Coretan Teknik

Case Smartphone Antibakteri (Casturi): Solusi Praktis Lindungi Diri dan Handphone dari Bakteri

Case Smartphone Antibakteri (Casturi): Solusi Praktis Lindungi Diri dan Handphone dari Bakteri

Casturi (Case Smartphone Antibakteri) merupakan sebuah inovasi produk casing smarthphone antibakteri berbahan baku Nanosilver dan Daun Ketapang yang dikembangkan dalam kurun waktu kurang lebih 3 bulan oleh sekelompok mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip), yaitu  Galih Wiji Agung, Fakhri Santo Khoirudin, Risya Ulaya Maghfirah, Umi Widi Astuti, dan Wakhyu Nur Afni yang patut diapresiasi. Produk ini mampu menjadi solusi praktis dan efektif bagi generasi milenial untuk melindungi diri dari kuman dan bakteri yang menempel pada smartphone.

Smartphone adalah salah satu bukti perkembangan zaman dan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia di era modern ini. Di lain sisi, pada masa pandemi sangatlah penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Bakteri memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan benda yang terbuat dari plastik, seperti soft case smartphone.

Nanosilver merupakan partikel silver yang berukuran nano dengan sifat antibakterinya yang sangat baik. Adanya sifat antibakteri dapat mencegah penempelan bakteri dan kontaminasi benda dari bakteri. Nanosilver memiliki kemampuan sifat antimikroba terhadap S. aureus dan E. coli. Bakteri tersebut merupakan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit seperti diare dan infeksi usus. Daun Ketapang dapat menghambat 70% bakteri     gram positif dan 63% bakteri gram negatif karena mengandung beberapa senyawa aktif seperti steroid, tanin, dan terpenoid. Berdasarkan data penelitian diatas, terbukti bahwa nanosilver dan Daun Ketapang memiliki sifat antibakteri dan memberikan double protecting pada “Casturi”.

Saat ini produk “Casturi” memiliki varian warna hitam dan bening. Varian jenis casing yang digunakan adalah akrilik dan TPU. Produk ini tersedia untuk beberapa merek smartphone seperti iPhone, Xiaomi, Samsung, Vivo, dan Oppo.

Produk “Casturi” telah lolos uji laboratorium dan terbukti dapat membunuh kuman dan bakteri. Produk ini juga sudah dilakukan produksi dan pemasaran secara massal. Pemasaran dilakukan secara luring dan daring melalui Shopee, Tokopedia, WhatsApp Bussiness, dan Instagram. Harga yang ditawarkan adalah Rp 30.000,00. Target pasar “Casturi” adalah pengguna smartphone dengan status ekonomi menengah ke atas, petugas medis, dan ibu rumah tangga yang peduli dengan kebersihan.

“Casturi” memiliki keunggulan daripada produk case smartphone antibakteri yang beredar dipasaran, yaitu memiliki harga yang ekonomis dan proses pembuatannya yang ramah lingkungan. Selain itu, penggunaan biosintesis Daun Ketapang menjadikan case smartphone memiliki double protecting terhadap bakteri.

Penulis : Tim PKM Casturi

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, Tim PKM Undip Ciptakan Peta Jangkauan Tsunami

adminAugust 28, 2021

Pembuatan Superhidrophilik Membran sebagai Alternatif Pengolahan Limbah Berminyak

adminAugust 20, 2021

AirKita.id: Program Pemberdayaan Karang Taruna dalam Pengimplementasian Pemurni Air Sederhana Berbasis Sistem Aplikasi Digital di Kelurahan Bandarharjo

adminAugust 13, 2021

5 Tips Membuat Keluarga Nyaman di Rumah ala Mahasiswa KKN Undip

adminAugust 11, 2021

Kreatif! Mahasiswi KKN Undip Ciptakan Komposter Praktis Dan Ergonomis Di Lahan Sempit

adminAugust 10, 2021

Banyak Limbah di Sungai: Mahasiswa KKN Undip Membuat Creative Design TPS Sementara

adminAugust 9, 2021