Coretan Teknik

ETACARE: Membangkitkan Peluang Usaha di Tengah Pandemi dengan Inovasi Ekstrak Daun Ketapang

ETACARE: Membangkitkan Peluang Usaha di Tengah Pandemi dengan Inovasi Ekstrak Daun Ketapang

Semarang, Momentum – Di era pandemi Covid-19 seperti sekarang, menekuni hobi lama merupakan salah satu cara untuk mengisi kegiatan di rumah. Salah satu hobi yang bisa ditekuni adalah memelihara ikan hias. Melimpahnya sumber daya perikanan di Indonesia, serta pemeliharaan ikan yang tidak terlalu susah, membuat antusiasme masyarakat dalam memelihara atau budidaya ikan cukup tinggi.

Namun, hobi memelihara ikan hias ini masih terkendala pada ikan yang tiba-tiba mati begitu saja akibat pengaruh lingkungan dan beberapa penyakit. Salah satunya adalah penyakit busung yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella enterica serovar Typhi. Bakteri ini menyerang organ bagian dalam ikan hias sehingga mengganggu proses pembuangan kotoran. Hal ini sering terjadi jika pakan alami yang diberikan tidak terjaga kesehatannya.

Kendala tersebut lantas membuat sejumlah mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) tergerak untuk menciptakan inovasi ekstrak daun ketapang yang biasa diaplikasikan pada ikan hias. Kreasi ini diberi label “Inovasi Produk Ekstrak Daun Ketapang untuk Penstabil pH Air dan Pencegahan Penyakit Busung Ikan Hias sebagai Penopang Perekonomian Era Pandemi.”

Kelompok mahasiswa yang membuat inovasi ini terdiri dari Meitri Bella Puspa, Yelta Okta Dina, Rizqiana Wulandari, Vebrina Hania Cholily, dan Muhammad Thoriq Thirafi dibawah bimbingan dosen Dr. –Ing. Silviana, S.T., M.T. Penelitian ini mendapat dukungan pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang tahun 2021.

Menurut Meitri, peluang usaha ini cukup menjanjikan pasalnya jumlah pembudidaya ikan sangat tinggi, serta keberadaan daun ketapang sangat melimpah di Indonesia. Apalagi di era pandemi ini, banyak orang tertarik untuk memelihara ikan hias sebagai sarana mengisi waktu luang mereka. Hal tersebut membuka kesempatan untuk mengembangkan produk ekstrak ketapang menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual lebih.

Produk ekstrak cair daun ketapang “ETACARE” diolah sesuai prosedur laboratorium dan telah melalui uji laboratorium terakreditasi sehingga aman diaplikasikan pada ikan hias. Target pasar produk “ETACARE” yakni toko ikan hias, pembudidaya ikan, toko grosir, toko serba ada, pasar ikan, pet shop, kawasan eduwisata ikan hias, dan semua kalangan yang berkecimpung dalam budidaya ikan hias sehingga produk ini  berpotensi dalam membangkitkan perekonomian di masa krisis seperti ini.

Keunggulan dari produk ini yakni menghasilkan warna air yang lebih jernih dibandingkan produk konvensional lainnya dan produk yang dihasilkan bebas minyak. Inovasi produk ekstrak cair daun ketapang “ETACARE” ini memberikan jaminan keamanan dan kesehatan pada ikan dalam penggunaan jangka panjang.

Penulis: Tim PKM-K Etacare

Editor: Gunawan Wicaksono

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, Tim PKM Undip Ciptakan Peta Jangkauan Tsunami

adminAugust 28, 2021

Pembuatan Superhidrophilik Membran sebagai Alternatif Pengolahan Limbah Berminyak

adminAugust 20, 2021

Case Smartphone Antibakteri (Casturi): Solusi Praktis Lindungi Diri dan Handphone dari Bakteri

adminAugust 15, 2021

AirKita.id: Program Pemberdayaan Karang Taruna dalam Pengimplementasian Pemurni Air Sederhana Berbasis Sistem Aplikasi Digital di Kelurahan Bandarharjo

adminAugust 13, 2021

5 Tips Membuat Keluarga Nyaman di Rumah ala Mahasiswa KKN Undip

adminAugust 11, 2021

Kreatif! Mahasiswi KKN Undip Ciptakan Komposter Praktis Dan Ergonomis Di Lahan Sempit

adminAugust 10, 2021