Coretan Teknik

Edukasi Mahasiswa KKN UNDIP: Peningkatan Kualitas Lingkungan Melalui Penerapan 3 Sustainability Pillars dengan Mendaur Ulang Sisa Nasi Menjadi Pupuk Cair Organik

Edukasi Mahasiswa KKN UNDIP: Peningkatan Kualitas Lingkungan Melalui Penerapan 3 Sustainability Pillars dengan Mendaur Ulang Sisa Nasi Menjadi Pupuk Cair Organik
Video Pembuatan Disinfektan.
Sumber: Foto Pribadi

Blora – Dalam kehidupan sehari-hari hampir dapat dipastikan terdapat nasi yang tersisa dan tidak dikonsumsi lagi. Menurut Food Sustainable Index pada tahun 2018 yang diterbitkan pada The Economist Intellegence Unit bersama dengan Barilla Center For Food and Nutrition Foundation, tercatat bahwa penduduk Indonesia menyumbang sekitar 300 kg limbah dapur per tahun. Sedangkan Vivien menyatakan dalam hasil studi yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup, bahwa pola pengelolaan sampah di Indonesia hanya 7% dari limbah yang diolah kembali atau di daur ulang.

Bersamaan dengan itu, pupuk cair organik merupakan larutan hasil dari pembusukan bahan organik yang dapat berasal dari sisa makanan, tanaman, atau bahkan kotoran hewan. Meninjau dari tingginya limbah dapur berupa sisa nasi menandakan bahwa masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat dan penggunaan sisa nasi yang didaur ulang menjadi pupuk cair organik. Hasil fermentasi sisa nasi akan menghasilkan unsur hara berupa larutan yang sangat halus sehingga akan sangat mudah untuk diserap oleh tanaman. Pupuk cair organik ini juga dapat membantu proses sterilisasi pada tumbuhan.

Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh Hilda Nurdamayanti, mahasiswa KKN Tim II Undip dengan Ketua RW 04, Prasudjyana, serta warga setempat pada hari Jum’at (2/7/2021), sebagian besar warga memiliki hobi bercocok tanam untuk menghabiskan waktu sejak pandemi. Selain itu, terdapat pula divisi khusus yang berperan dalam merawat lingkungan warga sekitar.

Berdasarkan hasil diskusi tersebut serta melihat antusiasme warga RW 04 Kelurahan Karangboyo perihal merawat tanaman, Hilda Nurdamayanti melakukan edukasi “Cara Pengolahan dan Penggunaan Sisa Nasi Menjadi Pupuk Cair Organik Beserta Manfaatnya”. Diharapkan dengan dilaksanakannya edukasi ini, warga dapat lebih berpartisipasi lagi dalam mengurangi limbah dapur dengan menerapkan prinsip daur ulang.

Kegiatan edukasi dilakukan menggunakan platform youtube, dengan dibagikan video edukasi, booklet, dan hasil produk jadi berupa pupuk cair organik kepada warga. Video dapat diakses pada link berikut:

Video edukasi telah dipublikasikan pada hari Jum’at (29/07/2021) menggunakan platform Youtube. Selain itu, penyerahan booklet dan hasil akhir berupa pupuk cair organik dari sisa nasi dilaksanakan pada hari Sabtu (30/07/2021). Video edukasi dan booklet memuat pengetahuan terkait dampak negatif limbah dapur, manfaat daur ulang sisa nasi, cara pengolahan dan penggunaan pupuk cair organik dari sisa nasi yang tepat.

Pembagian Pupuk Cair Organik dan Booklet
Sumber: Foto Pribadi

Video edukasi juga disampaikan kepada ketua RW 04 dan Ketua RT 01, 02, dan 03 untuk diteruskan kepada warga.

Penulis : Hilda Nurdamayanti (Teknik Industri 2018)

Dosen Pembimbing Lapangan : Prof. Dr. Dra. Meiny Suzery, MS

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, Tim PKM Undip Ciptakan Peta Jangkauan Tsunami

adminAugust 28, 2021

Pembuatan Superhidrophilik Membran sebagai Alternatif Pengolahan Limbah Berminyak

adminAugust 20, 2021

Case Smartphone Antibakteri (Casturi): Solusi Praktis Lindungi Diri dan Handphone dari Bakteri

adminAugust 15, 2021

AirKita.id: Program Pemberdayaan Karang Taruna dalam Pengimplementasian Pemurni Air Sederhana Berbasis Sistem Aplikasi Digital di Kelurahan Bandarharjo

adminAugust 13, 2021

5 Tips Membuat Keluarga Nyaman di Rumah ala Mahasiswa KKN Undip

adminAugust 11, 2021

Kreatif! Mahasiswi KKN Undip Ciptakan Komposter Praktis Dan Ergonomis Di Lahan Sempit

adminAugust 10, 2021