di Kelurahan Wonolopo. Dengan berkembangnya wisata, ekonomi masyarakat dapat semakin meningkat dan potensi-potensi yang dimiliki dapat dikembangkan secara maksimal.

Ketua RW 03, Kelurahan Wonolopo, Kecamatan Mijen, Sudali mengatakan, “Bahwa pembangunan kawasan kampung wisata Minapadi nantinya dimulai dari renovasi di sekitar Embung Minapadi. Renovasi tersebut kira-kira akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2021. untuk desain renovasinya sendiri telah tersedia dari pihak Pemkot sendiri.”

Dalam hal ini Tim Sativ of Wonolopo KKN Tematik Undip 2021 dalam rangka membantu perencanaan dalam pembangunan kampung wisata Minapadi melakukan penyusunan MasterPlan Pembangunan dan Pengembangan Kampoeng Minapadi dengan perencanaan desain kawasan Embung Minapadi berupa penataan tempat wisata dan spot-spot foto, penataan kawasan Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Hidroponik dengan perencanaan Greenhouse serta penaatan juga optimalisasi sendang Kalipule sebagai sumber mata air alami. Potensi wisata yang ada di Kampung Minapadi yang sangat beragam, membutuhkan adanya upaya perencanaan pembangunan yang terintegrasi. Tentunya masterplan dan desain kawasan wisata karya TIM KKN UNDIP 2021 bisa menjadi pijakan awal ataupun pedoman dari perwujudan cita–cita besar RW 03 Kelurahan Wonolopo, Mijen dalam mewujudkan visi misinya dengan branding kampung wisata Minapadi.

Penulis : Sri Winarni, Yannuar, Rivaldo, dan Amelia

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

ETACARE: Membangkitkan Peluang Usaha di Tengah Pandemi dengan Inovasi Ekstrak Daun Ketapang

adminJuly 25, 2021

Harus Siap Ujian Online Lagi

adminJune 9, 2021

Science Techno Park

adminJune 1, 2021

Sejarah Pers di Indonesia

adminMay 15, 2021

PRIHATIN KARENA KURANGNYA EDUKASI KESELAMATAN, MAHASISWA UNDIP SOSIALISASIKAN PENTINGNYA MENGETAHUI KESELAMATAN SAAT BERADA DI KAPAL DAN TEMPAT KERJA

adminFebruary 15, 2021

Mahasiswa KKN UNDIP Penuh Ide! Sulap Sampah Plastik Jadi Alternatif Batu Bata

adminFebruary 14, 2021