Prestasi

Harumkan Fakultas Teknik, Mahasiswa Teknik Kimia Mempersembahkan Gold Medal dalam Ajang IEI2C 2021

Harumkan Fakultas Teknik, Mahasiswa Teknik Kimia Mempersembahkan Gold Medal dalam Ajang IEI2C 2021
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=YfFUTSDZqHk

Semarang, Momentum – Husna Latifatul Karimah beserta empat mahasiswa Teknik Kimia Undip lainnya berhasil meraih gold medal pada kategori science dalam ajang IEI2C (Indonesia Education International Innovative Competition) dengan judul “T-MODIES “Tetraselmis sp. Microalgae Biodiesel” Innovation of Environmental Friendly Biodiesel with Simultaneously In Situ Method”. Lomba ini diselenggarakan oleh IFPRI (Indonesian Federation Publisher of Research Innovation) dan diumumkan pada Kamis (24/6/2021).

Berangkat dari masalah sumber energi fosil yang berakibat pada lingkungan, yaitu pencemaran lingkungan yang menyebabkan perubahan iklim, Husna dan tim membuat biodiesel dari mikroalga yang tidak mencemari lingkungan sehingga tidak menyebabkan perubahan iklim secara drastis. Produk yang dibuat akan sangat berguna untuk kehidupan manusia dan makhluk hidup sekitar karena perubahan iklim yang ada tidak akan terlalu drastis.

Hanif, salah satu anggota tim mengatakan, “Selain itu, karena berasal dari makhluk hidup sehingga tidak mengganggu ketahanan pangan manusia dan sangat dapat diperbarui keberadaannya mengingat potensi laut di Indonesia yang luas.”

Proyek penelitian ini dilakukan secara tatap muka dan daring. Sebagai ketua kelompok, Husna membagikan pekerjaan utama kepada tiap anggotanya. Tiga orang yang berada di Semarang melakukan penelitian di laboratorium Teknik Kimia, yaitu Hanif, Reza, dan Naufal. Sedangkan dua orang sisanya, Isti dan Husna, membuat paper penelitian dan file presentasi yang akan dipresentasikan di sesi judgement day melalui platform Zoom.

Sekitar dua bulan waktu yang dibutuhkan tim untuk mengerjakan proyek ini dimulai saat pengumuman diadakannya lomba hingga pengumuman pemenang (24/6/2021).  Kendala yang dialami selama pengerjaan penelitian terdapat pada izin masuk laboratorium karena memang kunjungan dibatasi selama pandemi ini sehingga mereka pun akhirnya harus menjadwalkan ulang kegiatan penelitiannya.

“Harapannya itu ada tiga sih. Pertama, buat diri sendiri, semoga bisa lebih baik dan memberikan yang terbaik buat Undip. Kedua, buat teman-teman semua, semoga kalian juga bisa terus mengembangkan dan menekuni apa yang kalian ingin tekuni, nggak melulu riset sih, tapi ayocoba berprestasi dalam bidang apapun. Ketiga, buat Undip, karena ini aku lombanya masuk kategori riset gitu ya, semoga undip bisa benar-benar jadi The Excellent Research University,” ungkap Husna.

Penulis : Veve dan Fiqoh

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prestasi

More in Prestasi

“Kampung Sejari (Sehat, Hijau, Mandiri)”, Solusi Perkampungan Kumuh dari Undip untuk Jakarta

adminSeptember 4, 2021

Empat Mahasiswa Undip Raih Penghargaan di KNMIPA-PT 2021

adminAugust 19, 2021

Meraih Gold Medal di Ajang Internasional

adminAugust 17, 2021

Kontribusi Tim PKM FT Lolos Pendanaan 2021 Terbanyak se-Undip!

adminMay 23, 2021

Mengulik Tips menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Undip

adminApril 28, 2021

Mengintip Keseruan Pilmapres Undip 2021

adminApril 25, 2021