Coretan Teknik

Percepat Penanganan Pandemi, TIM PKM-K WAZYTECH UNDIP Menginovasikan Produk Sanitasi dari Limbah Organik

Percepat Penanganan Pandemi, TIM PKM-K WAZYTECH UNDIP Menginovasikan Produk Sanitasi dari Limbah Organik

Pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda memaksa pemberlakuan berbagai kebijakan pemerintah mulai dari PSBB hingga PPKM yang bertujuan untuk menghentikan penyebaran virus SARS-CoV-2, penyebab dari penyakit Covid-19. Pemberlakuan peraturan tersebut memaksa masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan guna melindungi diri sendiri dan orang lain. Mengingat masih banyaknya kebutuhan berkegiatan di luar rumah menjadikan penggunaan produk sanitasi menjadi vital. Namun, kebutuhan akan penggunaan produk sanitasi tidak diimbangi dengan terjangkaunya harga dari produk sanitasi itu sendiri.

Alih-alih patuh protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dengan menggunakan produk sanitasi, masyarakat cenderung untuk tak menggunakannya karena dirasa tidak ekonomis. Padahal, produk sanitasi masih menjadi salah satu komponen penting dalam penegakan protokol kesehatan dalam rangka memutus rantai penyebaran penyakit Covid-19. Melihat hal tersebut, kelima Mahasiswa Universitas Diponegoro menciptakan kolaborasi kepentingan antara pentingnya penggunaan produk sanitasi dengan pemanfaatan limbah organik yang kini kian meningkat di lingkungan masyarakat. Hal inilah yang mendasari penciptaan berbagai produk sanitasi yang lahir dari pemanfaatan limbah organik.

Limbah organik yang telah difermentasi menghasilkan sebuah enzim yang dinamakan enzim limbah organik atau organic waste enzyme (OWE). OWE inilah yang dapat berperan menggantikan penggunaan bahan kimia. OWE sendiri mengandung alkohol dan asam asetat yang berfungsi sebagai disinfektan untuk membunuh bakteri E. coli, S. aureus, S. Typhi, C. Albicans, dan bisa menjadi proteksi terhadap virus. Berkaca kepada minimnya penggunaan produk sanitasi dan pemanfaatan limbah organik, maka produk sanitasi yang dihasilkan oleh Mahasiswa Undip dapat menjadi terobosan baru untuk menghadapi pandemi dengan solutif.

Inovasi berjudul “Organic Waste Enzyme Protect Covid-19 sebagai Produk Sanitasi Ekonomis dan Ramah Lingkungan dengan Inovasi Percepatan Fermentasi Eco-Fermentor“ merupakan inovasi yang diajukan pada Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K) pada tahun 2021. Inovasi yang digagas oleh tim WAZY-TECH19 ini pun berhasil mendapatkan pendanaan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. WAZY-TECH19 yang diketuai oleh Yelta Okta Dina dan beranggotakan Vebrina Hania Cholily, Istiqomah Muryaningsih, Ahmad Alvinal Azmi, dan Kevin Ryo Pratama dengan dibimbing oleh dosen Dr. –Ing. Silviana, S.T., M.T. menghasilkan berbagai jenis produk sanitasi. Produk sanitasi yang dihasilkan oleh WAZY-TECH 19 ialah hand sanitizer, tisu basah, sabun cuci piring, hingga pupuk cair tanaman.

Produk sanitasi yang dikeluarkan oleh WAZY-TECH19 berjenis hand sanitizer memiliki berbagai varian ukuran, mulai dari 60 ml, 100 ml, 250 ml, dan 500 ml. Hal ini menjadikan produk sanitasi hand sanitizer WAZY-TECH19 cocok digunakan di berbagai lingkungan mulai dari penggunaan pribadi maupun berskala umum seperti perkantoran, dan lainnya. Aroma dari hand sanitizer WAZY-TECH19 pun beragam mulai dari apel, jeruk dan lainnya membuat pengguna merasa nyaman dan tidak terganggu oleh bau bahan kimia produk hand sanitizer konvensional. Tim WAZY-TECH juga mengeluarkan produk sanitasi tisu basah yang dapat digunakan sewaktu-waktu dan jumlahnya yang terhitung banyak sebanyak 25 lembar menjadikan tisu basah WAZY-TECH19 ekonomis dan tepat guna. Kemudian produk sabun cuci piring WAZY-TECH19 tersedia dalam dua varian ukuran yaitu 250 ml dan 500 ml. Bahan aktif yang efektif dan ampuh membunuh kuman dan virus dengan cepat, tidak merusak kulit, dan tidak membuat kulit kering dan pecah-pecah menjadi keunggulan tersendiri dari produk sanitasi WAZY-TECH19. Seluruh produk WAZY-TECH19 juga dijamin terjangkau dan lebih ekonomis dari produk sanitasi yang kini beredar.

Mengingat tingginya pemanfaatan dari limbah organik yang secara kuantitatif meningkat seiring dengan peningkatan aktifitas masyarakat di rumah dan efektifitas pembunuhan virus dan bakteri dari poduk sanitasi WAZY-TECH19 menjadikan produk sanitasi ini menjadi solusi tepat bagi percepatan penanganan pandemi. Dengan terjangkaunya harga produk sanitasi yang beredar di masyarakat, penggunaan produk sanitasi akan semakin banyak digunakan dan kita bersama dapat menghentikan pandemi Covid-19. Mari membantu percepatan penanganan pandemi dengan mendukung kami dalam berbagai platform sosial media.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, Tim PKM Undip Ciptakan Peta Jangkauan Tsunami

adminAugust 28, 2021

Pembuatan Superhidrophilik Membran sebagai Alternatif Pengolahan Limbah Berminyak

adminAugust 20, 2021

Case Smartphone Antibakteri (Casturi): Solusi Praktis Lindungi Diri dan Handphone dari Bakteri

adminAugust 15, 2021

AirKita.id: Program Pemberdayaan Karang Taruna dalam Pengimplementasian Pemurni Air Sederhana Berbasis Sistem Aplikasi Digital di Kelurahan Bandarharjo

adminAugust 13, 2021

5 Tips Membuat Keluarga Nyaman di Rumah ala Mahasiswa KKN Undip

adminAugust 11, 2021

Kreatif! Mahasiswi KKN Undip Ciptakan Komposter Praktis Dan Ergonomis Di Lahan Sempit

adminAugust 10, 2021