Coretan Teknik

Science Techno Park

Science Techno Park

Semarang, Momentum – Science Techno Park (STP) adalah kawasan yang dikelola secara profesional dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan atau perekonomian. STP dibangun untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui penyebaran pusat-pusat pertumbuhan dalam rangka pemerataan dan pengembangan inovasi baru di suatu kawasan terpadu. Sistem inovasi adalah suatu kesatuan dari aktor, kelembagaan, atau proses produktif yang mempengaruhi arah perkembangan dan kecepatan inovasi termasuk teknologi, pelatihan terbaik, serta proses pembelajarannya. Sistem inovasi adalah suatu kesatuan dari aktor, kelembagaan, dan proses produktif yang memengaruhi arah perkembangan dan kecepatan inovasi termasuk teknologi, pelatihan terbaik, serta proses pembelajarannya. Sistem inovasi ini dipandang sebagai suatu pendekatan atau proses bisnis dalam pembangunan yang mengutamakan pada upaya sistematis dalam penguatan dan percepatan difusi pengetahuan, teknik, dan temuan baru pada sistem ekonomi atau industri sehingga tercapai peningkatan nilai tambah.

Keberhasilan suatu STP minimal harus memainkan tiga peran utama, yaitu melaksanakan penelitian dan pengembangan, menumbuhkan, dan mengembangkan perusahaan pemula berbasis teknologi (spin-off), serta menumbuhkan klaster industri atau menarik industri ke dalam kawasan sehingga terjadi ekosistem inovasi dengan aktor utama quadruple helix, yaitu: academic, business, government, and community. Pembangunan STP ini harus diikuti dengan adanya implementasi, kesinambungan, kontinuitas, konsistensi, dan komitmen dalam pelaksanaan program hilirisasi iptek lintas sektoral sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan sekaligus perekonomian daerah.

Kehadiran STP di suatu daerah harus relevan dengan kebutuhan ekonomi daerahnya. Apabila daerah tertentu kaya akan suatu komoditas, maka STP pada daerah itu harus bisa membuat komoditas tersebut bernilai tambah semaksimal mungkin atau menjadi produk yang berdaya saing. Diperlukan industri, inkubator, dan asosiasi bisnis, baik asosiasi yang tekait pembiayaan maupun asosiasi yang terkait produksi yang relevan dengan komuditas dan unsur pendanaan.

Pada tahun 2019, terdapat 18 (delapan belas) STP. Pemerintah bekerja sama dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan lembaga non kementerian untuk lebih mengembangkan STP. Pada 5 tahun ke depan, Kemenrisetdikti menargetkan ada empat kawasan sains dan teknologi (Science Techno Park) yang masuk level utama di dalam negeri dan satu ke tingkat internasional.

Penulis : Aditya Sulistianto

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, Tim PKM Undip Ciptakan Peta Jangkauan Tsunami

adminAugust 28, 2021

Pembuatan Superhidrophilik Membran sebagai Alternatif Pengolahan Limbah Berminyak

adminAugust 20, 2021

Case Smartphone Antibakteri (Casturi): Solusi Praktis Lindungi Diri dan Handphone dari Bakteri

adminAugust 15, 2021

AirKita.id: Program Pemberdayaan Karang Taruna dalam Pengimplementasian Pemurni Air Sederhana Berbasis Sistem Aplikasi Digital di Kelurahan Bandarharjo

adminAugust 13, 2021

5 Tips Membuat Keluarga Nyaman di Rumah ala Mahasiswa KKN Undip

adminAugust 11, 2021

Kreatif! Mahasiswi KKN Undip Ciptakan Komposter Praktis Dan Ergonomis Di Lahan Sempit

adminAugust 10, 2021