Prestasi

Empat Mahasiswa Undip Raih Penghargaan di KNMIPA-PT 2021

Empat Mahasiswa Undip Raih Penghargaan di KNMIPA-PT 2021

Semarang, Momentum – Empat mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang berhasil mendapatkan empat penghargaan di Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (KNMIPA-PT) tingkat nasional pada tanggal 27-30 Juli 2021.

Empat penghargaan yang berhasil diraih yaitu satu medali perunggu di bidang Kimia dan tiga honorable mention di bidang Matematika, Fisika, dan Kimia. KNMIPA-PT tahun 2021 diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom Meeting dan website yang telah disediakan panitia KNMIPA-PT karena kondisi pandemi Covid-19.

KNMIPA-PT adalah kompetisi nasional akademik Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam untuk mahasiswa perguruan tinggi se-Indonesia. Pada KNMIPA-PT, Undip mengirim enam mahasiswanya untuk mengikuti kompetisi tersebut setelah lolos seleksi dari tingkat fakultas hingga tingkat wilayah.

Pada kompetisi ini, Fakultas Teknik serta Fakultas Sains dan Matematika menjadi fakultas yang berkontribusi dalam meraih penghargaan. Medali perunggu di bidang Kimia diraih oleh Antama Andoni Alkautsar, mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2020. Untuk honorable mention di bidang Kimia diraih oleh Ahmad Ibnu Fahlan, mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2020. Pada bidang Fisika diraih oleh Mohamad Arsya Koukabi, mahasiswa Fisika angkatan 2019. Sedangkan di bidang Matematika diraih oleh Muhammad Nur Fadli, mahasiswa Matematika angkatan 2019. Empat penghargaan yang diraih mahasiswa Undip menjadi sebuah kebanggaan tersendiri, mengingat bahwa tahun lalu Undip tidak membawa pulang satu pun penghargaan di kompetisi ini.

Tim reportase Momentum sempat mewawancarai mahasiswa peraih medali perunggu, Antama Andoni Alkautsar. Ia mengaku persiapan yang dilakukan untuk mengikuti KNMIPA ini adalah mengerjakan soal KNMIPA di tahun-tahun sebelumnya. “Aku juga belajar dari YouTube, website, dan media lainnya karena aku malas untuk membaca buku,” tutur Antama.

Ketika disinggung soal kesulitan yang dihadapi saat mengikut KNMIPA, ia mengaku kesulitan untuk membagi waktu antara persiapan KNMIPA, akademik, dan organisasi yang ia jalani. Selain itu, ia juga mengaku kesulitan untuk konsisten dalam belajar. “Pasti ada aja beberapa hari merasa malas belajar begitu, terutama ketika sibuk sama laporan, tugas kuliah, dan organisasi,” tuturnya.

Untuk mengatasi kendala yang dihadapi, ia memiliki tips yaitu membuat jadwal kegiatan per hari. “Awalnya bingung, apalagi saat itu masih harus ngerjain laporan praktikum, tapi kemudian bikin jadwal dari Senin sampai Minggu buat bagi waktu,” ujar Antama.

Tim reportase Momentum juga berkesempatan untuk mewawancarai mahasiswa peraih honorable mention, Ahmad Ibnu Fahlan. Ia menuturkan persiapan yang dilakukan untuk mengikuti KNMIPA ini adalah belajar dan juga mempersiapkan device seperti kamera dan sebagainya. “Device juga harus dipersiapkan karena saat kompetisi bakal join zoom untuk pengawasannya. Kondisi meja juga harus keliatan,” ujar Ibnu.

Penulis: Laylin dan Firman

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prestasi

More in Prestasi

“Kampung Sejari (Sehat, Hijau, Mandiri)”, Solusi Perkampungan Kumuh dari Undip untuk Jakarta

adminSeptember 4, 2021

Harumkan Fakultas Teknik, Mahasiswa Teknik Kimia Mempersembahkan Gold Medal dalam Ajang IEI2C 2021

adminAugust 24, 2021

Meraih Gold Medal di Ajang Internasional

adminAugust 17, 2021

Kontribusi Tim PKM FT Lolos Pendanaan 2021 Terbanyak se-Undip!

adminMay 23, 2021

Mengulik Tips menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Undip

adminApril 28, 2021

Mengintip Keseruan Pilmapres Undip 2021

adminApril 25, 2021