Prestasi

Meraih Gold Medal di Ajang Internasional

Meraih Gold Medal di Ajang Internasional

Semarang, Momentum – Memiliki prestasi tentu menjadi salah satu impian bagi mahasiswa. Sama halnya dengan mahasiswi jurusan Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro yang satu ini. Selain aktif di perkuliahan, Serliana Yulianti juga aktif dalam mengikuti lomba sejak semester 2. Baru-baru ini gadis kelahiran 26 Juli tersebut kembali menorehkan prestasinya. Ia berhasil meraih Gold Medal & Union Arab Academic Special Award dalam ajang International Invention Competition for Young Moslem Scientist 2021.

Tidak sendirian, ia ditemani oleh 4 rekan laki-lakinya yang berasal dari jurusan Teknik Mesin. Walaupun satu-satunya perempuan dalam tim, hal ini tidak memutuskan semangat Serliana dalam mengikuti ajang kompetisi. Justru hal ini semakin mendorongnya untuk membuktikan bahwa perempuan juga mampu menorehkan prestasi yang gemilang.

“Awalnya saya dengan teman-teman mencari informasi lomba melalui media sosial Instagram, lalu kebetulan menemukan ajang kompetisi ini. Setelah itu, kami langsung berdiskusi mengenai timeline perlombaan dan materi yang akan dibawakan,” jelas Serliana.

Ajang perlombaan ini tentu tidak mudah. Mereka diharuskan untuk membuat proyek bersama, meriset materi dari awal, melakukan simulasi software hingga mendapatkan hasil yang maksimal untuk dipresentasikan di hari-H. Dengan membawakan tema “Pelton Turbine untuk Support Kebutuhan Energi Listrik di Kawasan Air Terjun”, Serliana beserta kelompoknya mampu menarik hati para juri. Mereka bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik sehingga hal ini membawa mereka dalam kejuaraan.

Melalui perlombaan yang pernah diikuti Serliana, ia mendapatkan banyak sekali manfaat. Ia bisa mendapatkan pengalaman kompetisi, bisa mengeksplorasi tempat baru sebelum pandemi, menjalin relasi lebih luas lagi, bisa menguji kemampuan diri sendiri untuk bahan evaluasi, dan tentunya mendapatkan fasilitas serta reward. Serliana juga berharap agar mahasiswa-mahasiswi di seluruh Indonesia juga mau untuk mencoba mengikuti perlombaan.

“Buat teman-teman mahasiswa, sebenarnya dibalik kewajiban akademik ataupun pengalaman baru di organisasi, ikut lomba adalah cara kita mengaktualisasi diri lebih baik lagi. Karena dibalik setiap lomba dan kompetisi kita belajar banyak disana kayak gimana manajemen waktu, kolaborasi dengan orang lain, berkonsultasi dengan orang yang lebih expert, belajar hal baru, problem solving, lebih dinamis dan kritis, berani public speaking, aktif menyikapi setiap fenomena, dan ketika lombanya usai kita jadi tau kemampuan diri kita sejauh apa, mengevaluasi diri dan pastinya berpotensi mendapatkan hasil yang cukup membanggakan untuk Undip bahkan Indonesia,” tutup Serliana.

Penulis: Adeline

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prestasi

More in Prestasi

“Kampung Sejari (Sehat, Hijau, Mandiri)”, Solusi Perkampungan Kumuh dari Undip untuk Jakarta

adminSeptember 4, 2021

Harumkan Fakultas Teknik, Mahasiswa Teknik Kimia Mempersembahkan Gold Medal dalam Ajang IEI2C 2021

adminAugust 24, 2021

Empat Mahasiswa Undip Raih Penghargaan di KNMIPA-PT 2021

adminAugust 19, 2021

Kontribusi Tim PKM FT Lolos Pendanaan 2021 Terbanyak se-Undip!

adminMay 23, 2021

Mengulik Tips menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Undip

adminApril 28, 2021

Mengintip Keseruan Pilmapres Undip 2021

adminApril 25, 2021