Coretan Teknik

Menuju Kampung Wisata Minapadi

Menuju Kampung Wisata Minapadi

Sebagai sebuah kelurahan yang memiliki potensi alam, budaya, dan buatan, Kelurahan Wonolopo memiliki daya tarik yang tinggi untuk dikunjungi oleh wisatawan. Maka, berdasarkan Surat Keputusan WaliKota Semarang nomor 556/407 yang menetapkan Kelurahan Wonolopo menjadi sebuah Desa Wisata. Untuk mengoptimalkan potensi-potensi yang dimiliki, maka diperlukan perencanaan, pengembangan, dan pengelolaan terhadap potensi tersebut baik dari masyarakat maupun pemerintah.

Pengembangan Kelurahan Wonolopo menjadi desa wisata, diharapkan dapat memberikan dampak yang baik bagi pengunjung maupun masyarakat yang berada di Kelurahan Wonolopo. Dengan berkembangnya wisata, ekonomi masyarakat dapat semakin meningkat dan potensi-potensi yang dimiliki dapat dikembangkan secara maksimal.

Ketua RW 03, Kelurahan Wonolopo, Kecamatan Mijen, Sudali mengatakan, “Bahwa pembangunan kawasan kampung wisata Minapadi nantinya dimulai dari renovasi di sekitar Embung Minapadi. Renovasi tersebut kira-kira akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2021. untuk desain renovasinya sendiri telah tersedia dari pihak Pemkot sendiri.”

Dalam hal ini Tim Sativ of Wonolopo KKN Tematik Undip 2021 dalam rangka membantu perencanaan dalam pembangunan kampung wisata Minapadi melakukan penyusunan MasterPlan Pembangunan dan Pengembangan Kampoeng Minapadi dengan perencanaan desain kawasan Embung Minapadi berupa penataan tempat wisata dan spot-spot foto, penataan kawasan Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Hidroponik dengan perencanaan Greenhouse serta penaatan juga optimalisasi sendang Kalipule sebagai sumber mata air alami. Potensi wisata yang ada di Kampung Minapadi yang sangat beragam, membutuhkan adanya upaya perencanaan pembangunan yang terintegrasi. Tentunya masterplan dan desain kawasan wisata karya TIM KKN UNDIP 2021 bisa menjadi pijakan awal ataupun pedoman dari perwujudan cita–cita besar RW 03 Kelurahan Wonolopo, Mijen dalam mewujudkan visi misinya dengan branding kampung wisata Minapadi.

Penulis : Sri Winarni, Yannuar, Rivaldo, dan Amelia

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, Tim PKM Undip Ciptakan Peta Jangkauan Tsunami

adminAugust 28, 2021

Pembuatan Superhidrophilik Membran sebagai Alternatif Pengolahan Limbah Berminyak

adminAugust 20, 2021

Case Smartphone Antibakteri (Casturi): Solusi Praktis Lindungi Diri dan Handphone dari Bakteri

adminAugust 15, 2021

AirKita.id: Program Pemberdayaan Karang Taruna dalam Pengimplementasian Pemurni Air Sederhana Berbasis Sistem Aplikasi Digital di Kelurahan Bandarharjo

adminAugust 13, 2021

5 Tips Membuat Keluarga Nyaman di Rumah ala Mahasiswa KKN Undip

adminAugust 11, 2021

Kreatif! Mahasiswi KKN Undip Ciptakan Komposter Praktis Dan Ergonomis Di Lahan Sempit

adminAugust 10, 2021