Coretan Teknik

Banyak Limbah di Sungai: Mahasiswa KKN Undip Membuat Creative Design TPS Sementara

Banyak Limbah di Sungai: Mahasiswa KKN Undip Membuat Creative Design TPS Sementara

Semarang, Momentum- Pola produksi dan konsumsi yang berkelanjutan merupakan salah satu isu penting dan prioritas dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di Indonesia. Salah satu dari 17 strategi dalam SDG’s adalah penanganan limbah industri dan rumah tangga, dimana dalam salah satu programnya yaitu pengelolaan sampah, limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3), pengendalian pencemaran dan kerusakan. Namun, Desa Sidorejo, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang khususnya di RT 11/RW 03 belum memiliki percontohan optimalisasi pengelolaan sampah dan limbah industri rumah tangga yang baik.

Pada kenyataannya, masyarakat cenderung membuang sampah ke sungai atau  bantaran sungai sehingga merusak ekosistem sungai. Selain rendahnya kesadaran masyarakat, hal tersebut juga disebabkan kurangnya fasilitas tempat penampungan dan pengelolaan sampah pada Desa Sidorejo terutama RT 11 RW 03. 

Desa Sidorejo kesulitan dalam mengolah desain gambar dan memproses Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk memenuhi fasilitas persampahan. Oleh karenanya, perlu adanya upaya optimalisasi untuk mencapai kestabilan perencanaan Desa Sidorejo yang lebih baik.

Melalui kegiatan KKN dari Universitas Diponegoro salah satu mahasiswa KKN di Desa Sidorejo, Tifani Amelia Safitri, berinisiatif mendesain Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS Sementara) beserta dengan Rencana Anggaran Biaya pembuatan TPS Sementara tersebut. Desain tempat sampah direncanakan dengan dua kolom masing-masing dengan ukuran panjang dan lebar 3 meter sebagai kolom pemilah antara sampah organik dan sampah anorganik. Kolom tersebut beratap bahan seng dengan rangka kuda-kuda atap menggunakan baja ringan. TPS Sementara memiliki area pengolahan sampah seluas 18 m2 yang berada di depan kolom pemilah sampah.

Desain TPS Sementara telah disetujui oleh Kukuh Adi Wicaksono, selaku Perangkat Desa Sidorejo pada tanggal 4 Agustus 2021. Ide Creative Design dan RAB TPS Sementara diharapkan dapat menjadi acuan dalam pertimbangan bahan dan realisasi pembangungannya sehingga akan didapatkan kekuatan struktur bangunan yang baik dengan biaya yang minim.

Penulis : Tifani Amelia Safitri

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, Tim PKM Undip Ciptakan Peta Jangkauan Tsunami

adminAugust 28, 2021

Pembuatan Superhidrophilik Membran sebagai Alternatif Pengolahan Limbah Berminyak

adminAugust 20, 2021

Case Smartphone Antibakteri (Casturi): Solusi Praktis Lindungi Diri dan Handphone dari Bakteri

adminAugust 15, 2021

AirKita.id: Program Pemberdayaan Karang Taruna dalam Pengimplementasian Pemurni Air Sederhana Berbasis Sistem Aplikasi Digital di Kelurahan Bandarharjo

adminAugust 13, 2021

5 Tips Membuat Keluarga Nyaman di Rumah ala Mahasiswa KKN Undip

adminAugust 11, 2021

Kreatif! Mahasiswi KKN Undip Ciptakan Komposter Praktis Dan Ergonomis Di Lahan Sempit

adminAugust 10, 2021