Isu

Bincang UKT: Mengenal Lebih Dekat Sistem Keringanan UKT Undip

Bincang UKT: Mengenal Lebih Dekat Sistem Keringanan UKT Undip

Semarang, Momentum – Program penyesuaian UKT merupakan salah satu program penyesuaian dalam meringankan UKT mahasiswa di kala pandemi, mengingat banyaknya sektor ekonomi yang terdampak. Di Undip juga terdapat program banding UKT, dimana banding UKT merupakan program untuk meringankan biaya kuliah mahasiswa dengan cara banding. Dua program ini tentu terdapat perbedaan, yaitu terkait jangka waktu berlakunya bantuan UKT.

Dalam kesempatan ini, Tim Reportase Momentum sempat mewawancarai Wakil Dekan Fakultas Teknik Undip yaitu Bapak Dr. Abdul Syakur, ST, MT.. “Terkait UKT mahasiswa angkatan 20 dan 21 khusus ada penyesuaian UKT, ada banding UKT, penyesuaian UKT diberikan karena adanya pandemi, misal pekerjaan orang tua sebelumnya pilot karena sekarang pandemi pasti berpengaruh terhadap sektor penerbangan, yang pastinya pendapatan berkurang. Maka dapat mengajukan penyesuaian UKT. Namun, penyesuaian UKT hanya berlaku pada satu semester saja, untuk semester depan kembali ke UKT semula. Kalau masih terdampak, semester depan bisa mengajukan penyesuaian lagi,” tuturnya.

Pak Syakur juga menambahkan, “Terkait banding UKT, bakal ada setiap tahunnya dan yang mendapatkan biasanya apabila sudah tidak ada penanggung jawab untuk membayar UKT dari pihak mahasiswa. Jika banding disetujui, maka banding UKT berlaku selamanya hingga lulus. Apabila penanggung jawab yang membayar UKT masih ada, maka UKT paling rendah tidak dapat diberikan sepenuhnya.”

Untuk mekanisme syarat, alur dan informasi lebih lanjut mengenai penyesuaian UKT atau banding UKT dapat dilihat melalui laman instagram Kesma BEM FT Undip.

Penulis : Adeline dan Firman

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isu

More in Isu

Tindakan Undip dalam Konversi Nilai MBKM

adminSeptember 21, 2021

Laboratorium Terintegrasi FT Undip Sebagai Penunjang Kolaborasi Penelitian Antar Keilmuan Teknik

adminSeptember 14, 2021

Nadiem: Perguruan Tinggi di Wilayah PPKM Level 1-3 Boleh Kuliah Tatap Muka Terbatas, Bagaimana Tanggapan Fakultas Teknik?

adminSeptember 10, 2021

Perspektif Mahasiswa Terhadap Perpanjangan PPKM

adminAugust 24, 2021

Mengebiri KPK, Menyingkirkan Perannya dengan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

adminJune 1, 2021

Problematika Mahasiswa Tingkat Akhir yang Tak Kunjung Selesai: Keberlanjutan Permendikbud No 25 Tahun 2020 di Undip

adminMay 27, 2021