Coretan Teknik

Cegah Penularan COVID-19, Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Inovasi Alat Sederhana untuk Handsanitizer dengan Sistem Injak

Cegah Penularan COVID-19, Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Inovasi Alat Sederhana untuk Handsanitizer dengan Sistem Injak

Semarang (19/07/21) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) kembali dilaksanakan di daerah asal mahasiswa masing-masing karena kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda berbagai wilayah di Indonesia. KKN Undip kali ini mengusung tema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis pada Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata”. KKN dilaksanakan secara individu oleh mahasiswa dengan menerapkan protokol kesehatan dan dilaksanakan secara daring mengingat adanya kegiatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Walaupun ada kegiatan PPKM, beberapa daerah masih terdapat kegiatan masyarakat seperti kegiatan ibadah di masjid tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Salah satu daerah yang kegiatan masjidnya masih berjalan adalah di Dukuh Wonosari RT 04 RW 04, Kelurahan Sambirembe, Sragen. Oleh karena itu, Fadila, mahasiswa Undip jurusan Teknik Industri membuat suatu alat yang berfungsi meminimalisasi penularan Covid-19 melalui sentuhan. Alat tersebut bernama “Handless Sanitizer with Pedal Foot” yang merupakan alat bantu handsanitizer yang terbuat dari pipa PVC. Penggunaan alat ini sangat mudah karena cukup diinjak menggunakan kaki.

Alat ini ditempatkan di masjid dan ditempatkan di kantor kelurahan untuk menyadarkan masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan tangan dengan tujuan meminimalisir penularan Covid-19 untuk menjaga diri sendiri dan juga orang lain.

Pembuatan Handless Sanitizer with Pedal Foot juga disertai poster cara penggunaan alat tersebut untuk mempermudah masyarakat dalam menggunakan. Selain itu, mahasiswa KKN juga membuat poster ajakan untuk mencegah penyebaran Covid-19 seperti ajakan cuci tangan, menghindari kerumunan, dan ajakan lainnya sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Harapannya, dengan program ini mampu membuat masyarakat sadar akan kebersihan tangan baik di masjid maupun di kelurahan serta menyadarkan masyarakat pentingnya protokol kesehatan sehingga dapat membantu mencegah penyebaran virus Covid-19 terutama di Wonosari RT 04.

Penulis: Fadila Dyah Ayu (Teknik Industri 2018)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, Tim PKM Undip Ciptakan Peta Jangkauan Tsunami

adminAugust 28, 2021

Pembuatan Superhidrophilik Membran sebagai Alternatif Pengolahan Limbah Berminyak

adminAugust 20, 2021

Case Smartphone Antibakteri (Casturi): Solusi Praktis Lindungi Diri dan Handphone dari Bakteri

adminAugust 15, 2021

AirKita.id: Program Pemberdayaan Karang Taruna dalam Pengimplementasian Pemurni Air Sederhana Berbasis Sistem Aplikasi Digital di Kelurahan Bandarharjo

adminAugust 13, 2021

5 Tips Membuat Keluarga Nyaman di Rumah ala Mahasiswa KKN Undip

adminAugust 11, 2021

Kreatif! Mahasiswi KKN Undip Ciptakan Komposter Praktis Dan Ergonomis Di Lahan Sempit

adminAugust 10, 2021